28 September 2018

Susu Dingin dan Hangat, Lebih Baik Mana?

susu dingin dan hangat, lebih baik mana?

Halodoc, Jakarta – Minum susu secara rutin merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan dan stamina. Banyak manfaat susu yang bisa kamu rasakan jika rutin minum segelas susu. Susu sangat baik untuk kesehatan kalau kamu konsumsi setiap hari untuk melengkapi kebutuhan gizi serta nutrisi tubuh.

Susu mengandung banyak gizi yang terkadang tidak didapatkan dari makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa nyatanya juga masih perlu untuk minum susu untuk merasakan manfaatnya.

Manfaat Minum Susu

Banyak yang bisa kamu rasakan dengan meminum susu setiap harinya. Begitu banyak manfaat susu yang baik untuk kesehatan. Susu merupakan salah satu sumber vitamin D dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang kamu. Setiap harinya, orang dewasa memerlukan 1000 miligram kalsium.

Sebuah penelitian di Universitas Kansas, Amerika Serikat, juga mengatakan orang yang meminum susu setiap hari akan memiliki lebih banyak kadar glutathione di dalam tubuhnya dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi susu. Kadar glutathione sendiri diperlukan oleh tubuh sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan otak dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Mana Lebih Sehat, Susu Dingin atau Susu Hangat?

Banyak manfaat susu lain yang bisa kamu rasakan. Tidak hanya itu saja, cara orang untuk menikmati susu juga berbeda-beda. Tergantung dengan selera penikmat susu. Ada orang yang suka minum susu dalam keadaan dingin, tetapi ada juga orang yang suka minum susu dalam keadaan hangat. Meskipun begitu, sebenarnya susu baik diminum saat dingin maupun hangat. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Susu tidak akan kehilangan kandungan gizinya meskipun susu dinikmati dalam keadaan dingin maupun hangat. Bahkan, susu dingin dan susu hangat memiliki manfaat berbeda yang bisa kamu rasakan.

Manfaat Minum Susu Hangat

Jika kamu memiliki masalah pencernaan, tidak ada salahnya untuk mencoba minum susu hangat. Susu hangat nyatanya bisa membantu untuk melancarkan pencernaan kamu, lho. Ketika kamu mengalami diare, kamu juga bisa minum susu hangat untuk mengurangi rasa kembung di bagian perut. Tidak hanya itu, untuk kamu yang mengalami insomnia atau sulit tidur,  maka bisa minum susu hangat untuk bisa membantu tidur. Susu hangat mengandung lebih banyak asam amino yang memproduksi serotonin dan melatonin. Kedua zat ini nyatanya bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat.

Manfaat Minum Susu Dingin

Tidak ada salahnya untuk minum susu dalam keadaan dingin. Nyatanya, minum susu dingin juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu. Manfaat minum susu dingin pada pagi hari nyatanya bisa membantu kamu untuk menghindari dehidrasi dan juga bisa menenangkan pikiran. Jadi, ketika kamu merasa gugup atau cemas maka tidak ada salahnya minum susu dingin untuk mengurangi rasa cemas atau gugup yang kamu rasakan. Sebaiknya, tidak minum susu dingin pada malam hari, sebab itu bisa membuat kamu menjadi sulit tidur. Susu mengandung asam amino triptofan yang membantu tubuh kamu menjadi rileks saat dikonsumsi hangat. Namun, jika dikonsumsi dalam keadaan dingin malah akan membuat kamu merasa segar dan mencegah rasa kantuk.

Jadi, sekarang kamu bisa menikmati susu sesuai dengan keinginan kamu. Tidak ada salahnya juga mencampur susu dengan buah-buahan, agar lebih banyak manfaat susu yang kamu rasakan untuk kesehatan tubuh kamu. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: