4 Fakta Menarik Golongan Darah

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
4 Fakta Menarik Golongan Darah

Halodoc, Jakarta – Golongan darah merupakan pembagian yang dijadikan “identitas” darah yang mengalir dalam tubuh seseorang. Hingga saat ini, golongan darah manusia dikelompokkan ke dalam empat tipe, yaitu golongan darah A, B, O, dan AB. Perbedaan tipe golongan darah didasari oleh ada atau tidaknya antigen pada sel darah merah dan plasma darah. 

Pada dasarnya, darah yang ada di dalam tubuh manusia mengandung komponen dasar yang sama. Di dalam darah, terdapat sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma. Golongan darah antara satu orang dengan yang lainnya bisa berbeda karena sifat antigen yang terkandung di dalam darah. Dalam tubuh manusia, darah memiliki peran yang penting. Maka dari itu, mengetahui golongan darah juga menjadi hal yang penting. 

Baca juga: Inilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Golongan Darah 

Perbedaan antara satu golongan darah dengan yang lainnya ada pada antigen yang terkandung. Darah yang terdapat dalam tubuh manusia mengandung komponen dasar yang sama, yaitu sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma. Pada sel darah merah, terdapat trombosit dan sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh dari penyebab penyakit. Pada permukaan sel darah merah terdapat protein yang berikatan dengan karbohidrat. 

Ikatan yang ada pada permukaan sel darah merah ini yang disebut dengan antigen. Bagian itu yang kemudian digunakan untuk menentukan tipe alias golongan darah. Antigen dikelompokkan ke dalam delapan tipe dasar yang bersifat positif dan negatif. Biar lebih jelas, simak fakta-fakta menarik seputar golongan darah yang perlu diketahui berikut ini!  

1. Ada 8 Kelompok Golongan Darah 

Selama ini hanya dikenal ada 4 tipe golongan darah. Namun tahukah kamu, ternyata keempat golongan darah tersebut dibagi lagi, yaitu masing-masing bersifat positif dan negatif. Maka dari itu, sebenarnya ada 8 kelompok golongan darah manusia, yaitu A+, B+, AB+, O+, A-, B-, AB-, serta 0-. Pembagian golongan darah ini dibedakan oleh antigen yang terkandung. 

Baca juga: Golongan Darah Bisa Tentukan Jodoh?

2. Tidak Ada Antigen pada Golongan O 

Seperti disebutkan sebelumnya, perbedaan antara satu golongan darah dengan yang lainnya ada pada antigen yang dikandung. Golongan darah A memiliki antigen A, golongan darah B memiliki antigen B, golongan darah AB memiliki antigen A dan B. Namun ternyata, golongan darah O memiliki sedikit perbedaan dibanding ketiga golongan lainnya. Golongan darah O tidak memiliki antigen A maupun B. 

3. Golongan Darah paling Umum dan Langka 

Dari semua jenis golongan darah, golongan darah O disebut paling banyak dimiliki oleh penduduk dunia. Sebaliknya, ada juga golongan darah yang jarang dimiliki, yaitu AB. Sejauh ini, golongan darah AB disebut paling sedikit dan jarang dimiliki. 

4. Diet Berdasarkan Golongan Darah 

Kesulitan untuk menurunkan atau menaikkan berat badan? Ternyata, kamu bisa mengatasi hal itu dengan mengetahui golongan darah. Pasalnya, mengatur pola diet berdasarkan golongan darah ternyata akan lebih efektif. Darah merupakan makanan paling mendasar bagi tubuh, sehingga setiap jenis darah akan memiliki reaksi yang berbeda terhadap makanan yang dikonsumsi. Hal ini bisa saja menjadi salah satu alasan mengapa berat badan tidak kunjung turun meski sudah menjalani diet. 

Baca juga: Bukan Cuma Golongan Darah, Rhesus Juga Perlu Diketahui

Cari tahu lebih lanjut seputar golongan darah dan fakta lainnya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah kapan dan di mana saja menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Blood Type Diet.
Redcrossblood. Diakses pada 2019. Blood Type. 
Medical Daily. Diakses pada 2019. Why Is AB Blood Type So Rare? It’s All About The Red Blood Cells.