Ukuran Hati Melebihi Normal, Ini 4 Tanda dan Gejalanya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ukuran Hati Melebihi Normal, Ini 4 Tanda dan Gejalanya

Halodoc, Jakarta - Hepatomegali adalah terjadinya pembesaran pada hati dibandingkan dengan kondisi normal. Kondisi ini merupakan tanda dari penyakit yang mendasarinya seperti penyakit hati, gagal jantung kongestif, atau kanker. Pada orang yang mengidap hepatomegali, perawatan yang dilakukan adalah dengan cara mengidentifikasi dan mengendalikan kondisi yang menyebabkan kondisi tersebut.

Hati adalah organ yang penting untuk tubuh karena memiliki banyak fungsi, di antaranya:

  • Mencerna lemak.

  • Menyimpan gula dalam bentuk glikogen.

  • Melawan infeksi pada tubuh.

  • Menghasilkan protein dan hormon.

  • Mengontrol pembekuan darah.

  • Memecah obat dan racun.

Hati juga merupakan satu-satunya organ tubuh manusia yang dapat tumbuh kembali setelah operasi dilakukan, sehingga donor hati mungkin untuk dilakukan. Seseorang yang menyumbangkan sebagian dari hatinya, maka organ tersebut akan beregenerasi ke ukuran aslinya. Selain itu, bagian yang didonorkan juga akan tumbuh.

Apabila kamu mengidap hepatomegali, mungkin kamu akan mengidap kelainan seperti:

  • Penyakit hati.

  • Kanker, seperti leukimia.

  • Penyakit genetik.

  • Kelainan jantung dan pembuluh darah.

  • Mengalami keracunan.

  • Terserang infeksi.

Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan hepatomegali yang dapat merusak kemampuan hati kamu untuk melakukan fungsinya. Hepatomegali selalu menjadi penyebab dari evaluasi medis, walau tidak semua kondisi yang mendasarinya termasuk dalam hal darurat medis.

Baca Juga: Inilah Langkah Pemeriksaan untuk Hepatomegali

Tanda dan Gejala Ukuran Hati Melebihi Normal yang Disebabkan Hepatomegali

Pembesaran hati yang menyerang seseorang mungkin tidak menimbulkan gejala tertentu. Namun jika ada, tanda dan gejala yang dapat timbul ketika seseorang mengidap hepatomegali yang menyebabkan organ hati di dalam tubuhnya lebih besar dibandingkan orang normal adalah:

  1. Terasa sakit di bagian perut.

  2. Kelelahan.

  3. Mual dan muntah.

  4. Menguningnya kulit dan bagian putih mata.

Faktor Risiko Hepatomegali

Seseorang mungkin akan lebih berisiko untuk mengidap hepatomegali yang membuat hati menjadi lebih besar apabila mengidap penyakit hati. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko pada seseorang yang mengidap masalah hati, antara lain:

  • Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada hati dengan gejala hati yang membesar.

  • Mengonsumsi obat-obatan dalam dosis besar. Seseorang dapat mengidap hepatomegali yang disebabkan oleh mengonsumsi vitamin, suplemen, atau obat resep dari dokter dengan dosis yang lebih besar dari yang disarankan. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko kerusakan hati.

Hal lainnya yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap hepatomegali adalah overdosis asetaminofen. Keadaan tersebut merupakan penyebab paling umum terjadinya gagal hati akut di Amerika Serikat. Maka dari itu, selalu baca kandungan apa yang terdapat dalam obat yang akan kamu konsumsi. Selain itu, selalu diskusikan dengan dokter kondisimu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Faktor risiko yang juga dapat menyebabkan kondisi tersebut adalah virus hepatitis. Pada hepatitis jenis A, B, dan C dapat menyebabkan kerusakan hati. Selain itu, kebiasaan makan yang buruk dapat membuat hati seseorang menjadi lebih besar dari normal, karena tubuh banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan dengan kandungan tinggi lemak atau gula.

Baca Juga: Hati-Hati, Kenali Penyebab Hepatomegali

Pencegahan Hepatomegali

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hepatomegali adalah:

  • Mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satu cara untuk mencegah pembesaran hati adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

  • Mengurangi konsumsi alkohol. Cara lainnya untuk mencegah hepatomegali adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol.

  • Menjaga berat badan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan selalu batasi makanan yang tinggi gula dan lemak. Usahakan berat badan selalu seimbang dengan cara berolahraga secara rutin.

Baca Juga: Apakah Hepatomegali Bisa Disembuhkan?

Itulah pembesaran hati yang disebabkan oleh hepatomegali. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan pada hati tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!