Perkembangan Janin Usia 5 Minggu

Perkembangan Janin Usia 5 Minggu

Halodoc, Jakarta – Selamat! Usia kehamilan ibu kini sudah memasuki minggu ke-5. Di minggu ini, perut ibu mungkin masih belum membesar dan masih belum terlihat seperti ibu hamil. Tapi, ukuran janin sudah bertambah lagi dan jantungnya sudah mulai berdenyut, lho. Yuk, cari tahu bagaimana perkembangan janin di usia 5 minggu di sini.

Di minggu kelima ini, bayi ibu mengalami banyak perkembangan. Meskipun masih sangat mungil, namun ukuran tubuh janin sudah bisa diukur sekarang. Kira-kira ukuran tubuh Si Kecil sebesar biji wijen. Organ-organ vitalnya juga sedang berkembang pesat dalam fase ini, mulai dari otak, medulla spinalis, jaringan syaraf, hingga tulang belakang. Berikut perkembangan organ tubuh janin di usia 5 minggu:

  • Organ penting, seperti jantung dan ginjal janin mulai bertumbuh di minggu kelima usia kehamilan. Jantung janin yang begitu kecil ini sudah mulai berdenyut dan memompa darah. Mungkin denyut jantung Si Kecil sudah bisa dideteksi dengan menggunakan gelombang ultrasound. Jantungnya pun kini mulai membentuk sekat dan serambi, kemudian secara bertahap proses ini akan berubah menjadi ritma denyutan yang teratur.
  • Selain jantung, organ pencernaan janin juga mulai berkembang. Bahkan, usus buntunya pun sudah berada di tempatnya.
  • Tabung saraf pun akan membentuk sumsum tulang belakang yang membentang di sepanjang embrio, lalu membentuk otak.
  • Tali pusar janin mulai menggantikan posisi kantung kuning telur (yolk sac) dan bekerja sama dengan ari-ari (plasenta) untuk membawa nutrisi serta oksigen ke janin dan membuang sistem metabolisme.
  • Ada empat anggota tubuh yang mulai terbentuk, yaitu sepasang tangan dan kaki.

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 5 Minggu Kehamilan

Meskipun pada minggu ini belum tampak perbedaan yang signifikan pada tubuh ibu secara fisik, namun perkembangan janin usia 5 minggu ini akan membuat sejumlah perubahan di dalam tubuh ibu. Perubahan ini terjadi karena semua sistem di dalam tubuh ibu sedang menyesuaikan diri untuk membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut gejala kehamilan yang akan ibu alami di usia kehamilan 5 minggu sebagai dampak perubahan yang terjadi di dalam tubuh ibu:

1. Mood Swing

Pernahkah ibu merasa sangat senang, lalu tiba-tiba kemudian merasa sedih tanpa sebab? Jangan khawatir, perubahan suasana hati yang drastis ini wajar terjadi pada masa kehamilan. Ibu bisa merasa gembira, senang, atau bahkan kesal dan tidak percaya diri. Ini terjadi karena di usia kehamilan 5 minggu ini, hormon ibu akan naik secara drastis, sehingga menyebabkan emosi ibu berubah-ubah. Mood yang tidak menentu ini paling sering terjadi di bulan kedua kehamilan dan kadang bisa muncul kembali di bulan-bulan terakhir menjelang persalinan.

Baca juga: Tips Bagi Para Suami Hadapi Mood Swing Ibu Hamil

2. Mual dan Muntah

Kondisi ini disebut juga dengan morning sickness dan hampir dialami oleh sebagian besar wanita hamil pada trimester awal kehamilan. Morning sickness sedikit banyak akan memengaruhi selera makan ibu, sehingga bisa berdampak pada asupan gizi dan nutrisi untuk janin. Karena itu, ibu sebaiknya mengupayakan segala cara agar asupan nutrisi untuk Si Kecil tetap terjaga. Dengan demikian, kondisi kesehatan janin bisa tetap terjaga dan tumbuh kembangnya dapat terus berjalan dengan baik.

3. Mudah Merasa Lelah

Tubuh ibu akan memproduksi lebih banyak darah selama masa kehamilan, guna membawa nutrisi dan oksigen ke janin yang ada di dalam rahim. Nah, meningkatnya jumlah darah ini akan memacu peredaran darah dalam tubuh ibu. Selain itu, denyut jantung juga akan meningkat untuk mengimbangi peningkatan peredaran tersebut. Ditambah lagi dengan perubahan-perubahan yang terjadi di usia minggu kelima ini. Akibatnya, ibu akan sering merasa lelah, pusing, atau bahkan sakit kepala.

Baca juga: 4 Penyebab Ibu Hamil Mudah Capek di Trimester Pertama

4. Muncul Flek

Di usia kehamilan 5 minggu ini, ari-ari yang membantu memberi makan pada janin akan menempel pada rahim. Mungkin inilah yang menyebabkan munculnya flek atau bercak darah ringan pada wanita hamil.

Perawatan Kehamilan di Usia 5 Minggu

Yang perlu ibu perhatikan di usia kehamilan 5 minggu ini adalah hindari pemicu stres! Sangat penting bagi ibu untuk tetap rileks dan beristirahat yang cukup. Periksakan juga kehamilan ibu secara rutin ke dokter kandungan dan jalani pola hidup yang sehat.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Selain itu, download juga Halodoc sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kehamilan yang dialami kapan saja dan di mana saja.