13 June 2018

Puasa Kok Bisa Sakit Tenggorokan?

tenggorokan sakit saat puasa

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan termasuk keluhan umum yang terjadi saat puasa. Biasanya, keluhan ini ditandai dengan peningkatan suhu tubuh, badan terasa sakit, munculnya rasa gatal di tenggorokan, kesulitan untuk menelan, batuk, sakit kepala, hingga pembesaran kelenjar pada leher.

Baca juga: Cara Redakan Sakit Tenggorokan yang Sering Kambuh

Berikut adalah beberapa penyebab tenggorokan sakit saat puasa:

  • Infeksi bakteri atau kuman.
  • Alergi debu atau serbuk bunga.
  • Tenggorokan kering karena kurang minum.
  • Gangguan asam lambung.
  • Rangsangan pada tenggorokan. Misalnya, konsumsi makanan terlalu pedas, terlalu dingin, terlalu panas, dan lain-lain.

Tips Berpuasa saat Sakit Tenggorokan

Berpuasa saat sakit tenggorokan tentu tidak mengenakkan. Rasa sakit yang ditimbulkan tak jarang membuat kamu tidak nyaman untuk berbicara, menelan makanan saat sahur dan berbuka, hingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari cara untuk berpuasa saat sakit tenggorokan. Bagaimana caranya?

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu pemicu sakit tenggorokan adalah kurangnya cairan yang membuat tenggorokan kering. Oleh sebab itu, kamu bisa mengatasi dan mencegah tenggorokan sakit saat puasa dengan memperbanyak minum air putih. Caranya adalah dengan menerapkan pola 2-4-2, yaitu dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.

Baca juga: Aturan Minum Air Putih saat Puasa

2. Berkumur dengan Air Garam

Untuk mengurangi iritasi dan peradangan di tenggorokan, kamu bisa berkumur dengan air garam. Caranya dengan melarutkan garam ke dalam segelas air hangat saat sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur. Saat berkumur, usahakan agar air garam mengenai tenggorokan dan segeralah membuangnya agar tidak tertelan. Jika rasanya terlalu kuat, kamu bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam air garam yang kamu buat.

3. Pilih Makanan yang Mudah Ditelan

Agar iritasi tidak bertambah parah, kamu bisa memilih jenis makanan yang mudah ditelan. Misalnya, sup ayam, bubur ayam, dan makanan lain yang mudah ditelan. Sebisa mungkin, hindari gorengan, kerupuk, atau makanan lain yang bisa membuat tenggorokan semakin sakit.

Baca juga: Gorengan saat Puasa, Kenapa Harus Dibatasi?

4. Cegah Tenggorokan Kering

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tenggorokan semakin kering dan terasa sakit. Diantaranya adalah:

  • Bernapas lewat hidung, jangan lewat mulut.
  • Hindari udara dan ruangan yang kering.
  • Pakai masker dan kurangi bicara untuk menghindari udara, debu, kotoran, atau partikel asing lainnya masuk ke dalam mulut dan mengiritasi tenggorokan.

5. Perbanyak Istirahat

Para ahli mengatakan bahwa istirahat adalah cara terbaik agar tubuh bisa bekerja melawan infeksi, termasuk infeksi penyebab sakit tenggorokan. Oleh sebab itu, pastikan kamu cukup istirahat saat puasa dengan tidur 7-9 jam per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tidurmu. Jika sudah merasa lelah, istirahatlah sejenak agar tubuh kembali fit saat puasa.

Itulah penyebab dan lima tips mencegah tenggorokan sakit saat puasa. Kalau kamu punya keluhan sakit tenggorokan saat puasa, gunakan aplikasi Halodoc saja. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Lalu, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter tepercaya.