4 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Usus Besar

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
4 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Usus Besar

Halodoc, Jakarta - Makanan sehat memiliki banyak definisi. Tidak hanya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, makanan sehat harus menyehatkan sistem pencernaan itu sendiri. Kebiasaan makan yang kurang baik bisa menyebabkan penyakit, salah satunya adalah kanker usus besar.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling banyak membunuh manusia. Menurut American Cancer Society pada 2013, kanker usus menjadi penyakit yang banyak menyerang pria dan wanita setelah kanker paru-paru. 

Baca Juga: 6 Jenis Kanker Paling Populer di Indonesia

Gejala kanker usus besar juga bisa saja sulit terdeteksi. Oleh sebab itu, melakukan upaya pencegahan adalah hal yang disarankan. Nah, menjaga pola makan adalah cara untuk mencegah kanker usus besar.

Karena kanker ini berkembang dari sel abnormal pada lapisan usus besar atau rektum, maka asupan gizi memainkan peran yang cukup besar dalam meningkatkan atau menurunkan risikonya. Jika masih ada yang ingin ditanyakan tentang gejala kanker usus besar, kamu bisa bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Untuk mencegah kanker usus besar, coba lebih rutin untuk makanan  jenis makanan sehat berikut: 

  • Ubi

Sebagai salah satu makanan kaya antioksidan, ubi adalah pilihan tepat untuk melawan berbagai jenis sel kanker dalam tubuh. Kandungan antioksidan di dalam ubi bekerja dengan cara menetralisir efek negatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Beberapa jenis makanan yang kaya antioksidan alami dan cocok untuk dikonsumsi setiap hari sebagai langkah pencegahan kanker usus besar antara lain bayam, kale, brokoli, dan wortel.

  • Alpukat

Alpukat adalah buah kaya serat yang cocok untuk mencegah risiko kanker usus besar. Meski hingga kini belum ditemukan kaitan antara serat dan risiko kanker usus besar, namun memenuhi asupan serat harian secara tidak langsung mampu menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Serat bekerja memperlancar pencernaan dan mencegah munculnya polip. Tidak hanya melalui alpukat, beberapa jenis makanan kaya serat yang bisa dicoba yaitu gandum utuh, oatmeal beras merah, dan kacang-kacangan hitam.

  • Yoghurt

Makanan yang merupakan fermentasi susu ini adalah sumber probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Makanan ini merangsang usus dan merupakan sumber bakteri baik yang berguna untuk menjaga bakteri dalam usus tetap sehat dan seimbang.  Selain yoghurt, makanan lain yang kaya probiotik adalah acar, sup miso, dan cuka sari apel.

  • Jahe 

Rempah-rempah seperti jahe adalah makanan yang memiliki fungsi antiinflamasi yang berguna untuk membunuh sel-sel kanker usus besar. Beberapa jenis rempah yang memiliki fungsi serupa bagi sistem pencernaan antara lain bawang putih, kunyit, oregano, dan bawang merah.

Baca Juga: Kenali 12 Penyebab Kanker Usus Besar 

Kebiasaan Makan untuk Mencegah Kanker Usus Besar

Tidak hanya dengan lebih rutin makan makanan sehat di atas, untuk mencegah perkembangan kanker usus besar, kamu wajib menghentikan kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti:

  • Terlalu Banyak Makan Daging Merah

Bagi kamu yang mengaku menggemari daging merah, mulai mengurangi kebiasaan tidak sehat ini. Pasalnya, konsumsi daging merah dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Konsumsi daging merah sebanyak 3 ons per hari untuk pria dan sebanyak 2 ons per hari untuk wanita meningkatkan risiko kanker usus besar sebesar 30-40 persen. 

  • Memasak Daging Hingga Gosong

Kebiasaan memasak daging yang kurang benar bisa menjadi penyebab kanker usus besar. Apabila kamu gemar memasak dengan cara digoreng, dipanggang, atau dibakar pada suhu tinggi bahkan hingga gosong menyebabkan interaksi antara kreatinin otot dengan asam amino. Alhasil, sejumlah senyawa karsinogenik penyebab kanker akan terbentuk.

  • Konsumsi Daging Tinggi Lemak

Konsumsi makanan tinggi lemak menyebabkan asam empedu dalam jumlah besar dilepaskan ke dalam saluran pencernaan untuk membantu memecah lemak. Asam empedu ini diubah menjadi asam empedu sekunder saat masuk ke usus besar. Dan, hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan tumor di usus besar. Oleh karenanya, hindari terlalu banyak makan daging merah atau daging olahan.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Kanker Usus Besar Juga Mengintai Anak

Temukan informasi lainnya mengenai kanker usus dan jenis kanker lainnya di Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang di Play Store & App Store.