Perlu Dilakukan Sesuai Umur, Ini 6 Perawatan Kecantikan untuk Remaja

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Perlu Dilakukan Sesuai Umur, Ini 6 Perawatan Kecantikan untuk Remaja

Halodoc, Jakarta - Semua wanita pasti menginginkan terlihat cantik, termasuk juga bagi remaja wanita yang masih dalam proses beranjak dewasa. Sudah menjadi hal yang umum apabila wanita remaja telah mempercantik diri. Perawatan kecantikan pada remaja wanita ini dapat meliputi wajah, kulit, dan tubuhnya.

Remaja wanita sebaiknya tidak boleh sembarangan menggunakan produk kecantikan, karena mungkin saja menyebabkan kelainan pada kulit. Selain itu, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda dan sebaiknya perawatan dilakukan sesuai dengan jenis kulit serta usianya. Kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih perawatan kecantikan saat masih remaja. Baca ulasannya di sini!

Baca juga: 10 Langkah Perawatan Kulit ala Wanita Korea

Perawatan Kecantikan Remaja sesuai Umur

Remaja adalah momen ketika seseorang sudah menyadari betapa pentingnya penampilan. Pada seorang wanita, ia mulai memasuki dunia yang berhubungan dengan makeup, kecantikan, dan perawatan kulit. Perawatan kecantikan remaja ini tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus disesuaikan dengan umur.

Meskipun kamu seumuran dan mengalami masa pubertas bersama, tetapi mungkin saja tipe kulit kamu berbeda satu sama lain. Kosmetik yang digunakan oleh teman mungkin tidak cocok dengan kamu dan sebaliknya. Maka dari itu, ketahui tips untuk perawatan kecantikan remaja, yaitu di antaranya:

  1. Coba Dulu Sebelum Membeli

Banyak orang yang sudah tertutup matanya jika melihat barang yang diskon atau promo. Walau begitu, mungkin saja produk tersebut tidak cocok pada kulit kamu. Maka dari itu, sebelum membeli sebuah barang yang belum pernah digunakan, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu agar mengetahui kecocokannya pada kulit.

  1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan kecantikan remaja adalah menyesuaikan produk yang kamu beli dengan jenis kulit. Jenis kulit terbagi menjadi kulit normal, kulit kering, dan kulit berminyak. Kamu harus menyesuaikan produk yang digunakan agar tidak menimbulkan dampak negatif.

Baca juga: 7 Perawatan Kulit Agar Wajah Segar Kembali Sebelum Bekerja

  1. Bersihkan Riasan Sebelum Tidur

Satu hal yang pasti pada perawatan kecantikan remaja adalah selalu membersihkan riasan sebelum kamu tidur. Kamu harus menghilangkan riasan agar kotoran dan minyak yang menempel di wajah tidak memberi dampak buruk. Jika melakukannya, kamu mungkin mengalami jerawat atau ruam yang terjadi pada wajah.

  1. Jaga Tangan Tetap Bersih

Kamu dapat menjaga tangan kamu tetap bersih sebelum menyentuh wajah atau produk riasan agar terlindungi dari kotoran dan kuman. Selain itu, coba untuk membersihkan secara teratur benda yang mungkin menempel di wajah, seperti telepon. Karena kamu mungkin saja tidak menyangka kuman dan kotoran tersebut berasal.

Baca juga: 5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

  1. Gunakan Tabir Surya

Untuk menjaga kulit kamu tidak berubah menjadi gelap dan menjaganya agar tetap sehat. Dengan menggunakan sunblock atau sunscreen, kamu dapat membantu untuk mencegah jerawat menjadi gelap. Coba untuk memastikan produk tabir surya kamu bebas dari minyak. Jika kamu ingin menentukan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulitmu, kamu bisa berdiskusi langsung dengan dokter ahli lewat aplikasi Halodoc. Caranya mudah, tinggal download aplikasinya di smartphone kamu, ya!

  1. Gosok dengan Sikat Lembut

Kamu juga dapat menjaga kecantikan kulit dengan cara menggosok wajah dengan sikat yang lembut. Hal ini dapat membantu untuk menyingkirkan sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel. Kamu dapat menggunakan gula sebagai sikat buatan karena lembut di kulit.

Referensi:
Style Craze.Diakses pada 2019.25 Essential And Simple Beauty Tips For Teenage Girls To Look Flawless
Everyday Health.Diakses pada 2019.Skin Care for Teen Skin