Tips Menurunkan Kolesterol untuk Pekerja Kantoran

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tips Menurunkan Kolesterol untuk Pekerja Kantoran

Halodoc, Jakarta - Pola hidup yang tidak sehat bisa membuat tubuh rentan terserang berbagai macam penyakit. Terlebih jika dibarengi dengan pola makan yang tidak beraturan dan kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Misalnya, kolesterol, yang sayangnya memang rentan menyerang pekerja kantoran yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk dibalik meja yang menyebabkan mereka kurang bergerak. 

Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar kolesterol di dalam darah mencapai angka lebih dari 200 mg/dL. Apabila kondisi ini tidak segera di atas, maka ada risiko besar yang mengintai, seperti hadirnya penyakit tekanan darah tinggi, jantung, hingga stroke. Oleh karena itulah, para pekerja kantoran harus tahu bagaimana cara tepat menurunkan kolesterol untuk hidup yang lebih sehat. 

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

Supaya mengetahui berapa kadar kolesterol di dalam darah, kamu tentu harus rutin melakukan pengecekan. Minimal satu tahun sekali. Jangan malas, ini demi kesehatan tubuh kamu sendiri. Apalagi, sekarang cek lab sudah semakin mudah, bahkan bisa kamu lakukan di mana saja tanpa harus berkunjung ke lab. Caranya, dengan download aplikasi Halodoc dan memilih layanan Cek Lab

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Selain cek lab untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, begini cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol:

  • Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengapa? Oleh karena kadar serat yang terkandung dalam buah dan sayuran mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Setidaknya, agar kadar kolesterol dalam darah tetap berada di angka normal, kamu disarankan untuk konsumsi buah atau sayur sekitar 500 gram dalam sehari. 

  • Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Omega-3

Selain buah dan sayur yang kaya akan serat, menjaga kadar kolesterol tetap normal juga bisa kamu lakukan dengan perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3. tidak sulit kok menemukan sumber makanan dengan kandungan omega-3, misalnya tuna, makarel, salmon, sarden, dan kacang kenari. 

Baca juga: Ini Kadar Kolesterol yang Sehat Secara Medis

  • Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Kolesterol tinggi terjadi karena asupan lemak pada tubuh yang berlebihan. Jadi, supaya kolesterol kamu tidak melonjak, coba deh kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, terlebih lemak jahat, seperti yang terdapat pada gorengan dan makanan cepat saji. Pilihlah makanan, contohnya tempe, tahu, susu rendah lemak, kacang, putih telur, ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak. 

  • Olahraga Teratur

Tidak hanya menjaga pola makan, kamu juga perlu rutin melakukan olahraga. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, olahraga juga membuat jantung lebih sehat. Kamu tidak harus melakukan olahraga berat kok, cukup lakukan rutin selama 30 menit. Lari, jalan kaki, bersepeda, atau berenang bisa menjadi alternatif pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan sebelum memulai aktivitas di pagi hari. 

  • Jangan Merokok

Bukan tanpa alasan, karena merokok pun mampu mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh. Merokok bisa menurunkan kadar kolesterol baik pada tubuh, juga membuat pembuluh darah menjadi lebih kaku. Akibatnya, risiko terkait penyakit jantung dan stroke pun akan semakin meningkat. 

Baca juga: Hati-Hati Kolesterol Jahat Penyebab Aterosklerosis

Kalau kamu rentan terserang kolesterol, sebaiknya perbaikilah pola hidup dan pola makan kamu mulai sekarang. Hindari semua yang menjadi pemicunya, mulailah disiplin untuk hidup lebih sehat dan jangan lupa berolahraga. Meski bekerja, jangan lupa kalau memiliki tubuh sehat itu tetap penting. 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. High Cholesterol.
WebMD. Diakses pada 2019. Delicious Foods that are Heart-Healthy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Top 5 Lifestyle Changes to Improve Your Cholesterol.