03 February 2019

Sumber Omega-3, Kenali Manfaat Alpukat Mentega

Sumber Omega-3, Kenali Manfaat Alpukat Mentega

Halodoc, Jakarta - Turut dikenal dengan sebutan alligator pear dan butter fruit, alpukat menjadi satu-satunya jenis buah yang menyediakan sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan untuk tubuh. Buah ini kaya nutrisi alami dan mengandung setidaknya 20 vitamin dan mineral. Tentu saja, ada banyak manfaat alpukat yang bisa kamu dapatkan, baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran dari segala jenis sering dikaitkan dengan pengurangan risiko berbagai penyakit yang disebabkan karena perubahan gaya hidup. Termasuk pula alpukat, yang membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta membuat rambut dan kulit lebih sehat, meningkatkan energi, baik untuk menurunkan berat badan.

Lalu, apa saja manfaat alpukat mentega lainnya yang bisa kamu dapatkan? Berikut beberapa di antaranya:

  • Mencegah Osteoporosis

Setengah porsi buah alpukat menyediakan setidaknya 25 persen asupan vitamin K harian yang direkomendasikan untuk tubuh. Nutrisi ini penting untuk tulang, tetapi sering diabaikan pemenuhannya. Vitamin K sering kali dibayangi dengan kalsium dan vitamin D ketika membicarakan masalah kesehatan tulang. Namun, asupan vitamin K yang tercukupi dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium serta mengurangi ekskresi kalsium melalui urine.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Alpukat Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

  • Detoksifikasi Alami

Buah alpukat kaya kandungan seratnya, yang membantu pergerakan usus lebih teratur. Kondisi ini penting untuk membuang zat racun dari tubuh melalui empedu dan feses. Serat juga efektif dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi.

  • Mengurangi Risiko Depresi

Tidak hanya omega-3, alpukat mentega mengandung asam folat tinggi yang membantu mengurangi risiko depresi pada seseorang. Asam folat membantu mencegah penumpukan homosistein, suatu zat yang mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi menuju otak. Kelebihan homosistein juga dapat mengganggu produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang berperan dalam mengontrol suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Baca juga: 7 Kandungan Nutrisi Alpukat dan Manfaatnya

  • Baik untuk Mata

Manfaat alpukat mentega lainnya adalah perlindungan antioksidan dan membantu meminimalkan kerusakan pada mata, termasuk yang bersumber dari sinar UV. Kondisi ini disebabkan karena ada kandungan lutein dan zeaxanthin, dua phytochemical yang terkonsentrasi di jaringan mata.

  • Menurunkan Kolesterol dan Kadar Trigliserida

Penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyebabnya beragam, bisa karena tingginya tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan masih banyak lagi. Cara termudah untuk mengurangi risikonya dengan konsumsi buah alpukat sebagai salah satu menu diet.

Buah ini dinilai membantu mengurangi kadar kolesterol total secara signifikan, mengurangi kadar trigliserida dalam darah hingga 20 persen, menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 22 persen, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 11 persen.

Baca juga: Masker Alpukat, Apa Manfaatnya?

Nah, demikian tadi lima manfaat alpukat mentega yang kaya sumber omega-3, serat, vitamin, dan mineral. Meski memiliki beragam khasiat, tetap saja kamu harus mengontrol jumlah asupan hariannya. Kamu bisa menanyakan pada dokter tentang keadaan yang membuat kamu tidak boleh mengonsumsi buah ini. Supaya lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc.

Aplikasi ini memiliki layanan Tanya Dokter yang bisa kamu manfaatkan kapan saja, tentunya setelah download dan melakukan registrasi. Tidak hanya itu, kamu bisa membeli obat melalui aplikasi Halodoc dengan memilih menu Beli Obat. Semoga bermanfaat.