Tips Mencegah Malnutrisi pada Lansia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Mencegah Malnutrisi pada Lansia

Halodoc, Jakarta – Orang yang sudah lanjut usia alias lansia disebut lebih rentan mengalami malnutrisi alias gizi buruk. Malnutrisi adalah kondisi yang terjadi karena ketidakseimbangan asupan nutrisi dengan kebutuhan serta pengeluaran energi tubuh. Malnutrisi terjadi karena tubuh kekurangan asupan zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, protein, termasuk vitamin dan mineral penting atau malah asupan zat gizi yang berlebihan.

Malnutrisi memiliki gejala dan tanda yang berbeda-beda, tergantung pada jenis kondisi yang menyerang. Seseorang yang mengidap malnutrisi bisa saja mengalami gizi kurang, atau bahkan kelebihan berat badan alias obesitas. Lantas, benarkah lansia rentan mengalami malnutrisi? Apa penyebabnya? 

Baca juga: 5 Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Lansia

Kondisi malnutrisi atau kekurangan gizi nyatanya sangat berkaitan dengan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Lansia rentan mengalami malnutrisi, hal ini terjadi secara alami seiring dengan proses penuaan pada tubuh. Nyatanya, penuaan membuat tubuh mengalami berbagai perubahan, mulai dari yang berkaitan dengan hormon, otot, hingga sistem pencernaan. Produksi asam lambung pada lansia umumnya akan menurun, terutama jika dibarengi dengan penyakit tertentu seperti gastritis atopik.

Produksi asam lambung yang sedikit pada lansia bisa menyebabkan penurunan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi yang dihasilkan dari makanan. Padahal, nutrisi tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk dapat berproses dengan normal. Asam lambung yang sedikit bisa menghambat penyerapan vitamin B12, kalsium, zat besi, serta magnesium. Hal itu yang kemudian meningkatkan risiko malnutrisi menjadi lebih tinggi. 

Selain itu, malnutrisi pada lansia juga bisa disebabkan oleh penurunan kemampuan tubuh dalam mengenali rasa lapar dan haus. Akibatnya, orang yang sudah lanjut usia sering tanpa sengaja melewatkan makan dan menyebabkan asupan zat gizi ke dalam tubuh jadi berkurang. Lansia juga sering mengalami penurunan nafsu makan yang bisa saja terjadi karena gangguan kesehatan tertentu. 

Baca juga: Kelihatan Sehat Tapi Kok Kurang Gizi, Kok Bisa?

Malnutrisi pada Lansia, Bisa Dicegah? 

Malnutrisi sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, tapi risikonya menjadi lebih tinggi pada lansia. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah malnutrisi pada orang lanjut usia, yakni:

  • Makanan Bergizi Tinggi 

Salah satu cara terbaik untuk mencegah malnutrisi pada lansia adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi. Namun perlu diperhatikan, orang yang sudah lanjut usia membutuhkan asupan kalori yang lebih sedikit. Maka dari itu, sebaiknya berikan jenis makanan yang memiliki gizi seimbang tanpa melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Karena lansia mungkin mengalami masalah pada nafsu makan, usahakan untuk memberi makanan sehat, tapi tetap sesuai dengan selera. 

  • Camilan Sehat 

Memenuhi kebutuhan asupan nutrisi pada lansia juga bisa dilakukan dengan konsumsi camilan sehat. Mengonsumsi camilan bisa dilakukan di antara waktu makan, apalagi jika tidak banyak makanan yang bisa masuk ke dalam tubuh pada waktu makan. Cobalah untuk memberi camilan sehat, seperti, buah, jus, ataupun roti gandum. 

  • Suplemen Tambahan 

Selain dari makanan, kebutuhan nutrisi pada lansia juga bisa dipenuhi dengan konsumsi suplemen tambahan. Pilihlah jenis suplemen yang bisa aman dan memang cocok dengan kondisi tubuh, atau agar lebih pasti cobalah untuk berbicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih suplemen. 

Baca juga: Sulit Menelan Bikin Susah Makan, Coba Atasi dengan Terapi Ini

Kalau sudah punya resep suplemen yang sesuai, kamu bisa membelinya di aplikasi Halodoc. Lebih mudah beli suplemen dan produk kesehatan lain hanya dalam satu aplikasi. Melalui layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!