3 Olahraga untuk Atasi Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
3 Olahraga untuk Atasi Insomnia

Halodoc, Jakarta – Pernah merasa mengantuk pada siang hari? Coba perhatikan kembali waktu tidur yang dijalani. Jangan-jangan kamu mengalami gejala dari gangguan tidur. Mengalami gangguan tidur menjadi kondisi yang membuat kesehatan menurun. Tidak hanya itu, banyak dampak buruk dari insomnia yang tidak segera diatasi. 

Kualitas hidup seseorang dipengaruhi oleh kualitas tidur, sehingga memenuhi waktu tidur perharinya dibutuhkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu 8 jam perhari untuk tidur. Ketika kamu memenuhi waktu tidur dengan baik tentu banyak manfaat yang dirasakan untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini

Ketahui Manfaat Lain dari Tidur untuk Kesehatan

Tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena daya tahan tubuh mengeluarkan hormon sitokin yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, memenuhi kebutuhan tidur selama 8 jam perhari akan membuat daya ingat kamu semakin tajam. Tidur selama 8 jam membuat kamu melewati semua tahapan dalam tidur. Nyatanya, dua tahap dalam tidur seperti REM dan slow wave sleep membantu untuk melancarkan semua ingatan dan membantu meningkatkan daya kreativitas seseorang.

Ternyata, Olahraga Untuk Atasi Insomnia

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mencegah insomnia agar kualitas tidur tetap baik, seperti membuat jadwal tidur yang diterapkan setiap harinya. Atur jadwal tidur dan bangun tidur setiap harinya karena cara ini berguna untuk mengontrol siklus tidur.

Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein atau soda yang berlebihan karena kafein yang masuk dalam darah menghambat kerja senyawa dalam tubuh yang membuat tubuh merasa rileks dan mengantuk.

Selain cara tersebut, kamu bisa mengatasi insomnia dengan melakukan olahraga secara rutin, loh. Menurut Kelly Glazer Baron, seorang psikolog klinis di Behavioral Sleep Medicine, mengungkapkan bahwa olahraga dapat menjadi obat insomnia yang paling baik.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Insomnia

Dengan rutin melakukan olahraga, penyebab insomnia dapat hilang secara perlahan. Stres dan depresi menjadi penyebab gangguan tidur insomnia. Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat stress maupun depresi yang dialami seseorang.

Lalu, olahraga apa saja yang baik untuk mengatasi masalah gangguan tidur seperti insomnia? Beberapa jenis olahraga ini bisa menjadi pilihan, yaitu:

1. Yoga

Olahraga yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah insomnia. Yoga membuat seseorang menjadi lebih tenang baik fisik maupun psikis. 

2. Aerobik

Tidak hanya yoga, aerobik juga dapat menjadi olahraga yang membantu untuk mengatasi masalah insomnia. Melakukan olahraga aerobik mampu memperbaiki sistem kardiovaskular dalam tubuh.

3. Jalan Santai

Melakukan jalan santai atau jogging dapat mengatasi masalah insomnia, loh. Kamu bisa lakukan jalan santai pada pagi hari agar tubuh kamu terpapar sinar matahari. Kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membantu kamu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Tidak ada salahnya untuk segera hubungi dokter jika insomnia yang dialami sudah cukup mengganggu aktivitas dan kualitas hidup. Segera periksakan ke rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab insomnia yang dialami.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Cegah Insomnia