Perkembangan Janin Usia 15 Minggu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perkembangan Janin Usia 15 Minggu

Halodoc, Jakarta – Perkembangan janin di dalam kandungan ibu kini sudah memasuki usia 15 minggu bila dihitung menurut hari pertama haid terakhir atau HPHT. Perjalanan panjang kehamilan yang sudah ibu jalani sampai saat ini tentunya menjadi serangkaian proses yang mendebarkan sekaligus membahagiakan.

Bisa menyaksikan sendiri perkembangan sang buah hati dari momen ke momen tentu memberikan ibu perasaan haru, sekaligus rasa penasaran untuk terus menyimak. Di usia 15 minggu ini, perkembangan apalagi yang dialami oleh janin? Yuk, cari tahu di sini jawabannya.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Pada minggu kelimabelas usia kehamilan, ukuran janin ibu kira-kira sudah sebesar buah apel dengan panjang badan dari kepala sampai kaki sekitar 10 sentimeter dan berat badan sekitar 75 gram. Kulit janin terus berkembang dan menjadi sedikit lebih tebal, namun masih terbilang tipis karena pembuluh darahnya masih terlihat.

Alis dan rambutnya juga mulai bertumbuh di minggu ini. Selain itu, Si Kecil akhirnya akan mulai melepaskan lanugo atau bulu-bulu halus untuk memperoleh lemak bayi yang juga dikenal sebagai “lemak cokelat”.

Di usia 15 minggu ini, kaki janin juga bertumbuh lebih panjang dibandingkan dengan tangannya. Ini tentunya membuat tubuh janin menjadi sedikit lebih proporsional sekarang. Selain itu, otot-otot janin juga terus bertumbuh dan Si Kecil mungkin sudah bisa melakukan banyak pergerakan di kepalanya, mulut, tangan, pergelangan tangan, kaki, dan sekitarnya.

Bahkan pada akhir minggu ini, Si Kecil sudah bisa mengepalkan tangan. Pergerakan janin tersebut juga sudah bisa ibu hamil rasakan.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Perkembangan janin lainnya di usia 15 minggu kehamilan ini adalah janin sudah mulai bisa mendengar banyak hal, seperti suara sistem pencernaannya atau bunyi detak jantungnya. Telinganya pun terus berkembang dan mulai nampak seperti telinga manusia.

Meski matanya masih tertutup, namun di minggu ini, janin menjadi lebih sensitif terhadap sorotan cahaya dari luar perut ibu. Matanya juga perlahan mulai berpindah menjadi lebih dekat dan tepat di atas hidung.

Tapi, perkembangan yang paling menakjubkan yang terjadi di minggu ini adalah bayi ibu bisa cegukan, lho. Percaya atau tidak, janin bahkan sudah bisa cegukan sebelum ia bisa bernapas.

Tapi, ibu belum bisa mendengar atau merasakan cegukan janin tersebut. Ini karena batang tenggorokannya dipenuhi oleh cairan ketuban dan bukan udara.

Baca juga: Ibu Hamil Jangan Kaget Bayi Cegukan dalam Kandungan

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 15 Minggu Kehamilan

Di masa perkembangan janin usia 15 minggu kehamilan ini, ibu mungkin sudah sulit mengenakan celana jeans, karena perut sudah jauh lebih membesar. Meski demikian, sebagian ibu hamil belum percaya bahwa bentuk badan mereka sudah berubah. Tapi, tidak apa-apa.

Perasaan kaget atau tidak bisa menerima kenyataan bahwa bentuk badan berubah itu adalah hal yang normal. Kehamilan memang membuat suasana hati ibu hamil naik-turun secara tiba-tiba. Bahkan, ibu bisa merasa stres dan depresi saat hamil. Hormon-hormon kehamilan yang muncul di dalam tubuh lah yang menyebabkan kondisi ini terjadi.

Meski wajar, namun ibu sebaiknya mengatasi mood swing tersebut dengan menghindari hal-hal yang bisa membuat ibu stres. Selain itu, kenalilah perubahan mood yang sudah menjadi ekstrem dan segera bicarakan ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan.

Baca juga: Kenali & Atasi Baby Blues Syndrome Pada Ibu

Gejala Kehamilan di Usia 15 Minggu

Pada minggu ini, ibu lebih mudah terserang pilek, batuk, dan juga flu. Ini bukan karena ibu tidak merawat diri dengan baik, namun pada tahap kehamilan ini, sistem kekebalan tubuh ibu memang sedang menurun.

Selain itu, jumlah darah yang beredar dalam tubuh ibu juga meningkat, sehingga menyebabkan kapiler pada hidung dan gusi akan membengkak. Inilah yang menyebabkan ibu hamil mengalami mimisan dan gusi berdarah.

Baca juga: Mimisan Saat Hamil, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perawatan Kehamilan di Usia 15 Minggu

Karena sistem kekebalan tubuh ibu sedang menurun, ibu perlu lebih ekstra menjaga kebersihan agar tidak terserang penyakit. Hindari berada dekat-dekat dengan orang yang sedang sakit agar ibu tidak tertular bakteri atau virus berbahaya.

Pada minggu ini, libido ibu mungkin juga akan meningkat. Bila ingin berhubungan intim, carilah posisi seks yang aman dan nyaman bagi ibu dan suami.

Nah, itulah perkembangan janin di usia 15 minggu. Bila ibu hamil sakit dan butuh saran kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 16 Minggu