Perlu Tahu, 3 Manfaat Kolostrum bagi Bayi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Perlu Tahu, 3 Manfaat Kolostrum bagi Bayi

Halodoc, Jakarta – Seusai persalinan, semua ibu akan menjalani proses menyusui anaknya. Momen ini menjadi tahapan baru yang tidak terlupakan bagi setiap ibu. ASI bermanfaat bagi ibu dan Si Kecil, selain itu juga mendekatkan ikatan antara ibu dan bayi yang baru dilahirkan.

Umumnya, payudara akan mengeluarkan cairan setelah ibu menjalani proses persalinan. Cairan tersebut adalah merupakan ASI pertama yang berwarna kuning dan cukup kental. Cairan ini dikenal dengan istilah kolostrum. Kolostrum ternyata bermanfaat bagi bayi, ini ulasannya. 

Baca juga: Ini 5 Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu yang Bisa Dirasakan

Manfaat Kolostrum bagi Bayi yang Baru Lahir

Kolostrum adalah air susu ibu yang keluar pertama kali setelah ibu menjalani proses persalinan. Kolostrum memiliki warna dan tekstur yang berbeda dengan ASI. Jika ASI berwarna putih dan memiliki tekstur cair, kolostrum memiliki warna agak kekuningan dan bertekstur sedikit kental dibandingkan ASI. 

Bukan mitos bahwa kolostrum memang baik untuk menjaga kesehatan bayi. Hal ini disebabkan karena kolostrum mengandung antibodi serta immunoglobulin yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi.

Sistem imun tubuh bayi yang baru lahir sangat rendah sehingga rentan mengalami gangguan kesehatan. Salah satu asupan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah kolostrum.

Ibu, ketahui manfaat dari kolostrum bagi bayi yang baru dilahirkan, yaitu:

1. Kolostrum Baik untuk Pencernaan Bayi yang Baru Lahir

Sistem pencernaan bayi yang baru dilahirkan rentan dan belum berkembang dengan baik sehingga tidak semua asupan bisa dicerna dengan baik. Kolostrum adalah asupan yang mengandung protein dan vitamin A dalam jumlah tinggi. Komposisi ini baik untuk kesehatan pencernaan bayi yang baru dilahirkan. Kandungan immunoglobulin pada kolostrum juga membantu melindungi usus bayi yang baru saja dilahirkan.

Baca juga: Cara Mudah untuk Memperlancar ASI

2. Kolostrum Tingkatkan Imunitas Bayi yang Baru Lahir

Bayi yang baru lahir tentu memiliki sistem imunitas yang sangat rendah. Bayi yang mengonsumsi kolostrum membantu menjaga sistem imunitas agar terbentuk semakin baik. Kondisi ini disebabkan kolostrum memiliki kandungan antibodi yang cukup tinggi. Dengan begitu, bayi terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

3. Kolostrum sebagai Pemenuhan Gizi Bayi

Kolostrum mengandung protein dan vitamin A, serta nutrisi lainnya seperti karbohidrat, lemak, vitamin C, vitamin D dan vitamin B komplek yang baik untuk pemenuhan gizi bayi yang baru saja dilahirkan. Konsumsi kolostrum juga akan membantu bayi membuang feses pertamanya.

Tidak ada salahnya, bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan untuk berkunjung pada klinik laktasi atau rumah sakit terdekat untuk mencari tahu mengenai manfaat kolostrum serta ASI bagi bayi yang baru lahir.

Cara Pemberian Kolostrum pada Bayi

Biasanya, kolostrum keluar ketika bayi melakukan proses menyusui secara langsung. Namun pada beberapa kasus, ibu perlu memerah kolostrum atau ASI pertama agar bayi mendapatkan asupan yang baik. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan hal ini terjadi, seperti bayi mengalami kelahiran prematur, ibu melahirkan bayi kembar yang tidak dapat diberikan ASI atau kolostrum pada waktu yang bersamaan dan bayi yang mengalami gangguan kesehatan ketika dilahirkan.

Kolostrum adalah susu pertama yang akan matang dan menjadi ASI seperti pada umumnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu memberikan ASI eksklusif pada bayi yang baru lahir selama 6 bulan ke depan.

Baca juga: Ibu Wajib Tahu Pentingnya ASI Eksklusif

Referensi:
Baby Center (2019). Colostrum: How It does Help My Newborn
Parents (2019). Colostrum