25 September 2018

Perut Gatal Karena Hamil, Coba Pakai Minyak Zaitun

minyak zaitun

Halodoc, Jakarta – Pada trimester kedua kehamilan, banyak ibu yang sering mengeluhkan timbulnya rasa gatal di bagian perut. Sebenarnya hal ini wajar terjadi. Namun memasuki trimester ketiga atau masa akhir kehamilan, rasa gatal ini akan semakin terasa karena kulit perut ibu semakin merenggang. Tentunya perut gatal saat hamil sangat mengganggu dan bisa menyebabkan kulit menjadi merah-merah. Namun jangan khawatir, ibu hamil bisa mengatasi keluhan yang satu ini dengan minyak zaitun.

Penyebab Perut Gatal Saat Hamil

Rasa gatal-gatal pada perut yang ibu rasakan selama kehamilan biasanya disebabkan karena beberapa hal berikut yang tidak berbahaya:

  • Perubahan Hormon. Meningkatnya hormon dan kimiawi lainnya dalam tubuh ibu saat hamil merupakan salah satu penyebab ibu hamil merasa gatal-gatal di perut.
  • Kulit yang Kering. Beberapa wanita bisa mengalami perubahan kulit saat hamil. Bila sebelum hamil kulit cenderung berminyak, maka saat hamil kulit malah menjadi kering. Bukan hanya kulit tubuh saja yang kering, tetapi juga kulit wajah dan bibir pun juga ikutan kering. Nah, kondisi kulit yang kering inilah yang memicu timbulnya perut gatal saat mengandung.
  • Meregangnya Kulit. Saat hamil, peregangan kulit paling besar terjadi pada bagian perut sebagai tanda janin berkembang dan bertumbuh semakin besar. Apalagi saat trimester ketiga di mana perut ibu hamil sedang besar-besarnya. Itulah mengapa ibu akan merasakan rasa gatal yang cukup hebat di bagian perut pada akhir kehamilan. Selain gatal-gatal, biasanya juga akan timbul stretch mark di daerah kulit yang meregang.
  • Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPP). Gatal-gatal pada perut juga bisa menjadi pertanda adanya PUPP, yaitu plak kehamilan. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya peningkatan aktivitas hormon kehamilan, tetapi akan menghilang setelah melahirkan.

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun dianggap sebagai salah satu minyak yang sehat dan kaya manfaat, karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Terutama asam lemak oleat dan polifenol. Nah, ibu bisa memanfaatkan minyak ini untuk merawat kulit tubuh selama masa kehamilan. Berikut manfaat minyak zaitun untuk perut ibu hamil:

1. Melembapkan Kulit

Untuk menjaga kelembapan kulit selama masa kehamilan agar gatal-gatal di perut bisa dicegah, ibu bisa mengoleskan minyak zaitun secara rutin di sekujur tubuh. Jangan hanya pada bagian perut saja, tetapi oleskan juga di bagian payudara, perut, lengan, bokong, dan paha.

2. Mencegah Timbulnya Stretch Mark

Mengoleskan minyak zaitun secara rutin mulai dari trimester kedua sampai trimester ketiga juga terbukti dapat mencegah timbulnya stretch mark setelah melahirkan. Ibu juga bisa melanjutkan penggunaan minyak zaitun setelah melahirkan untuk memudarkan stretch mark yang masih tertinggal. Selain mencegah masalah kulit tersebut, minyak zaitun juga efektif mengurangi rasa gatal di perut selama kehamilan lho, bu.

3. Mengurangi Kram Kaki Saat Hamil

Saat hamil, ada kalanya ibu merasa nyeri pada kaki bahkan kram. Hal ini termasuk normal karena ibu mesti menopang berat badan ibu yang bertambah serta berat janin. Nah untuk mengatasinya, mintalah suami untuk memijat kaki ibu dengan lembut menggunakan minyak zaitun.

Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Mengandung

Selain dengan mengoleskan minyak zaitun, ibu juga bisa mencoba cara-cara mudah berikut untuk mengatasi perut gatal saat hamil:

  • Gunakan pakaian yang longgar. Hal ini karena pakaian yang ketat bisa menggesek kulit dan menyebabkan iritasi.
  • Mandi dengan sabun yang ringan dan tanpa pengharum untuk mencegah iritasi.
  • Hindari mandi dengan air panas, karena air panas dapat menyebabkan kulit kering dan menambah gatal.
  • Banyak minum air putih agar kelembapan kulit tetap terjaga.
  • Bila ibu sering berada di dalam ruangan ber-AC, gunakanlah pelembap udara di ruangan agar kulit tidak kering.

Ibu juga bisa mengoleskan losion tanpa pewangi untuk melembabkan kulit. Beli losion atau krim untuk stretch mark di Halodoc saja. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, ibu tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar, pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

 

Baca juga: