22 January 2018

Pilih 5 Makanan Pembentuk Otot

Pilih 5 Makanan Pembentuk Otot

Halodoc, Jakarta – Agar kelihatan macho, keren, dan dapat menarik perhatian banyak wanita, para pria rela berolahraga berjam-jam setiap harinya untuk membuat tubuh mereka atletis dan berotot. Namun, selain dengan berolahraga, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi yang dapat mendukung pembentukan otot tubuh. 

Selain olahraga, makanan yang kamu konsumsi ternyata juga berpengaruh terhadap pembentukan otot tubuh, lho. Kamu yang ingin punya badan berotot dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan berprotein daripada karbohidrat. Namun, kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi protein melebihi jumlah yang diperlukan tubuh, karena selain tidak akan memberi manfaat, mengonsumsi protein secara berlebihan malah bisa membahayakan tubuh. Jumlah protein yang dibutuhkan tubuh adalah sebanyak 10-35% dari total kalori. Untuk membantu pembentukan otot, berikut adalah makanan yang kaya akan protein yang bisa kamu konsumsi:

1. Putih Telur

Salah satu makanan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan otot adalah telur. Namun, karena kuning telurnya mengandung lemak dan kolesterol, jadi kamu dianjurkan untuk mengonsumsi bagian putihnya saja. Kandungan protein yang tinggi pada putih telur bermanfaat untuk membantu menambah masa otot. Selain itu, telur juga mengandung 0,5 gram asam amino leusin yang menjadi sumber energi baik untuk otot.

2. Dada Ayam

Kamu yang sedang membentuk otot tubuh juga dianjurkan untuk mengonsumsi dada ayam, karena makanan yang satu ini tinggi akan protein dan rendah lemak. Setiap 100 gram dada ayam mengandung 30 gram protein dengan lemak yang sangat sedikit. Sebaiknya konsumsi dada ayam yang direbus, karena memasak dengan cara direbus, tidak menggunakan minyak sama sekali, sehingga tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk.

3. Daging Sapi

Jenis daging lainnya yang juga baik dikonsumsi selama program pembentukan otot tubuh adalah daging sapi. Memiliki banyak kandungan gizi yang baik, seperti asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh yang tinggi, vitamin A, vitamin E, vitamin B, dan keratin, mengonsumsi daging sapi dapat meningkatkan masa otot dan membantu pembentukan otot secara klinis. Tapi ingat, pilihlah daging sapi yang rendah lemak dan dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang.

4. Susu Rendah Lemak

Mengandung protein berkualitas tinggi, karbohidrat, potassium, kalsium, dan vitamin D, membuat susu rendah lemak merupakan minuman yang sangat baik untuk membentuk otot. Minumlah susu coklat rendah lemak setelah selesai berolahraga.

5. Kacang-kacangan

Siapa bilang kalau sedang dalam program pembentukan badan, kamu enggak boleh makan camilan? Nyamil kacang-kacangan justru dapat bantu membentuk otot tubuh, karena kacang merupakan sumber protein yang juga mengundang antioksidan, vitamin, serat dan lemak sehat. Makan kacang yang masih mentah atau direbus dan tanpa garam.

Tips Pola Makan untuk Membentuk Otot Tubuh:

  • Kamu tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat yang dapat memberikan energi bagi otot. Namun, pilihlah makanan berkarbohidrat yang rendah lemak, seperti roti gandum, yogurt, buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Walaupun orang yang ingin menurunkan berat badan ataupun membentuk tubuh selalu menghindari makanan berlemak, namun tubuh manusia tetap memerlukan asupan lemak. Tubuh memerlukan asupan lemak minimal 20-35 persen dari total kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Kamu bisa memilih jenis makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, kacang mete, ikan salmon, ikan sarden, dan minyak zaitun.

Itulah lima jenis makanan yang bisa membantumu membentuk tubuh berotot. Kamu juga bisa bertanya seputar diet dan nutrisi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc. Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.