Sebelum Alami Nyeri Tumit, Kenali Cara-Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sebelum Alami Nyeri Tumit, Kenali Cara-Cara Mencegahnya

Halodoc, Jakarta - Seseorang yang gemar berolahraga pasti pernah mengalami nyeri tumit. Gangguan tersebut umumnya terjadi di bawah tumit atau tepat di belakangnya. Kondisi tersebut disebabkan oleh radang atau cedera pada tendon Achilles yang terhubung ke tulang tumit.

Nyeri yang terjadi di bawah tumit disebut juga dengan plantar fasciitis. Hal ini adalah penyebab paling umum seseorang mengalami nyeri tumit. Nyeri yang terjadi di belakang tumit disebut Achilles tendinitis. Gangguan tersebut dapat memengaruhi bagian dalam atau luar pada tumit seseorang dan juga bagian kaki.

Gejala awal dari nyeri tumit umumnya dapat terasa ringan. Walau begitu, hal tersebut dapat berkembang menjadi parah dan terkadang dapat melumpuhkan kaki. Nyeri tumit yang terjadi dapat hilang tanpa perawatan, walaupun dapat berkembang menjadi kronis.

Baca juga: Ini 5 Tips bagi Penggemar High Heel Biar Enggak Nyeri Tumit

Gejala yang Muncul Akibat Nyeri Tumit

Nyeri tumit yang terjadi umumnya dapat terjadi secara bertahap. Hal tersebut dapat hilang dengan sendirinya atau menjadi lebih parah. Nyeri tumit juga dapat disebabkan oleh pemakaian sepatu yang salah.

Pemakaian sepatu yang tidak mendukung kaki dapat menyebabkan daerah tumit mengalami pembengkakan dan peradangan. Nyeri yang timbul mungkin akan parah jika terdapat robekan pada otot. Seseorang mungkin mendengar suara ketika cedera terjadi dan rasa sakit timbul.

Baca juga: Awas, Kondisi Ini Bisa Sebabkan Nyeri Tumit

Lakukan Cara Ini untuk Mencegahnya

Terdapat berbagai macam faktor yang dapat memicu terjadinya nyeri tumit. Maka dari itu, sangat penting untuk mengurangi risiko yang dapat menyebabkannya. Seseorang yang mengalami obesitas mungkin akan memberikan tekanan lebih pada kakinya. Jadi, kamu dapat mencegah nyeri tumit dengan menurunkan berat badan.

Nyeri tumit juga dapat disebabkan oleh terlalu banyak melakukan olahraga yang melibatkan kaki. Jika kamu ingin mengetahui cara untuk mengatasi nyeri tumit, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Melakukan Peregangan

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya nyeri tumit adalah dengan melakukan peregangan. Kamu dapat melakukan peregangan beberapa kali dalam sehari. Selain itu, kamu dapat melakukan peregangan sebelum berolahraga, terutama saat akan melakukan olahraga lari.

  1. Menggunakan Sepatu yang Tepat

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mencegah nyeri tumit adalah dengan mengenakan sepatu yang tepat. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas, tidak kesempitan, supaya kaki tidak tertekuk. Sebelum membeli sepatu, ada baiknya untuk mencoba terlebih dahulu pada kaki kamu.

  1. Mengatur Berat Badan

Berat badan kamu juga harus diatur, supaya tidak terlalu memberi beban pada kaki. Jika tubuh kamu terlalu berat, seiring dengan berjalannya waktu sendi-sendi kaki mungkin akan mengalami kekakuan. Cobalah untuk memulai hidup yang lebih sehat agar berat badan turun.

  1. Beristirahat

Cara lain untuk mencegah nyeri tumit adalah dengan beristirahat. Ketika kamu merasakan nyeri pada tumit, maka itu adalah waktu yang tepat untuk beristirahat. Jangan pernah paksakan kaki kamu untuk beraktivitas, karena mungkin akan berdampak jangka panjang.

  1. Menggunakan Es

Kamu dapat menggunakan es pada lutut untuk mencegah terjadinya nyeri tumit. Cobalah untuk menggunakan botol minum yang telah diletakkan pada kulkas selama beberapa lama. Setelah itu, tempelkan botol tersebut pada lutut kamu selama 20 menit setiap pagi.

Baca juga: Pengidap Obesitas Rentan Alami Nyeri Tumit, Benarkah?

Jika kamu mengalami gangguan ini, jangan ragu untuk mengomunikasikannya dengan dokter terpercaya di Halodoc. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Enggak perlu ragu, ayo download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!