24 November 2018

Kelebihan Berat Badan Dapat Menyebabkan Wasir, Ini Penjelasannya

kelebihan berat badan dapat menyebabkan wasir ini penjelasannya

Halodoc, Jakarta – Menjaga berat badan tetap ideal bukan hanya karena masalah penampilan semata, tapi juga berkaitan dengan kesehatan. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Salah satunya adalah wasir. Orang yang memiliki berat badan berlebih diketahui berisiko lebih tinggi mengidap wasir. Mengapa hal ini bisa terjadi? Yuk, simak lebih lanjut penjelasannya di sini.

Wasir atau yang disebut juga dengan hemoroid adalah benjolan di dalam rektum atau anus yang berisi pembuluh darah yang membesar. Wasir termasuk penyakit yang ringan dan seringkali tidak menimbulkan gejala. Namun bila muncul gejala wasir, umumnya adalah sebagai berikut:

  • Mengeluarkan darah saat buang air besar. Biasanya darah berwarna merah terang.

  • Keluar lendir setelah buang air besar.

  • Terdapat benjolan yang tergantung di luar anus. Biasanya benjolan ini harus didorong kembali untuk masuk ke dalam setelah buang air besar.

  • Daerah sekitar anus terasa gatal.

  • Terjadi pembengkakan dan timbul rasa nyeri serta kemerahan di sekitar anus.

Berdasarkan lokasi terjadinya pembengkakan, hemoroid bisa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu hemoroid internal dan hemoroid eksternal. Hemoroid internal adalah bila pembuluh darah membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat. Sementara hemoroid eksternal adalah pembengkakan yang terjadi di luar anus, yaitu di dekat lubang anus, yang biasanya terasa lebih nyeri.

Wasir merupakan penyakit umum yang cukup sering terjadi. Namun, kebanyakan pengidap wasir yang berusia 50 tahun biasanya mengalami gatal-gatal, tidak nyaman, dan pendarahan.

Mengapa Berat Badan Berlebih Bisa Sebabkan Wasir?

Penyebab wasir adalah karena adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya. Nah, berat badan berlebih merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan meningkatnya tekanan tersebut. Itulah mengapa orang dengan berat badan berlebih rentan mengalami wasir.  

Namun selain berat badan berlebih, mengejan terlalu lama saat buang air besar (BAB) juga bisa meningkatkan tekanan darah di area anus dan rektum. Seseorang sampai perlu mengejan cukup lama saat BAB biasanya karena mengalami konstipasi. Kondisi ini bisa terjadi karena kekurangan serat. Itulah mengapa kamu perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan serat setiap harinya.

Berikut beberapa faktor lainnya yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami wasir:

  • Usia. Semakin tua seseorang, penopang jaringan tubuhnya menjadi semakin lemah.

  • Sering mengangkat barang yang berat secara rutin.

  • Sering duduk terlalu lama.

  • Sedang hamil.

  • Batuk terus-menerus atau sering muntah.

  • Memiliki riwayat keluarga yang mengidap hemoroid.

  • Sering berhubungan seks melalui anus.

Cara Mencegah dan Mengobati Wasir

Gejala wasir bisa hilang sendiri setelah beberapa hari tanpa penanganan. Sementara wasir yang dialami ibu hamil juga akan menghilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan. Namun, wasir juga bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Obat yang biasanya diberikan adalah obat untuk memperlancar buang air besar. Selain itu, obat wasir dalam bentuk oles atau tablet juga bisa dikonsumsi untuk membantu penyembuhan wasir.

Selain dengan obat-obatan, perubahan gaya hidup juga merupakan cara yang cukup efektif untuk mencegah dan mengobati wasir. Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan pengidap wasir:

  • Perbanyak minum air putih,

  • Perbanyak mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, seperti buah, sayuran, beras merah, biji-bijian dan kacang-kacangan.

  • Jangan menunda buang air besar karena bisa membuat tinja keras dan kering, sehingga kamu harus mengejan saat buang air besar.

Nah, oleh karena berat badan berlebih bisa menyebabkan wasir, maka kamu dianjurkan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Beberapa caranya adalah dengan berolahraga secara teratur dan mengurangi porsi makan. Namun bila wasir sudah terlanjur muncul, kamu bisa beli obat wasir dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: