18 January 2019

Kaget Lihat Perubahan Wajah 10 Tahun Lalu? Ini Tips Awet Muda

kaget lihat perubahan wajah 10 tahun lalu ini tips awet muda

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini, sosial media sedang diramaikan oleh tantangan sepuluh tahun atau ten years challenge. Tantangan ini membandingkan foto seseorang dalam rentang waktu 10 tahun, yaitu di tahun 2009 dengan 2019. Dirasa menarik, banyak pengguna sosial media atau netizen dari berbagai kalangan, bahkan sampai kalangan artis pun mengikuti ten years challenge. Tantangan ini pun, kemudian menimbulkan berbagai kesan bagi tiap-tiap orang lantaran banyak perubahan yang terjadi dalam waktu 10 tahun, terutama dari segi wajah.

Kebanyakan orang mengalami perubahan wajah menjadi menua dibanding 10 tahun yang lalu. Namun, ada juga beberapa orang yang tetap awet muda, bahkan hingga saat ini. Kamu termasuk yang mana? Biar tetap awet muda, perhatikan dulu tips-tips berikut.

Pernahkah terpikir olehmu mengapa tantangan yang sedang ngetren ini memilih rentang waktu 10 tahun, dibanding 5 atau 15 tahun? Ternyata, ada alasan di balik pemilihan rentang waktu ini. Nyatanya, perubahan wajah manusia paling terlihat sangat jelas dalam waktu 10 tahun. Perubahan tersebut bisa terlihat dari bentuk wajah maupun tanda-tanda penuaan yang mulai bermunculan pada wajah.

Seiring bertambahnya umur, seseorang memang akan mengalami proses penuaan secara alami. Namun, melalui tantangan ten years challenge ini, diketahui bahwa ternyata ada sebagian orang yang mengalami proses penuaan secara cepat, sedangkan sebagian orang lainnya lebih lambat dalam mengalami proses penuaan. Mengapa bisa demikian?

Baca juga: 4 Faktor Ini Memengaruhi Penampilan Awet Muda Seseorang

Sebelum kamu mengeluh tidak adil, ketahui dulu fakta ini, nyatanya tiap orang bisa menjaga wajahnya tetap awet muda secara alami. Kuncinya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, dan rutin melakukan perawatan wajah.

Awet Muda Lewat Makanan Sehat

Kamu tentunya pernah mendengar tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam. Nyatanya, asupan nutrisi yang kamu peroleh dari makanan sangat bermanfaat untuk mempertahankan kulit agar tetap awet muda. Enggak perlu menjalani diet yang ketat dan rumit. Kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat, cantik, dan awet muda dengan cara yang sederhana, yaitu menambahkan lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian ke dalam menu makananmu tiap hari. Kamu juga sebaiknya hindari makanan berlemak dan mengandung banyak garam. Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan dan minuman yang kaya akan serat, kalsium, zat besi, magnesium, dan vitamin. Semua nutrisi tersebut berperan untuk menjaga organ tubuh kamu agar tetap berfungsi dengan optimal. Berikut daftar menu makanan dan minuman yang baik untuk kecantikan kulit:

  • Daging sapi tanpa lemak

  • Ikan, seperti salmon, sarden, dan makarel

  • Karbohidrat kompleks, seperti gandum

  • Sayuran, seperti brokoli, kubis, paprika, dan cabai

  • Buah-buahan, seperti alpukat, anggur, melon, jeruk, tomat, dan delima

  • Kacang-kacangan, seperti kenari, kacang rebus, dan kedelai

  • Cokelat hitam

  • Teh hijau

  • Telur.

Gaya Hidup yang Bikin Awet Muda

Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan juga bisa memberi pengaruh baik untuk kulit, lho. Berikut gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan untuk kulit lebih muda secara alami:

  • Istirahat yang cukup di malam hari, minimal 6 jam sehari.

  • Rajin berolahraga, seperti yoga maupun joging.

Baca juga: Alasan Olahraga Membuat Kulit Awet Muda

  • Hentikan kebiasaan tidak sehat, seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

  • Teruskan melakukan hobi yang positif, seperti membaca buku, travelling, bersosialisasi bersama teman, dan lain-lain.

  • Menjaga kemesraan dengan pasangan dengan rutin berhubungan intim.

  • Murah senyum dan banyak tertawa juga bisa membantu terlihat lebih muda, lho.

Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Keriput

Keriput adalah masalah terbesar bagi wanita. Kebanyakan wanita akan panik bila di wajahnya sudah muncul keriput, karena ini adalah salah satu tanda penuaan. Enggak usah panik, berikut tips-tips perawatan kulit wajah agar selalu terlihat sehat dan awet muda.

  • Rutin menggunakan pelembap wajah dan tabir surya untuk mencegah dampak buruk sinar matahari.

  • Jangan terlalu sering mencuci muka agar kadar minyak alami tidak hilang, sehingga wajah bisa tetap lembab.

  • Pilih produk perawatan wajah yang mengandung asam hyaluronic, AHA dan BHA, vitamin C, koenzim Q10, ekstrak biji anggur, ekstrak teh, dan retinol.

Baca juga: 6 Kandungan Skincare yang Harus Ada Agar Awet Muda

  • Konsumsi suplemen, seperti vitamin C dan vitamin E yang dapat memperlambat proses penuaan.

Nah, itulah tips untuk menjaga agar kulit wajah tetap terlihat muda selalu, bahkan hingga 10 tahun ke depan. Kalau kamu punya masalah kecantikan lainnya, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa ngobrol dengan dokter dan minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.