4 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tertinggi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tertinggi

Halodoc, Jakarta - Melakukan aktivitas rutin selama terus menerus pasti membuat stres. Apalagi jika tidak dibarengi dengan istirahat yang kurang dan pola makan yang berantakan. Stres bisa semakin parah dan malah membuat kita mengalami gangguan kesehatan. Tekanan darah tinggi, stroke, bahkan diabetes adalah jenis penyakit yang mungkin menyerang kamu yang dilanda stres kerja. Penyakit tersebut tidak langsung menyerang, tapi jika kamu tidak segera mengubah gaya hidup ke yang lebih sehat, penyakit tadi lambat laun akan menyerang.

Hal-hal yang membuat stres mudah terjadi di situasi kerja antara lain deadline pekerjaan, manajemen yang buruk, rekan tim yang terlalu kompetitif, atau mungkin penempatan kerja dalam situasi berbahaya tau tidak menyenangkan bagi karyawan. Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis pekerjaan paling bikin stres sehingga kamu harus berpikir matang ketika mendapat tawaran pekerjaan tersebut, di antaranya:

Baca Juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

  • Pasukan Militer

Jumlah pasukan militer tidaklah sedikit, tapi bukan berarti sebuah negara terbebas dari ancaman yang dapat mengganggu stabilitas negara. Tidak hanya bertugas di area konflik yang pastinya membuat stres, pasukan militer kerap turun untuk membantu pemulihan area yang terkena bencana. Apalagi sepanjang tahun, Indonesia mengalami banyak sekali bencana. Para pasukan militer berpisah dalam waktu lama dengan keluarganya demi membantu proses evakuasi korban di area bencana. Situasi seperti ini sebetulnya bukanlah hal yang mudah, mereka juga pasti menyimpan stres yang kerap kali tidak boleh ditunjukkan kepada orang lain.

  • Pilot

Setiap kali mereka lepas landas, pilot maskapai akan bertanggung jawab terhadap nyawa ratusan penumpang beserta anggota kru pesawat. Insiden kecelakaan memang jarang terjadi, tetapi pilot secara rutin menghadapi kondisi cuaca yang berubah, kerusakan mekanis, penumpang yang nakal, dan ancaman terorisme. Apabila terjadi satu saja kecelakaan pesawat, maka hal ini berpengaruh pada kondisi kejiwaan namun mereka harus memendamnya demi profesionalitas kerja. Sebuah studi oleh T.H. Harvard. Chan School of Public Health mengungkapkan bahwa 13,5 persen pilot di Amerika Serikat diklasifikasikan mengalami tekanan secara klinis, atau mengalami stres kerja dan 4,1 persen berjuang dengan pemikiran bunuh diri atau melukai diri sendiri.

Baca Juga: Hindari Stres, Saatnya Lakukan 5 Olahraga Ringan di Meja Kerja

  • Koordinator Acara (Event Organizer)

Jika rapat, pertemuan, atau acara apa pun yang tidak berjalan lancar, koordinator acara adalah orang pertama yang akan disalahkan. Tidak hanya itu, keluhan seperti ruangan terlalu panas atau terlalu dingin, mikrofon atau proyektor tidak berfungsi, makanan atau hiburan tidak baik, kekacauan selama pendaftaran, seorang atau tim koordinator acara harus bertanggung jawab. Pekerjaan ini menantang dan harus dilakukan serba cepat sehingga wajar jika disebut sebagai pekerjaan paling bikin stres. Selain mengatur dan merencanakan acara untuk ratusan atau bahkan ribuan peserta, tim koordinator acara harus bernegosiasi dan mengawasi vendor, dan menyulap berbagai kegiatan agar semuanya sesuai anggaran dan tepat waktu.

  • Wartawan Media Cetak

Pada umumnya semua wartawan menghadapi tingkat stres kerja yang tinggi, tetapi wartawan surat kabar menghadapi tekanan yang lebih tinggi untuk menyampaikan berita pada waktunya untuk dipublikasikan. Pada saat yang sama, berita-berita tersebut terus berkembang, dan wartawan perlu mengikuti petunjuk ini, mewawancarai narasumber, dan menulis cerita yang akurat dalam tenggat waktu yang ketat.

Selain itu, wartawan juga sering meliput berita kontroversial, tidak jarang mereka bertemu dengan narasumber yang sulit diajak wawancara atau bertindak kurang responsif.  Berkembangnya platform digital yang ada sekarang menyebabkan orang-orang mulai beralih ke media digital. Akibatnya, banyak media cetak yang mulai gulung tikar dan terpaksa memberhentikan wartawan surat kabar sehingga menjadikan pekerjaan wartawan media cetak sebagai salah satu pekerjaan paling bikin stres.

Baca Juga:7 Alasan Stres Bisa Bikin Lebih Cepat Tua

Salah satu kunci untuk terhindar dari stres kerja adalah tubuh yang sehat. Nah, jika kamu mengalami gangguan kesehatan tetapi belum sempat pergi ke dokter, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat bertanya pada dokter melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!