22 November 2018

Ternyata 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Jadi Penyebab Wasir

Ternyata 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Jadi Penyebab Wasir

Halodoc, Jakarta - Wasir adalah salah satu jenis penyakit yang umum terjadi pada masyarakat Indonesia. Wasir terjadi ketika pembuluh darah balik (vena) di daerah anus membengkak dan meradang, sehingga menghambat aliran darah dari pembuluh balik. Penyakit ini dianggap tidak berbahaya karena mengingat letaknya. Wasir juga biasa disebut dengan hemorrhoid atau nama yang lebih umum adalah ambeien.

Wasir biasanya disebabkan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak baik. Seseorang biasanya akan terlambat menyadari bahwa ia mengidap wasir. Padahal, pertumbuhan wasir dapat mengganggu dan pengidapnya sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dampak wasir yang umum terjadi adalah seseorang yang mengidapnya akan kesulitan untuk duduk dengan tenang.

Wasir adalah penyakit yang biasa terjadi. Pada sebuah penelitian dengan orang-orang di usia 50 tahun, hampir setengah dari orang-orang tersebut pernah mengidap wasir. Penyakit ini dapat menyerang semua orang, baik itu pria atau wanita. Namun, penyakit ini lebih sering menyerang ibu hamil dan orang-orang yang mengalami susah BAB.

Ternyata semua orang dapat meningkatkan risiko terkena wasir karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukannya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah:

  1. Terlalu Lama Duduk di Toilet

Salah satu penyebab wasir pada seseorang adalah terlalu lama duduk di toilet. Sekarang ini banyak orang yang menghabiskan banyak waktu ketika buang air besar. Biasanya, orang-orang tersebut akan membaca koran atau pun memainkan gawainya di toilet.

Hal itu terjadi karena semakin lama kamu duduk di toilet, maka semakin banyak darah yang mengalir ke pembuluh darah tersebut yang bersamaan dengan gravitasi. Akibatnya, tekanan yang lebih besar pun dapat terjadi. Disarankan agar tidak berlama-lama duduk di toilet. Selain dapat meningkatkan risiko wasir, kebiasaan tersebut juga membuat orang lain menunggu antrian lebih lama apabila di tempat umum.

  1. Kurangnya Asupan Serat dan Air

Kurangnya asupan serat dan air pada tubuh seseorang adalah salah satu penyebab wasir. Hal tersebut karena serat dapat melancarkan pencernaan, sehingga mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membuang kotoran. Selain itu, air juga dapat membantu mempercepat proses pencernaan dengan menjaga usus tetap halus dan lentur. Jika kekurangan serat dan air, pembuluh darah di rektum dan saluran anal akan terasa tertekan dan mengakibatkan wasir.

  1. Terlalu Banyak Mengangkat Barang yang Berat

Penyebab wasir lainnya adalah terlalu banyak mengangkat barang yang berat. Hal tersebut akan meningkatkan tekanan pada rektum dan membuat vena mengalami pembengkakan seperti balon, sehingga terjadilah wasir. Walau begitu, belum ditemukan cara untuk menghindari hal ini. Mungkin kamu harus mengikuti petunjuk untuk mengangkat barang yang benar dengan posisi bertumpu pada lutut bukan punggung.

  1. Terlalu Banyak Meminum Alkohol

Terlalu banyak meminum alkohol juga dapat menjadi penyebab wasir. Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol, tubuhnya akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan wasir yang dapat mengganggu pencernaan dan buang air besar. Selalu pastikan tubuh tetap mendapatkan air yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

  1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Semakin banyak gula yang dikonsumsi oleh seseorang, semakin tinggi juga risiko ia mengalami wasir. Pasalnya, konsumsi gula bisa menyebabkan sembelit yang bisa berujung pada wasir.

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya wasir kelak, dibutuhkan perubahan pola makan dan gaya hidup. Rutinitas sehari-hari harus dirubah agar tidak menyesal di kemudian hari. Lalu apabila kamu mempunyai pertanyaan perihal penyebab wasir, dokter dari Halodoc siap membantu. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc, dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: