• Home
  • /
  • Tips Posisi Hubungan Intim Agar Cepat Hamil

Tips Posisi Hubungan Intim Agar Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tips Posisi hubungan Intim Agar Cepat Hamil

Halodoc, Jakarta – Segera memiliki momongan mungkin menjadi harapan bagi pasangan yang baru menikah. Tak jarang, hal itu membuat pasangan pengantin baru akan mencoba banyak hal untuk meningkatkan peluang hamil, salah satunya dengan posisi hubungan intim tertentu. Benarkah ada posisi tertentu yang bisa membuat seorang wanita cepat hamil? 

Sebelumnya perlu diketahui, kehamilan bisa terjadi ketika sperma berhasil membuahi sel telur wanita. Hal ini bisa terjadi melalui proses hubungan intim. Sebenarnya, semua posisi hubungan intim memiliki peluang untuk menghasilkan kehamilan. Namun, ada beberapa posisi yang dipercaya bisa membuat peluang tersebut jadi lebih besar.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Cepat Hamil

Posisi yang Bisa Dicoba 

Posisi hubungan intim tertentu dipercaya bisa meningkatkan peluang kehamilan, sebab ada beberapa posisi khusus yang dapat membuat sperma lebih dekat ke rahim. Hal itu diyakini akan mempercepat proses pembuahan. Meski masuk akal dan bisa saja mengandung kebenaran, posisi saat berhubungan intim nyatanya bukan satu-satunya hal yang menentukan peluang seorang wanita menjadi cepat hamil. Selain itu, belum ada penelitian yang membuktikan hubungan antara posisi seks dengan peluang hamil.

Karena pada dasarnya, proses pembuahan yang baik dan memiliki peluang besar adalah yang dilakukan saat ovulasi alias masa subur. Pada wanita, masa subur biasanya dihitung setelah haid alias menstruasi. Masa subur biasanya mulai terjadi di antara waktu ovulasi, yaitu proses dilepaskannya sel telur yang sudah matang dari ovarium ke rahim. Masa subur wanita biasanya ada pada hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama haid.

Pasangan yang melakukan hubungan pada masa subur disebut memiliki peluang hamil lebih tinggi. Namun, bukan berarti hal ini tidak boleh dicoba. Kamu dan pasangan bisa mencoba posisi hubungan intim yang disebut bisa meningkatkan peluang hamil, di antaranya:

  • Posisi Misionaris 

Posisi yang satu ini tergolong klasik, yang menempatkan pria di atas. Banyak yang percaya cara ini ampuh untuk meningkatkan peluang hamil. Posisi ini disebut bisa mengalirkan lebih banyak sperma, sehingga semakin besar peluang pembuahan di rahim. 

  • Doggy Style

Gaya ini dipercaya memiliki hasil yang tidak berbeda jauh dengan posisi misionaris. Saat melakukan doggy style, penetrasi yang terjadi disebut bisa sedalam dan sebanyak yang bisa didapat dari posisi misionaris. Pada posisi ini, ujung Mr P disebut dapat mencapai atau lebih dekat dengan leher rahim lewat posisi seks yang satu ini. Jadi, peluang keberhasilan dan terjadinya proses pembuahan pun akan semakin meningkat. 

Baca juga: Ini 5 Tips Cepat Hamil bagi Pengantin Baru

Tidak Hanya Masalah Posisi 

Meski posisi dalam hubungan intim disebut mungkin meningkatkan peluang hamil, tetapi ada hal pasti yang harus diperhatikan. Nyatanya, menjaga kesuburan dan kesehatan tubuh calon ayah dan ibu bisa menjadi hal yang dapat mempercepat kehamilan. Biasakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, dan rutin berolahraga. 

Menjaga kesehatan tubuh dengan asupan makanan yang bernutrisi adalah hal yang tak ada salahnya untuk dicoba dalam rangka meningkatkan peluang hamil. Lengkapi pula dengan konsumsi vitamin untuk menjaga tubuh kamu dan pasangan selalu bugar. 

Baca juga: Kehamilan Bisa Sebabkan Penurunan Hemoglobin

Kamu dan pasangan juga bisa bertanya seputar peluang hamil dan program yang bisa dicoba dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2020. Sex positions for getting pregnant.
Web MD. Diakses pada 2020. The truth about sexual positions and getting pregnant.