Selain Pepaya, 5 Buah Ini Bisa Melancarkan BAB

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Melancarkan BAB

Halodoc, Jakarta – Sulit buang air besar merupakan keluhan umum. Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk melancarkan BAB, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Adapun buah yang identik dengan masalah yang satu ini adalah pepaya.

Buah untuk Melancarkan BAB

Buah manis satu ini memang efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan. Faktanya, selain pepaya masih ada banyak buah dengan kandungan serat tinggi yang dapat dimanfaatkan agar masalah satu ini dapat  segera selesai. Lantas, apa saja buah yang dapat membantu melancarkan BAB?

1. Apel

Jika kamu mengalami susah BAB, buah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah apel. Kandungan serat utuh di dalam sebutir apel yang tanpa dikupas kulitnya adalah sekitar 5-6 gram. Sementara dengan kulit yang dikupas mencapai 3,3 gram. Buah ini dapat dengan buah ditemui di toko buah pada umumnya, kios, bahkan pasar.

2. Jeruk

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? Di dalam satu buah jeruk terkandung 4 gram serat alami dengan 86 kalori. Kedua nilai gizi ini menjadikan jeruk layak untuk dikonsumsi ketika seseorang mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

3. Pir dan Kiwi

Meskipun tidak sepopuler apel dan jeruk karena jarang ditemui di kios atau di pasar, kedua buah ini bisa menjadi pilihan ketika terjadi gangguan pada saluran cerna. Namun jangan khawatir, pir dan kiwi dan ditemui di toko buah segar atau supermarket. Sebuah pir mengandung 4,4 gram serat. Sedangkan, kiwi merupakan jenis buah yang tinggi serat dengan 5 gram serat alami, serta mengandung vitamin C.

4. Plum

Buah lainnya yang mampu membantu proses BAB adalah plum. Dengan warna yang menarik serta rasa lezat, plum dipercaya mampu mengatasi konstipasi dengan kadar seratnya yang tinggi. Belum lagi, plum mengandung sorbitol yang berperan sebagai pencahar alami.

5. Buah-buahan Kering

Tidak hanya itu, masih ada lagi buah-buahan selain pepaya yang efektif melancarkan BAB. Yakni buah kering seperti kurma, kismis, dan aprikot. Buah-buahan ini juga mengandung sejenis karbohidrat dengan struktur molekul menyerupai gula, sehingga mampu membuat kotoran (feses) bergerak di dalam usus dan mudah untuk dikeluarkan.

Tips Melancarkan BAB

Selain mengonsumsi buah-buahan tersebut di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan BAB. Berikut ini tips yang bisa dilakukan:

  1. Memperbanyak minum air putih. Cara ini bisa memudahkan feses untuk dikeluarkan. Hindari minuman berkafein, bersoda, serta beralkohol ketika konstipasi.
  2. Memperhatikan makanan yang dimakan. Yakni dengan memperbanyak asupan vitamin B12, serta jangan lupa untuk mengonsumsi makanan seperti oatmeal, bayam, kacang, dan yogurt.
  3. Rutin berolahraga akan meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, serta merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh sehingga memudahkan makanan untuk bergerak melalui usus.
  4. Menghindari stress. Cara ini dilakukan agar fungsi tubuh dapat bekerja normal. Sebab, stres bisa menyebabkan sistem pencernaan terhambat sehingga BAB pun sulit dilakukan.
  5. Jangan menahan BAB. Faktor lain munculnya konstipasi ini disebabkan oleh keseringan menahan BAB. Ketika merasakan harus mengeluarkan BAB segeralah ke toilet.

Selain cara di atas, tidak ada salahnya untuk membeli obat atau vitamin pelancar BAB di Halodoc. Kamu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang bisa mengantarkan pesanan obat ke tempat tujuan dalam waktu tidak lebih dari satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: