• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyakit Ini Bisa Diatasi dengan Metode Laparoskopi

Penyakit Ini Bisa Diatasi dengan Metode Laparoskopi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Laparoskopi atau operasi lubang kunci adalah salah satu metode operasi yang digunakan oleh ahli bedah untuk mengakses bagian dalam rongga perut dan juga panggul. Tidak seperti teknik bedah pada umumnya, metode laparoskopi memiliki beberapa kelebihan yang menguntungkan untuk pasien.

 

Kelebihan Teknik Bedah Laparoskopi

Saat melakukan bedah laparoskopi, kamu akan dibius secara total. Setelah itu, ahli bedah akan membuat sayatan sekitar 1 hingga 1,5 sentimeter di sekitar bagian pusar. Melalui sayatan inilah ahli bedah akan memasukan tabung kecil sebagai akses masuk bagi alat yang disebut dengan laparoskopi. Alat ini memiliki kamera dan lampu kecil di ujungnya, sehingga mampu memperlihatkan kondisi di dalam rongga perut dan sekitar panggul pada monitor. Tentu, hal ini akan memudahkan ahli bedah untuk melakukan operasi.

Tidak hanya bagi ahli bedah, kamu juga akan merasakan kelebihan dengan bedah laparoskopi ini:

  • Melalui laparoskopi, sayatan yang dibuat untuk bedah tidak terlalu besar, sehingga kamu tidak terlalu merasa nyeri.
  • Kamu akan mengalami sedikit perdarahan jika dibandingkan dengan operasi bedah lainnya.
  • Proses penyembuhan akan lebih cepat jika dibandingkan operasi bedah lainnya.
  • Dampak stres pada tubuh akan lebih sedikit

Penyakit yang Bisa Diobati dengan Bedah Laparoskopi

Teknik bedah laparoskopi bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti:

1. Batu Empedu

Dulu untuk mengatasi penyakit batu empedu, kamu perlu menjalani operasi secara konvensional. Namun saat ini, kamu sudah bisa mengobati penyakit batu empedu dengan menggunakan bedah laparoskopi.

2. Kista Endometriosis

Biasanya, penyakit ini lebih banyak mengincar para wanita karena mengganggu organ reproduksi wanita. Saat kamu mengidap penyakit kista endometriosis, kamu bisa melakukan beberapa pengobatan. Salah satunya dengan melakukan bedah laparoskopi.

Banyak kelebihan yang bisa kamu rasakan dengan melakukan bedah laparoskopi. Salah satunya adalah pemulihan pasca operasi yang terbilang lebih cepat daripada operasi bedah konvensional.

3. Usus Buntu

Usus buntu adalah peradangan yang terjadi di apendiks atau pada struktur berbentuk selang kecil yang menempel pada bagian bawah usus besar. Saat peradangan ini tidak segera diatasi, nyatanya usus buntu bisa pecah dan menyebarkan infeksi pada bagian organ lainnya. Saat ini bedah laparoskopi bisa digunakan untuk mengobati penyakit usus buntu.

4. Mengangkat Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik adalah kondisi ketika sel telur mengalami pembuahan di luar rahim. Banyak hal yang menyebabkan kehamilan ektopik, beberapa di antaranya adalah hormon yang tidak seimbang dan juga perkembangan yang abnormal pada sel telur.

Pada kondisi ini, sel telur tidak dapat tumbuh dengan normal dalam rahim, sehingga jaringan ektopik harus diangkat untuk menghindari komplikasi yang dapat membahayakan. Kehamilan ektopik saat ini dapat ditangani dengan melalui bedah laparoskopi.

Mengetahui beberapa pengobatan memang sangat diperlukan agar kesehatan kamu mendapatkan tindakan yang tepat. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu dengan bertanya langsung pada dokter. Kamu bisa gunakan fitur Contact Doctor. Dengan fitur ini, kamu bisa bertanya pada dokter melalui Voice/Video Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: