Si Kecil Alami Cacar Air, Lakukan Langkah-Langkah Pengobatan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Si Kecil Alami Cacar Air, Lakukan Langkah-Langkah Pengobatan Ini

Halodoc, Jakarta – Munculnya ruam pada kulit bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Salah melakukan pengobatan, maka bisa saja ruam tersebut malah meninggalkan bekas yang sulit hilang dan mengganggu penampilan. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah cacar air.

Infeksi menular yang kerap terjadi pada anak-anak akibat virus Varicella zoster ini umumnya menyebabkan ruam kulit yang gatal serta lepuhan merah. Ketika lepuhan merah ini pecah, maka ia meninggalkan kerak sebelum akhirnya bisa sembuh.

Kamu wajib mewaspadai penyakit ini karena penyebarannya sangat mudah. Hanya dengan menghirup partikel yang berasal dari lepuhan cacar air atau dengan menyentuh benda yang terkontaminasi partikel cacar air, kamu bisa tertular. Untuk mengetahui langkah pengobatan yang tepat saat Si Kecil mengalaminya, kamu bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan tepat. Lebih praktis, buat janji dengan dokter pakai Halodoc saja. Sementara itu ibu juga bisa menerapkan pengobatan runahan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan cacar air yang dialami anak. 

Baca juga: Ibu Lakukan 4 Hal Ini saat Anak Terkena Cacar Air

Langkah Mengobati Cacar Air yang Menyerang Si Kecil

Sebenarnya, ada cara paling baik untuk mencegah penyebaran virus ini, yaitu dengan mendapatkan vaksin varicella. Anak-anak yang belum pernah mengalami penyakit ini harus mendapatkan dua kali vaksin, yaitu ketika menginjak usia 12–15 bulan dan 4–6 tahun.

Lantas, ketika anak mengalami cacar air, pengobatan yang bisa dilakukan adalah melawan virusnya. Namun, sayangnya pengobatan ini tidak bisa dilakukan dengan antibiotik.

Dokter biasanya hanya meresepkan antibiotik jika bakteri menginfeksi luka. Ini bisa terjadi ketika anak-anak menggaruk, sehingga lepuhan pecah menyebabkan lecet. Sementara itu, penggunaan obat anti virus diberikan ke anak tergantung pada beberapa hal, meliputi:

  • Usia dan kesehatan anak;

  • Tingkat infeksi;

  • Waktu perawatan.

Dari hal-hal ini, dokter bisa mempertimbangkan dosis dan perawatan infeksi yang tepat untuk anak. Cacar air adalah situasi yang sangat tidak nyaman, orangtua bisa menerapkan beberapa hal untuk meringankan gejala anak.

Baca juga: Awas, 4 Hal Ini Rentan Sebabkan Cacar Air

Upaya Perawatan Utama Cacar Air

Ketika anak mulai menggaruk, jangan bosan untuk meminta anak menghentikan garukan. Gunakan kompres basah yang basah atau mandi dengan air hangat setiap 3–4 jam selama beberapa hari pertama.

Ketimbang menggaruk atau menggosok, orang tua bisa menyarankan untuk menepuk-nepuk bagian yang gatal. Tapi ketika melakukannya, tepuk di saat area tersebut kering. Kalau masih melepuh ataupun baru pecah, justru tepukan akan menyebabkan iritasi dan rasa gatal yang lebih intens lagi.

Kemudian, cara lain untuk mengobati ataupun meringankan gejala cacar air adalah dengan mengaplikasikan lotion ke area yang gatal. Tapi, jangan gunakan di area dekat mata, karena besar kemungkinan bisa membuat mata pedih.

Orangtua bisa menanyakan rekomendasi kepada dokter ataupun apoteker, kira-kira lotion mana yang bisa digunakan untuk meredakan cacar air. Ketika anak bisa diajak bekerja sama untuk mengontrol keinginan menggaruk, tetap saja ada suatu masa di mana secara tidak sengaja anak menyentuh cacar air dan menyebabkan goresan.

Untuk mencegah anak melukai cacar airnya, kenakan sarung tangan supaya tidak ada terjadi goresan tak sengaja saat tidur. Potong kuku dan bersihkan dengan jeli untuk menghindari infeksi lebih jauh lagi.

Jika anak memiliki lepuh di area mulut, orang tua bisa memberikan makanan yang dingin, lembut, dan hambar karena cacar air di mulut dapat membuat sulit untuk minum atau makan. Hindari sesuatu yang asam atau asin, seperti jus jeruk atau pretzel. Makanan yang memiliki rasa (pedas ataupun asin) ketika terpapar area perlukaan dapat menyebabkan sensasi pedih.

Baca juga: Bisa Menular Lewat Udara, Begini Cara Mencegah Cacar Air