Pityriasis Alba Rentan Menyerang Anak-Anak, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pityriasis Alba Rentan Menyerang Anak-Anak, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya perhatikan bercak-bercak merah yang muncul pada beberapa bagian tubuh Si Kecil. Bisa jadi itu merupakan gejala dari kondisi pityriasis alba. Ketahui lebih banyak informasi mengenai penyakit ini untuk menghindari gangguan kulit ini pada bayi.

Pityriasis alba adalah salah satu gangguan kulit yang sangat umum menyerang anak-anak maupun remaja. Gejalanya adalah munculnya bercak merah dengan bentuk yang tidak beraturan namun umumnya terlihat berbentuk bulat.

Baca juga: Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Pityriasis Alba

Alasan Pityriasis Alba Menyerang Anak-Anak

Gangguan kulit ini tidak menular dan umum terjadi. Bercak merah mudah yang muncul dapat memudar dengan sendirinya. Ibu bisa mengolesi krim pelembap pada bercak merah yang muncul pada bagian tubuh anak. Namun biasanya, kondisi bercak yang muncul meninggalkan bekas seperti bekas luka ketika telah memudar.

Penyebab pityriasis alba belum diketahui hingga sekarang. Namun, gangguan pada kesehatan kulit ini berhubungan dengan riwayat penyakit dermatitis atopik dan penyakit eksim yang mungkin saja dialami oleh anak-anak ketika memasuki masa tumbuh kembang.

Perlu diketahui, bahwa penyakit eksim terjadi karena sistem imunitas tubuh anak yang belum optimal pada masa itu. Umumnya, sistem imun pada tubuh anak mengabaikan sel tubuh yang normal dan menyerang virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh, namun, ketika anak-anak memiliki kondisi eksim, sistem imun bekerja sebaliknya sehingga menyerang sel sehat pada tubuh.

Cara untuk menghindari anak dari penyakit ini dengan mengurangi paparan sinar matahari langsung pada anak tanpa perlindungan tabir surya. Selain itu, selalu jaga kebersihan dan kelembapan kulit anak setiap harinya agar terhindar dari penyakit kulit ini.

Ketahui Gejala dari Pityriasis Alba

Umumnya, gejala yang muncul dari penyakit ini adalah bercak pada kulit bayi. Bercak yang muncul berwarna merah muda pucat atau merah terang. Bercak yang berbentuk bulat tidak beraturan terasa bersisik ketika disentuh. Jadi sebaiknya ibu jangan sepelekan bercak yang muncul pada kulit bayi. Sebaiknya diskusikan langsung kesehatan kulit anak pada dokter anak melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Diagnosis Pityriasis Alba dengan Cara Ini

Bercak merah dapat muncul di beberapa bagian tubuh bayi, seperti bagian tangan, wajah bayi, leher maupun dada bayi. Bercak yang muncul dapat memudar dalam beberapa minggu, namun ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilang. Kondisi ini lebih sering muncul ketika cuaca panas. Selain itu, pinggiran bercak dapat berubah warna menjadi kecoklatan.

Inilah Pengobatan yang Bisa Dilakukan untuk Pityriasis Alba

Kondisi pityriasis alba tidak dapat disembuhkan, namun pengobatan dapat dilakukan untuk mengurangi gejala yang muncul pada kulit bayi. Sebaiknya gunakan krim pelembap yang dapat menjaga kelembapan kulit bayi. Jika kondisi ini sudah mengganggu aktivitas dan kenyamanan Si Kecil, tidak ada salahnya segera bawa anak untuk berobat. Kini ibu bisa membuat janji online dengan dokter di rumah sakit pilihan, caranya tinggal lihat di sini

Baca juga: Cegah Pityriasis Alba dengan 6 Cara Ini

Jaga kebersihan kulit anak dan hindari anak dari paparan langsung sinar matahari. Sebaiknya gunakan tabir surya yang aman digunakan anak ketika anak harus beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Tidak ada salahnya untuk rutin memeriksa kondisi kesehatan anak pada dokter agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.