• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tahap Perkembangan Anak Usia 9-10 Tahun

Tahap Perkembangan Anak Usia 9-10 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tahap Perkembangan Anak Usia 9-10 Tahun

Pubertas dapat dimulai dari 8–12 tahun untuk anak perempuan dan 9–14 untuk anak laki-laki. Sebagai orang tua, penting untuk membicarakan hal ini dengan anak, terutama jika perubahan menyebabkan kegalauan pada anak. Akan sangat memungkinkan masalah citra tubuh muncul, ketika anak merasa tidak sama dengan teman-temannya.”

Halodoc, Jakarta – Memahami pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan usianya dapat membuat orangtua lebih mengenal anak dan tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu tumbuh kembang anaknya.

Usia 9–10 tahun dianggap sebagai salah satu tahapan usia yang krusial. Kemandirian anak dan minatnya pada pertemanan mulai kelihatan di usianya sekarang. Persahabatan yang sehat sangat penting untuk perkembangan anak, tetapi tekanan teman sebaya bisa sangat memengaruhi. 

Anak-anak yang merasa baik tentang dirinya sendiri lebih mampu melawan tekanan negatif teman sebaya dan membuat pilihan yang lebih baik untuk dirinya sendiri. Ini adalah saat yang penting bagi anak-anak untuk mendapatkan rasa tanggung jawab seiring dengan tumbuhnya kemandirian mereka. Tidak hanya emosional, perubahan fisik pubertas mungkin terlihat juga di usia 9–10 tahun. 

Baca juga: Tahap Perkembangan Anak Usia 10 – 12 Tahun

Perubahan Emosional

Anak-anak dalam kelompok usia 9–10 tahun akan mengalami perubahan emosional, yaitu:

  • Mulai membentuk persahabatan dan hubungan teman sebaya yang lebih kuat dan lebih kompleks. Pada usia ini akan menjadi lebih penting secara emosional jika anak memiliki teman, terutama dari sesama jenis.
  • Mengalami lebih banyak tekanan teman sebaya.
  • Menjadi lebih sadar akan tubuhnya saat pubertas yang membuat citra tubuh dan masalah makan terkadang dimulai sekitar usia ini.
  • Menghadapi lebih banyak tantangan akademis di sekolah.
  • Menjadi lebih mandiri dan agak terpisah dari keluarga.
  • Mulai melihat dan membaca sudut pandang orang lain, terutama yang berbeda darinya 
  • Memiliki rentang perhatian yang meningkat.

Perkembangan Fisik

Anak-anak berusia 9 tahun mulai menghadapi banyak tantangan fisik dan emosional saat mendekati masa remaja. Ini bisa menjadi waktu yang melelahkan bagi sebagian anak, karena sesama teman sekelas mulai berkembang dengan kecepatan yang berbeda.

Baca juga: Cara Menambah Tinggi Anak di Usia Pertumbuhan

Pubertas dapat dimulai dari 8–12 tahun untuk anak perempuan dan 9–14 untuk anak laki-laki. Sebagai orang tua, penting untuk membicarakan hal seputar pubertas pada anak.

Masa pubertas dimulai ketika area otak yang disebut hipotalamus mulai melepaskan gonadotropin-releasing hormone (GnRH).

Ketika GnRH berjalan ke kelenjar pituitari, maka akan melepaskan dua hormon pubertas lagi, yaitu hormon luteinizing (LH) dan hormon perangsang folikel (FSH). Hormon-hormon ini yang merangsang pertumbuhan rambut kemaluan dan ketiak pada anak laki-laki maupun perempuan.

Pada anak perempuan berusia 9 tahun, sebagian besar sudah mulai mengalami menstruasi pertama. Mereka juga akan mengalami perubahan fisik lainnya, yaitu pertumbuhan payudara.

Sedangkan, pada anak laki-laki pubertas biasanya lebih lambat 1-2 tahun dari anak perempuan. Mereka akan mengalami beberapa perubahan, seperti pertumbuhan penis. Selain itu, bentuk tubuhnya juga mulai berubah, bahunya melebar, serta bertambah berat badan dan massa otot.

Perkembangan Kognitif

Anak usia 9 tahun mulai mengembangkan minatnya secara signifikan. Walaupun memiliki rentang perhatian yang lebih lama, anak-anak usia 9–10 tahun biasanya mulai menunjukkan kesenangannya. 

Di sekolah, anak usia 9 tahun umumnya akan bekerja dengan baik dalam kelompok dan akan bekerja sama untuk mengerjakan suatu proyek atau kegiatan. Ada keinginan untuk mengerjakan suatu mata pelajaran, topik, atau bagian tertentu dari kurikulum sampai mereka menjadi ahli dan menguasainya.

Baca juga: Anak Mengaku Pacaran Pertama Kali, Orang tua Harus Apa?

Anak usia 9 tahun juga kerap menghadapi tantangan akademis yang lebih besar di sekolah. Mereka yang melakukannya dengan baik mungkin mulai berkembang, sementara anak-anak yang berjuang mungkin menjadi frustrasi dengan tuntutan yang tidak bisa mereka penuhi.

Pada usia ini, ucapan anak seharusnya sudah bisa dipahami oleh orang dewasa dengan baik dan benar. Anak usia 9 tahun seharusnya sudah memiliki kemampuan menulis dan membaca dengan terampil dan akan mampu mengekspresikan diri dengan menggunakan kosakata dan ide yang kompleks. 

Itulah tahap perkembangan anak usia 9–10 tahun yang perlu diketahui oleh orang tua sehingga orang tua bisa mengarahkan anak dengan baik. Bila orang tua punya pertanyaan seputar tumbuh kembang anak, kontak langsung dokter spesialis anak melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi yang valid. Download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
VeryWell Family. Diakses pada 2021. 9-Year-Old Child Development Milestones.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Middle Childhood (9-11 years of age).
Kids Health. Diakses pada 2021. Understanding Puberty