3 Makanan Khusus Pengidap Multiple Myeloma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
3 Makanan Khusus Pengidap Multiple Myeloma

Halodoc, Jakarta - Multiple myeloma adalah sebuah penyakit kanker darah putih yang terbentuk di sumsum tulang. Penyakit ini terjadi karena sel darah putih atau sel plasma mengalami kanker dan membentuk tumor pada tubuh. Umumnya, kondisi ini terjadi pada tulang. Karena kerap lebih dari satu tumor yang terbentuk, kondisi ini disebut dengan multiple myeloma. Penyakit kanker darah tersebut dapat menyebabkan anemia dan juga infeksi.

Seseorang yang mengidap multiple myeloma, tubuhnya melepaskan terlalu banyak protein atau immunoglobulin ke dalam tulang dan darahnya. Protein tersebut akan menumpuk di seluruh tubuh dan menyebabkan kerusakan organ. Selain itu, sel-sel plasma juga memadati sel-sel darah normal pada tulang. Bahan kimia akan dilepaskan, sehingga memicu sel-sel lain untuk melarutkan tulang. Area tulang yang lemah tersebut disebut dengan lesi litik.

Ketika multiple myeloma pada seseorang semakin parah, sel-sel plasma tersebut akan keluar dari sumsum tulang dan menyebar ke seluruh tubuh pengidapnya. Hal ini akan menyebabkan lebih banyak kerusakan organ yang terjadi. Pengobatan yang dapat dilakukan untuk penyakit multiple myelomad adalah kemoterapi, terapi radiasi, operasi, dan transplantasi sel induk.

Walau begitu, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat pengidap multiple myeloma, salah satunya adalah menjaga asupan makanan. Perawatan lainnya yang dapat dilakukan adalah diet khusus, vitamin, herbal, akupuntur, hingga pijat.

Pada pengidap multiple myeloma, gejala atau efek samping dari perawatan penyakit tersebut adalah menghilangkan atau menurunkan nafsu makan. Walau begitu, tubuh harus tetap mendapatkan nutrisi yang tepat, supaya sembuh.

Baca Juga: 4 Penyebab dan Cara Mengobati Leukimia

Makanan yang Dapat Dikonsumsi Pengidap Multiple Myeloma

Beberapa makanan dapat dikonsumsi oleh seorang pengidap multiple myeloma, supaya nutrisi tetap tercukupi dan tubuh pun tetap sehat. Walau begitu, ada makanan yang dapat dikonsumsi dan ada pula makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Seseorang yang mengidap kanker darah ini disarankan untuk lebih sering makan dibandingkan makan besar sebanyak dua atau tiga kali sehari. Dengan begitu, energi akan lebih terjaga dan rasa mual pun akan berkurang.

Selain itu, mungkin saja pada waktu tertentu, kamu akan mudah mengonsumsi makanan. Namun, di lain waktu, kamu juga akan kesulitan makan. Cobalah untuk tetap menyimpan makanan apabila sewaktu-waktu kamu merasa lapar. Selain itu, jenis makanan yang tepat dapat memberi kamu keseimbangan nutrisi terbaik dan membantu untuk mengatasi gejala atau efek samping dari pengobatan penyakit tersebut.

Berikut adalah makanan yang direkomendasi untuk dikonsumsi:

  1. Sayuran Hijau

Buah dan sayuran penuh dengan antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk memperbaiki diri dari dalam. Selain itu, sayuran juga dapat membantu untuk melawan sembelit yang mungkin dirasakan dari efek samping obat dan perawatan.

Usahakanlah untuk makan sayur dan buah yang sudah dimasak, karena produk mentah terkadang dapat meningkatkan peluang infeksi. Pasalnya, pengidap multiple myeloma, sistem kekebalan tubuhnya akan lebih lemah, sehingga mudah mengalami komplikasi.

Baca Juga: Mengenali Gejala Kanker Hati

  1. Serat

Seseorang yang mengidap multiple myeloma disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Hal ini dapat mencegah terjadi sembelit dari efek samping pengobatan dan membantu tubuh untuk memecah makanan, serta membersihkan usus. Air putih dan jus buah dapat membantu tubuh untuk tetap sehat.

Berikut adalah sumber serat yang baik, antara lain:

  • Buah-buahan.

  • Kacang-kacangan.

  • Makanan sereal.

  • Sayur-sayuran.

Selain itu, jika tubuh kamu mengalami diare, dokter mungkin akan merekomendasikan makanan rendah serat, seperti pisang, nasi, dan roti panggang. Lalu, dokter akan meminta kamu untuk banyak minum air agar tetap terhidrasi.

  1. Zat Besi

Makanan lainnya yang harus dikonsumsi pengidap multiple myeloma adalah makanan yang mengandung zat besi. Sel-sel kanker yang menumpuk pada sumsum tulang dapat membuat sel darah kamu menjadi padat. Hal tersebut dapat membuat tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia.

Apabila hal tersebut terjadi, kamu harus banyak mengonsumsi makanan dengan zat besi, seperti:

  • Daging tanpa lemak.

  • Sayuran berwarna hijau gelap.

  • Vitamin dan mineral.

  • Minyak ikan.

Baca Juga: Simak Cara Mendeteksi Kanker Tulang pada Anak Sedini Mungkin

Itulah beberapa makanan yang harus dikonsumsi oleh pengidap multiple myeloma. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal penyakit ini, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!