Perlu Tahu, 3 Cara Alami Atasi Neuropati Diabetik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Perlu Tahu, 3 Cara Alami Atasi Neuropati Diabetik

Halodoc, Jakarta – Neuropati diabetik adalah jenis kerusakan saraf yang terjadi akibat adanya penyakit diabetes. Kadar gula yang cukup tinggi dalam darah dan dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat mengakibatkan kerusakan pada serabut saraf dalam seluruh tubuh. Bisa dikatakan, penyakit neuropati diabetik merupakan komplikasi dari penyakit diabetes.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Neuropati Diabetik

Nyatanya, kondisi ini tidak dapat disembuhkan. Namun, pemberian obat dan dengan beberapa cara alami dapat mengurangi gejala yang dirasakan dari kondisi neuropati diabetik. Kenali gejala yang dialami oleh seseorang ketika mengalami neuropati diabetik.

Gejala neuropati diabetik umumnya berkembang secara bertahap dan tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Biasanya, pengidap neuropati diabetik baru menyadari kerusakan pada saraf setelah kondisi ini berkembang menjadi lebih parah dari sebelumnya.

Ada berbagai macam penyebab kondisi neuropati diabetik, namun faktor utamanya adalah kadar gula yang terlalu tinggi dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh kapiler yang mengakibatkan terhambatnya suplai oksigen dan gizi menuju saraf. Kondisi ini menyebabkan kerusakan sel saraf. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan neuropati diabetik adalah kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, dan pengidap gangguan ginjal.

Baca juga: Ini Bedanya Neuroma Akustik, Diabetik, dan Radialis

Umumnya, kondisi neuropati diabetik menyebabkan seseorang mengalami mati rasa atau kesemutan pada jari-jari. Gejala lainnya adalah seperti rasa terbakar, terkena benda tajam atau kesakitan pada bagian jari-jari.

Berikut adalah cara alami untuk mengatasi gejala dari kondisi neuropati diabetik:

1. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Kondisi ini merupakan komplikasi dari penyakit diabetes. Tidak ada salahnya untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, sehingga kamu terhindar dari masalah gula darah. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga gula darah tetap normal, misalnya dengan menghindari makanan yang mengandung gula cukup tinggi dan memperbanyak konsumsi sumber karbohidrat dan serat.

2. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan menjadi cara untuk menghindari kondisi neuropati diabetik. Hindari konsumsi makanan yang memicu kadar gula darah menjadi tinggi seperti buah yang dikeringkan, minuman yang mengandung soda, makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi, dan minuman beralkohol. Selain menjaga pola makan, kamu juga bisa menambah mengonsumsi suplemen sebagai tambahan seperti vitb complex atau mecobalamin.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Asupan cairan yang cukup mencegah terjadinya diabetes. Ketika kamu mengonsumsi banyak air putih, maka tubuh kamu terhidrasi dengan cukup. Sehingga ketika kadar gula darah melonjak dan tak mampu dipecah oleh tubuh, ginjal membantu mengeluarkannya melalui urine.

Komplikasi Penyakit Neuropati Diabetik

Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan kondisi penyakit ini. Pemeriksaan respon saraf, pemeriksaan sistem saraf otonom, tes filament, tes elektromiografi dilakukan untuk memastikan kondisi neuropati diabetik agar kondisi ini bisa ditangani dengan baik dan tepat. Jika tidak, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya, seperti:

  1. Munculnya masalah pencernaan seperti konstipasi atau diare.

  2. Produksi keringat yang berlebihan akibat kelenjar keringat yang tidak berfungsi dengan normal.

  3. Infeksi saluran kemih.

  4. Penyakit sendi charcot.

  5. Kematian pada bagian jaringan kaki.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai penyakit neuropati diabetik. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Diabetes Tak Terkontrol Sebabkan Neuropati Diabetik, Ini Alasannya