Perhatikan 6 Hal Ini saat Liburan ke Luar Negeri dengan Bayi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perhatikan 6 Hal Ini saat Liburan ke Luar Negeri dengan Bayi

Halodoc, Jakarta - Liburan pasti menjadi momen paling menyenangkan untuk siapa saja. Namun, mungkin bisa jadi berbeda jika ibu mengajak sang buah hati yang masih belia berlibur ke luar negeri. Bisa jadi, momen yang paling menyenangkan berubah menjadi momen penuh kerepotan. Pastinya, mengurus sang buah hati tidak pernah menjadi hal yang mudah, apalagi ketika ibu mengajaknya liburan. 

Namun, jangan panik, ya, bu! Liburan bersama sang buah hati harusnya menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dan paling berkesan. Nah, supaya ibu mendapatkan pengalaman yang sama, ikuti tips mudah dan nyaman jalan-jalan ke luar negeri bersama buah hati berikut ini. 

  • Siapkan Paspor dan Visa

Ini sangat penting karena ibu membawa sang buah hati berjalan-jalan ke luar negeri. Terlebih untuk anak. Selain itu, pastikan paspor ibu masih berlaku setidaknya enam bulan sebelum tanggal jatuh tempo. Jika masih sempat, buat salinan paspor dan simpan di tempat yang aman. 

Baca juga: Keasyikan Liburan, Hati-Hati Post Holiday Blues

  • Cari Tahu, Apakah Si Kecil Butuh Tiket?

Ada beberapa kebijakan dari maskapai penerbangan yang mengharuskan anak untuk memiliki tiketnya sendiri. Jadi, cari tahu apakah penerbangan yang ibu pilih memiliki kebijakan tersebut. Jika pun tidak, ada baiknya ibu tetap membelikannya kursi sendiri, berjaga-jaga ketika ibu kelelahan kalau harus memangku Si Kecil selama perjalanan. 

  • Bawa Camilan dan Air Mineral

Selama perjalanan, tentu ibu dan Si Kecil akan merasa lapar. Terlebih jika penerbangan itu terbilang lama. Anak mungkin tidak bisa memakan makanan yang disediakan oleh maskapai, jadi ada baiknya ibu membawa bekal atau camilan favoritnya sebagai pengisi perut. Jangan lupa, bawa juga air mineral dan susu Si Kecil jika ia masih menyusu. 

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan bagi Kesehatan

  • Jangan Lupa Obat-Obatan

Tidak hanya untuk anak, obat-obatan juga harus ibu bawa untuk menjaga kesehatan ibu selama di perjalanan. Bawa vitamin dan obat ringan lain yang sekiranya dibutuhkan. Bawa juga obat untuk pertolongan pertama sebagai antisipasi jika ada kejadian yang tidak menyenangkan. 

  • Peralatan Kebutuhan Si Kecil

Tidak sedikit orang tua yang merasa membawa anak jalan-jalan ke luar negeri sangat merepotkan. Pasalnya, ibu tidak hanya harus membawa pakaian, tetapi juga membawa serta perlengkapan lain yang dibutuhkan, tidak terkecuali mainan, popok dan tisu. Ini pasti membuat barang bawaan ibu membengkak. Supaya lebih mudah, taruh semua barang kebutuhan anak di satu tas dan jangan dimasukkan ke bagasi bawah. 

  • Periksakan Kondisi Kesehatan Anak Sebelum Berangkat

Nah, ini juga tidak boleh ibu lupakan. Periksakan kondisi kesehatan anak sebelum mengajaknya jalan-jalan. Bawalah Si Kecil mengunjungi dokter spesialis anak, lebih mudah lagi kalau ibu buat janji langsung di rumah sakit yang terdekat dengan tempat tinggal ibu. Kalau ibu di sana mendapati sang buah hati mengalami sakit, tanyakan saja apa yang harus dilakukan langsung pada dokter. Caranya, pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc. 

Baca juga: 4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan


Referensi: 

ChildrensMD. Diakses pada 2019. Traveling Abroad? Check out These 9 Tips for Air Travel with Infants. 
BabyCentre UK. Diakses pada 2019. Travelling with A Newborn to Eight Month Old Baby. 
Parents. Diakses pada 2019. Traveling with Toddlers: 10 Experts Tips from A Globetrotting Mom.