• Home
  • /
  • Virus Corona Menyebar Luas, Ini Beberapa Gejalanya

Virus Corona Menyebar Luas, Ini Beberapa Gejalanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Virus Corona Menyebar Luas, Ini Beberapa Gejalanya

Halodoc, Jakarta - Belakangan ini, publik dikhawatirkan dengan menyebarnya virus corona ke berbagai wilayah. Diketahui bahwa gangguan ini sangat mudah untuk menyebar dan bisa berakibat fatal. Penyakit yang dimulai dari daerah Wuhan, Cina ini sudah menyebar ke beberapa negara.

Menurut data dari beberapa sumber, di Cina sendiri per hari ini, sudah tercatat sebanyak 2.744 orang terserang dan merenggut 80 nyawa. Sejauh ini belum ditemukan pengobatan yang efektif untuk menghentikan virus tersebut. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan ini.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengetahui gejala-gejala dari penyakit ini jika terlihat pada orang lain. Walaupun tidak dapat dipastikan gangguan yang terjadi, pencegahan secara dini akan lebih baik. Berikut adalah pembahasan tentang gejala virus corona yang harus kamu ketahui!

Baca juga: 3 Fakta Terbaru Penyebaran Virus Corona

Gejala Virus Corona yang Harus Diketahui

Virus corona adalah sejenis virus yang dapat menyebabkan infeksi pada hidung, sinus, atau tenggorokan bagian atas. Virus ini dapat menyebabkan gangguan berbahaya yang menyebabkan gangguan MERS di Arab Saudi pada 2012. Pada awal tahun ini, jenis virus terbaru, yaitu 2019-nCoV ditemukan dan menyerang ribuan orang di Cina.

Hal yang berbahaya adalah penyebaran dari gangguan ini dapat menjangkiti orang lain dengan cara yang sama dengan penyebab flu. Kamu harus tahu beberapa cara penyebarannya, seperti:

  • Seseorang yang terinfeksi lalu batuk atau bersin.

  • Menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi.

  • Menyentuh barang yang telah disentuh oleh seseorang yang terinfeksi.

  • Dalam kasus yang jarang melalui kotoran.

Dengan menghindari hal-hal tersebut, kamu dapat menghindari gangguan dari penyakit tersebut. Selain itu, kamu juga harus tahu beberapa gejala virus corona yang dapat timbul saat seseorang terserang. Pada dasarnya, gejala yang timbul di awalnya mirip dengan flu. Berikut beberapa gejala virus corona yang dapat terjadi:

  • Gangguan pada pernapasan.

  • Mengalami demam dan batuk.

  • Sesak napas atau kesulitan bernapas.

Virus corona ini juga dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksi dari gangguan ini dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia. Berikut beberapa gejala yang berbahaya yang dapat terjadi:

  • Demam yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan pneumonia.

  • Batuk yang disertai dengan lendir.

  • Mengalami nyeri dada atau sesak saat bernapas dan batuk.

Gejala infeksi yang parah umumnya lebih sering terjadi pada seseorang dengan penyakit jantung atau paru-paru. Hal ini juga lebih berisiko terhadap seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah, bayi, dan orang-orang yang terbilang sudah lanjut usianya.

Baca juga: 10 Fakta Virus Corona yang Wajib Diketahui

Cara Mencegah Serangan Virus Corona

Hingga saat ini, belum ada vaksin yang dapat mencegah seseorang untuk terhindar dari infeksi virus ini. Cara terbaik untuk mencegah diri dari virus corona atau 2019-nCoV adalah dengan menghindari virus tersebut untuk masuk ke tubuh. Dengan begitu, infeksi tidak dapat masuk ke tubuh. Berikut beberapa cara mencegah virus tersebut:

  • Menghindari Makanan Tertentu

Meskipun belum diketahui secara pasti, beberapa makanan yang berbahan dasar hewan disebutkan menjadi pemicu gangguan ini. Beberapa hewan yang disebutkan menjadi penyebab virus corona adalah kelelawar, ular, dan seafood. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan dengan bahan dasar tersebut.

  • Menggunakan Masker

Cara lainnya untuk mencegah terjadinya virus tersebut menyerang adalah menggunakan masker setiap berkegiatan. Terdapat dua jenis masker yang dapat digunakan, yaitu masker bedah dan masker N95. Memang masker beda terbilang memiliki harga terjangkau dan mudah ditemukan.

Walau begitu, masker N95 disebutkan lebih efektif untuk mencegah 95 persen partikel merugikan yang dapat masuk ke tubuh baik berukuran besar atau kecil. Walau begitu, penggunaan masker ini mungkin saja dapat menyebabkan kesulitan untuk bernapas. 

Kamu dapat menanyakan dokter di Halodoc perihal penggunaan masker ini. Selain itu, pembelian masker tersebut juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini dengan menggunakan fitur Beli Obat. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam.

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

Itulah beberapa gejala dari seseorang yang terinfeksi virus corona yang dapat terjadi. Sangat penting untuk memastikan gejalanya jika kamu atau orang sekitarmu mengalami gangguan ini agar segera dapat dicegah. Selain itu, pencegahan yang efektif benar-benar harus dilakukan agar tidak terserang penyakit ini.

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2020. Coronavirus Infections
WebMD. Diakses pada 2020. Coronavirus