Ini Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Halodoc, Jakarta – Bekas jerawat memang kerap bandel dan tidak ada perawatan tunggal untuk melakukannya. Perawatan kulit di rumah pada umumnya dapat menyembuhkan bekas luka seperti di jerawat.

Menyuntikkan kolagen atau lemak di bawah kulit dan ke dalam bekas luka juga dapat meregangkan kulit. Ini membuat bekas luka menjadi kurang terlihat. Hasilnya sementara, jadi harus mengulangi injeksi secara berkala. Ingin tahu lebih lanjut mengenai perawatan menghilangkan bekas jerawat, selengkapnya di sini!

Hilangkan Bekas Jerawat

Terapi laser juga dapat dilakukan untuk meningkatkan penampilan kulit akibat bekas jerawat. Prosedur dermabrasi adalah prosedur yang dilakukan untuk jaringan parut yang lebih parah. Ini melibatkan menghilangkan lapisan atas kulit dengan sikat kawat yang berputar cepat. 

Bekas luka permukaan dapat sepenuhnya dihapus, dan bekas jerawat yang lebih dalam mungkin tampak kurang terlihat. Untuk beberapa orang, operasi menjadi salah satu metode yang dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Jerawat

Dokter memotong bekas jerawat dan memperbaiki luka dengan jahitan atau cangkok kulit. Teknik lain yang disebut subcision melibatkan dokter memasukkan jarum di bawah kulit untuk melonggarkan serat di bawah bekas luka, sehingga membantu meningkatkan penampilannya.

Suntikan botox juga dapat dilakukan di kulit di sekitar bekas jerawat berkerut. Ingin tahu lebih lanjut mengenai perawatan menghilangkan jerawat, tanyakan langsung ke Halodoc untuk informasi lebih lengkapnya. 

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih kapan dan di mana saja mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Jenis Luka Bekas Jerawat

Bekas luka bekas jerawat biasanya menekan di bawah kulit. Ini terbentuk ketika kolagen tidak cukup dibuat saat lukanya sembuh. Luka bekas jerawat yang menekan ini bisa membentuk U dengan tepian yang tajam bisa dangkal dan juga dalam.

Semakin dangkal bekas lukanya, semakin baik jenis bekas jerawat ini merespons perawatan pelapisan kulit. Ada juga bekas jerawat yang menyempit berbentuk V yang dapat masuk kedalam kulit. Bekas jerawat ini bisa terlihat seperti lubang bulat atau oval kecil, seperti bekas luka cacar air. Ini adalah bekas luka yang paling sulit untuk diobati karena dapat meluas jauh di bawah permukaan kulit.

Bekas jerawat tidak hanya membentuk cekung tetapi ada juga yang justru menggembung. Bekas luka ini paling sering terjadi pada dada. Ini mencuat di atas permukaan kulit dan di sekitarnya yang disebabkan oleh terlalu banyak kolagen selama penyembuhan.

Baca juga: 7 Buah yang Bermanfaat untuk Menjaga Kecerahan Wajah

Perubahan warna tertinggal setelah jerawat sembuh juga menyisakan bekas jerawat yang sukar untuk hilang sempurna. Warnanya ungu, merah, ataupun coklat akan menghilang dengan sendirinya selama beberapa bulan.

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mengendalikan jerawat sesegera mungkin. Perawatan cepat dapat membantu menjaga jerawat menjadi minim dan mencegah jerawat berkembang menjadi bentuk yang lebih parah. 

Jerawat yang besar dan meradang jauh lebih mungkin meninggalkan bekas daripada jerawat dan komedo yang tidak meradang. Karenanya, perawatan awal yang kamu lakukan ada baiknya untuk menenangkan peradangan, sehingga menghindari melakukan apa pun yang lebih lanjut akan mengiritasi kulit. 

Produk scrubbing yang agresif dan perawatan kulit yang keras harus dihindari. Lewatkan godaan untuk mengambil atau memecahkan jerawat. Hal ini dapat membuat kerusakan lebih lagi pada jerawat. 

Menyebarkan infeksi ke jaringan lain dan memperburuk peradangan. Ini terutama berlaku untuk noda yang dalam dan serius, seperti nodul dan kista. Ingatkan diri bahwa jerawat yang meletup dapat memperpanjang waktu penyembuhan dan memperbesar peluangnya meninggalkan bekas luka permanen. Biarkan bekas sembuh ataupun mengering dengan sendirinya. 

Referensi: 

Very Well Health. Diakses pada 2019. Causes of Acne Scars and How to Prevent Them.
Healthline. Diakses pada 2019. How to Best Treat Acne Scars.