Ini 3 Jenis Kanker Tulang Primer

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 3 Jenis Kanker Tulang Primer

Halodoc, Jakarta – Tumor tulang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tumor tulang jinak dan tumor tulang ganas. Tumor tulang merupakan penyakit yang terjadi saat sel-sel tulang tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan sel yang tidak normal ini kemudian membentuk pembesaran dan tonjolan (tumor) pada tulang. Sayangnya, masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab tumor ini. 

Penyakit ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri di daerah tubuh atau tulang yang terserang tumor. Rasa nyeri ini akan semakin meningkat saat tubuh melakukan aktivitas, terutama aktivitas yang berat. Selain itu, rasa nyeri tanda tumor tulang biasanya juga akan semakin menyakitkan pada malam hari. Selain nyeri, gejala tumor tulang adalah muncul pembengkakan, patah tulang hanya karena cedera ringan, serta demam dan keringat di malam hari.

Baca juga: Mengidap Tumor Tulang, Apakah Bisa Disembuhkan?

Mengenal Kanker Tulang Primer 

Ada dua jenis tumor tulang, yaitu tumor tulang jinak alias tumor benigna dan tumor tulang ganas atau tumor maligna. Tumor jinak cenderung tidak berbahaya dan tidak agresif. Jenis kanker tulang ini tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Meski begitu, tumor jinak sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja tanpa penanganan medis. Tumor jinak yang tidak diobati bisa terus berkembang dan akhirnya menggantikan sel tubuh yang sehat. 

Selain tumor jinak, ada juga jenis tumor ganas yang bisa memicu kanker. Tumor ini dikenal dengan istilah tumor tulang ganas atau kanker tulang. Pada kanker tulang, terjadi pertumbuhan sel dan jaringan tulang yang agresif dan invasif. Perkembangan yang terjadi bersifat ganas dan bisa berdampak fatal. Kanker tulang sangat berbahaya karena dapat meluas, menyebar, dan memengaruhi bagian tubuh lainnya. Penyakit kanker yang berasal dari tulang disebut dengan kanker tulang primer. 

Baca juga: Jangan Keliru, Inilah Mitos Mengenai Tumor Tulang

Dibanding tumor tulang jinak, peluang terjadinya kanker tulang primer sangat kecil. Kanker tulang primer merupakan jenis kanker yang berasal dari tulang, bukan akibat penyebaran sel kanker dari organ lain. Jika dilihat dari jenisnya, kanker primer dibedakan menjadi tiga, yaitu: 

1. Chondrosarcoma 

Jenis tumor ganas yang satu ini dimulai dari sel tulang rawan. Chondrosarcoma paling sering menyerang orang yang berusia 40–70 tahun. Biasanya, kanker ini menyerang bagian bahu, lengan, panggul, dan pangkal paha. 

2. Osteosarcoma 

Berbeda dengan Chondrosarcoma, kanker primer osteosarcoma umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Penyakit ini paling sering ditemukan pada bagian lutut, paha, dan tulang kering. 

3. Tumor Sakoma Ewing 

Kanker primer ini rentan menyerang orang yang berusia 5–20 tahun. Lokasi yang biasanya terjangkit adalah kaki bagian atas dan bawah, lengan atas, dan tulang rusuk.

Dibandingkan tumor jinak, tumor tulang yang menyebabkan kanker adalah kondisi yang tidak boleh dianggap sepele sama sekali. Penanganan untuk jenis penyakit ini harus lebih agresif agar peluang kesembuhan lebih besar. Tumor ganas membutuhkan tindakan penanganan khusus, tergantung pada tahap keganasan atau seberapa parah kanker menyebar ke bagian tubuh lain. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini, seperti pengangkatan tulang yang terkena tumor dengan operasi, amputasi pada bagian tubuh tertentu, terapi radiasi, dan kemoterapi.

Baca juga: Kapan Operasi Diperlukan untuk Mengobati Tumor Tulang?

Cari tahu lebih lanjut seputar tumor tulang dan kanker tulang primer dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Bone Tumors.
Web MD. Diakses pada 2019. Bone Tumors.