27 September 2018

Selain Kulit Wajah Jadi Cerah, Inilah Manfaat Lain Retinol

kulit wajah cerah

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian besar perempuan tentu sudah sering mendengar nama retinol yang tercantung dalam formula skincare yang biasa digunakan sehari-hari. Biasanya retinol sering digunakan dalam produk kecantikan yang berkhasiat untuk melawan tanda penuaan pada kulit. Retinol merupakan nama lain dari vitamin A, yaitu kandungan kuat yang berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Retinol bisa mengatasi jerawat, menstimulasi kolagen, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Di balik manfaat retinol, banyak juga individu yang merasa kulit mereka menjadi merah dan kering setelah mengaplikasikan retinol. Di balik pro dan kontranya, simak penjelasan mengenai manfaat retinol bagi kulit yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Mengandung Vitamin A untuk Kecantikan Kulit

Retinol adalah nama lain dari vitamin A dan merupakan bahan paling efektif yang dapat menyerap ke dalam kulit. Bahan ini dapat berhubungan langsung dengan sel kulit bagian mana pun dan membuat kulit terlihat sehat sekaligus lebih muda. Retinol juga merupakan bahan yang efektif karena saat diserap kulit, komponennya dipecah dan berubah menjadi asam retinoate yang dapat mengontrol sel-sel kulit secara langsung.

Mungkin juga kamu pernah menjumpai nama-nama lain dari retinol seperti vitamin A dan retinoid. Walaupun ada perbedaan istilah, masing-masing memiliki perbedaan dan aturan tersendiri dalam penggunaanya. Misalnya retinol yang sering digunakan dengan bebas dalam produk kosmetik, sedangkan retinoid hanya bisa didapatkan melalui resep karena kandungannya yang lebih keras.

2. Kulit Terlihat Awet Muda

Retinol merupakan antioksidan, sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang membuat kulit terlihat lebih tua. Termasuk mencegah keriput dan menambah produksi kolagen dalam kulit. Retinol memiliki struktur molekul yang sangat kecil. Oleh karena itu, retinol bisa diserap hingga pada lapisan kulit yang paling dalam untuk mengatasi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, retinol juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan elastisitas kulit, menyamarkan garis-garis halus, dan menambah kelembapan kulit.

3. Mengontrol Jerawat

Retinol sering juga digunakan pada produk-produk skincare yang berhubungan dengan jerawat. Tidak hanya mampu membuat kulit terlihat lebih muda, tapi retinol juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori sekaligus membersihkan jerawat.

Menggunakan retinol pada  juga dapat membuat jerawat lebih cepat mengering, sehingga mempercepat penyembuhan. Selain itu, retinol juga dapat memudarkan sekaligus mencerahkan bekas jerawat yang sudah mengering.

4. Mengecilkan Pori-Pori

Tidak hanya membersihkan pori-pori secara mendalam, retinol juga dapat membuat pori-pori tampak mengecil. Hasilnya, wajah pun terlihat mulus dan halus. Meskipun retinol dapat diserap langsung oleh lapisan kulit yang paling dalam sekali pun, peningkatan pada tekstur kulit tidak bisa dirasakan secara instan.

Para wanita yang telah menggunakan produk retinol maupun retinoid mengaku mengalami peningkatan pada tekstur kulitnya setelah 6 bulan hingga 1 tahun. Pastikan kamu terus mengaplikasikannya secara rutin untuk hasil yang memuaskan.

Sementara itu, banyak pula wanita yang akhirnya berhenti menggunakan retinol saat melihat kulitnya mengelupas. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena itu merupakan salah satu proses yang menandai retinol bekerja pada kulit. Setelah beberapa saat, kulitmu akan mulai mengalami perubahan menuju tekstur yang lebih baik.

Apabila iritasi terus berlanjut, jangan pernah ragu untuk berdiskusi dengan dokter kecantikan di Halodoc. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter dengan cara Chat atau Voice/Video Call hanya melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: