• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Biar Malam Pertama "Tidak Sakit" Ini Tipsnya

Biar Malam Pertama "Tidak Sakit" Ini Tipsnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Malam pertama seharusnya menjadi momen yang paling membahagiakan bagi pasangan yang baru menikah. Namun, tidak sedikit juga wanita yang merasa takut menghadapi malam pertama. Pasalnya, melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya memang bisa membuat wanita merasakan nyeri di bagian Miss V.

Hal ini wajar, karena selaput daramu akan robek saat penetrasi. Jika kamu stres atau tegang, justru akan membuat momen malam pertama kamu menjadi semakin terasa menyakitkan. Selain itu, rasa cemas juga akan menghilangkan momen bahagia yang seharusnya kamu nikmati bersama pasangan. Jadi, enggak perlu cemas, ini tips-tipsnya biar malam pertama tidak terlalu sakit.

1. Jangan Fokus pada Rasa Sakit

Walaupun rasa grogi atau takut pasti ada saat malam pertama tiba, tetapi cobalah untuk tidak berfokus pada perasaan tersebut. Rasa tegang atau stres justru akan membuat otot-otot di sekitar pinggul dan Miss V jadi tegang, sehingga timbul rasa sakit saat penetrasi. Jadi, cobalah buat dirimu rileks dan senyaman mungkin dengan menarik napas dalam-dalam, memutar lagu romantis favorit kamu, dan mengobrol santai dengan pasangan, sebelum mulai melakukan hubungan intim.

2. Menikmati Foreplay

Salah satu penyebab wanita merasa kesakitan saat malam pertama adalah karena proses hubungan intim dilakukan secara cepat dan terburu-buru. Padahal, wanita butuh waktu yang cukup lama agar dirinya bisa merasa terangsang. Ketika wanita sudah terangsang, Miss V dengan sendirinya akan mengeluarkan cairan pelumas yang berguna untuk mempermudah proses penetrasi, sehingga wanita tidak akan merasa kesakitan.  Jadi, jika kamu belum siap untuk masuk tahap penetrasi, mintalah suami untuk melakukan foreplay lebih lama. Nikmati momen saat saling mencium, menyentuh, dan membelai agar dirimu dapat terangsang lebih cepat.  

Baca juga: 5 Trik Foreplay Biar Sesi Berhubungan Intim Lebih "Hot"

3. Gunakan Pelumas

Tips malam pertama agar tidak sakit yang paling mudah adalah dengan menggunakan pelumas. Meski Miss V dapat menghasilkan cairan pelumas secara alami, tetapi ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan Miss V kering. Misalnya, karena merasa stres atau cemas. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan pelumas untuk membantu mempermudah dan membuat nyaman saat penetrasi.

Kamu juga bisa menggunakan pelumas untuk memijat pintu masuk Miss V setiap hari selama beberapa minggu untuk mencoba mengurangi rasa sensitif pada area tersebut.

4. Jangan Terlalu Berekspektasi

Hubungan intim pertama kali tidak selalu harus berjalan sempurna dan mulus. Kalau kamu atau pasangan tidak mencapai orgasme, jangan memaksakan diri, apalagi membuat orgasme palsu. Sebaiknya, jadikanlah malam pertama sebagai waktu untuk saling mengenal satu sama lain saat berhubungan intim. Jalinlah komunikasi dengan pasangan, untuk mendapatkan keintiman yang lebih.

Baca juga: Kenapa Wanita Lebih Sulit Orgasme?

5. Lakukan Posisi yang Nyaman

Tips malam pertama agar tidak sakit, sebaiknya hindari melakukan posisi seks terlalu rumit dan sulit. Namun, pilihlah posisi yang biasa dan lebih nyaman untuk dilakukan. Ini 3 posisi yang cocok untuk malam pertama:

  • Misionaris

Posisi klasik ini merupakan pililhan terbaik untuk dilakukan saat malam pertama. Kamu bisa berbaring dengan nyaman di atas ranjang, dan biarkan suami berada di atas untuk melakukan penetrasi. Agar tidak terasa sakit, sebaiknya lakukan foreplay terlebih dahulu agar kamu mendapatkan cukup rangsangan. Jangan ragu untuk menggerakkan pinggul atau kaki untuk mendapatkan posisi yang lebih nyaman.

  • Ballerina

Posisi satu ini cocok buat kamu yang masih deg-degan memikirkan rasa sakit, karena dengan posisi berbaring ke samping membelakangi suami, kamu bisa membiarkan suami memeluk dari belakang dan melakukan penetrasi secara perlahan.  

  • Duduk Berhadapan

Dengan posisi duduk saling berhadapan, kamu dan suami bisa melakukan hubungan intim sambil bertatap-tatapan dan merasakan momen intim di mana kamu dan suami akhirnya bersatu. Posisi ini juga mempermudah yang baru pertama kali berhubungan untuk mengatur posisi serta sudut, sehingga kamu tidak sampai kesakitan. Duduklah dipangkuannya dan atur kecepatan yang membuat kamu nyaman.

Baca juga: Posisi Menentukan Prestasi, Termasuk Dalam Hubungan Intim

Nah, itulah beberapa tips malam pertama agar tiadak sakit. Kalau Miss V terasa sakit setelah berhubungan seksual dan tidak kunjung hilang, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa membicarakan masalah kesehatan yang kamu alami dan minta rekomendasi obat dari dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. When Sex Hurts: Tips and Tricks to Overcome Discomfort.
Healthline. Diakses pada 2020. What Can Women Do if Sex is Painful for Them?