• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Aktivitas yang Bisa Mengurangi Rasa Cemas Berlebihan

4 Aktivitas yang Bisa Mengurangi Rasa Cemas Berlebihan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Rasa cemas adalah suatu hal yang pasti terjadi ketika kamu menghadapi sesuatu yang di luar dugaan atau dirasa melebihi kapasitas. Hal itu terbilang biasa terjadi pada semua orang. Namun, jika rasa cemas yang timbul sudah berlebihan, kamu harus segera mengatasinya.

Terjadinya perasaan cemas umumnya berhubungan dengan rasa stres yang bertumpuk. Rasa cemas yang sudah bertumpuk mungkin saja menyebabkan hal yang sangat fatal. Gangguan ini juga berpotensi untuk menyebabkan kelainan jiwa pada seseorang. Berikut beberapa aktivitas yang dapat mengurangi rasa cemas!

Baca juga: 5 Gangguan Kepribadian dengan Rasa Cemas Berlebihan

Beberapa Aktivitas yang Dapat Mengurangi Rasa Cemas

Hidup memang terkadang dapat menyebabkan suatu hal tidak sesuai ekspektasi. Dengan adanya hal tersebut, rasa cemas mungkin akan timbul. Umumnya, jika suatu momen yang tidak mengikuti keinginan kamu tersebut telah terlewati, rasa cemas akan hilang. Namun, bagaimana dengan rasa cemas yang terjadi terus-menerus?

Rasa cemas sudah harus mendapat perhatian apabila terjadi terlalu sering dan sulit dikendalikan ketika menyerang. Memang, rasa cemas terjadi karena reaksi tubuh terhadap stres yang timbul. Dengan mengatasi stres yang menyerang, kamu dapat menghilangkan perasaan cemas yang mengganggu.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa cemas yang menyerang secara berlebihan? Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan:

  1. Berolahraga

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa cemas adalah dengan berolahraga. Dengan membuat tubuh kamu berkeringat, kamu dapat menekan perasaan stres yang timbul. Memang, dengan memberikan fisik pada tubuh melalui olahraga dapat memperbaiki mental kamu dengan menyingkirkan stres.

Seseorang yang berolahraga secara teratur juga cenderung untuk mengalami gangguan kecemasan lebih rendah dibandingkan yang tidak. Kamu dapat melakukan kegiatan yang mudah, seperti berjalan atau jogging. Pasalnya, hal yang paling penting adalah menggerakkan otot besar yang dapat menghilangkan stres.

Baca juga: 15 Gejala yang Timbul dari Gangguan Kecemasan

  1. Tidur yang Nyenyak

Seseorang yang kekurangan tidur cenderung mengalami rasa cemas berlebih. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mempermudah tubuh kamu agar tidur dengan nyenyak, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik yang tenang, melakukan yoga, hingga menarik napas dalam-dalam.

Punya pertanyaan terkait rasa cemas yang timbul berlebihan? Tanyakan saja pada psikolog di Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan mental di beberapa rumah sakit yang berafiliasi dengan Halodoc.

  1. Mengurangi Konsumsi Kafein

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menekan rasa cemas yang mungkin timbul adalah dengan mengurangi konsumsi kafein sehari-hari. Kandungan kafein dapat kamu temukan pada kopi, teh, hingga minuman berenergi. Seseorang yang mendapatkan kafein dengan dosis tinggi juga dapat meningkatkan kecemasan.

Setiap orang memiliki batas yang berbeda-beda untuk toleransi kandungan kafein pada tubuhnya. Jika kamu merasa gelisah atau cemas yang berlebih, cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman-minuman tersebut. Kopi dapat membuat tubuh lebih sehat, tetapi juga dapat meningkatkan rasa cemas.

Baca juga: Cemas Berlebihan, Waspadai Penyakit Gangguan Kecemasan

  1. Menghabiskan Waktu dengan Orang Terdekat

Perasaan tertekan dan stres pasti akan berat untuk dilewati. Maka dari itu, dengan menghabiskan waktu dengan orang yang dekat dengan kamu, seperti teman atau keluarga, rasa cemas pun akan menurun. Kamu juga dapat menceritakan apa yang dirasakan sehingga sekitar kamu membantu agar dapat melewati masa tersebut.

Disebutkan bahwa seseorang, khususnya wanita, ketika menghabiskan waktu dengan orang terdekat dapat melepaskan oksitosin, yaitu pereda stres alami dari tubuh. Faktanya, seseorang yang mempunyai koneksi sosial yang sedikit lebih mungkin mengalami depresi dan perasaan cemas.

Referensi:
Psych Central. Diakses pada 2019. 15 Small Steps You Can Take Today to Improve Anxiety Symptoms
Healthline. Diakses pada 2019. 16 Simple Ways to Relieve Stress and Anxiety