29 August 2018

4 Penyebab Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

penyebab wajah bengkak saat bangun tidur

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu menemukan dan merasa bagian wajah menjadi lebih bengkak di pagi hari? Apa sebenarnya yang menjadi penyebab wajah bengkak saat bangun tidur?

Bengkak pada bagian wajah bisa dikenali ketika bagian pipi menjadi lebih tembam dan terlihat bulat. Ternyata, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Wajah bengkak saat bangun tidur adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Salah satu hal yang bisa menyebabkan bagian wajah terlihat lebih bulat adalah peningkatan berat badan.

Pasalnya, penumpukan lemak yang menjadi pemicu naiknya berat badan bisa terjadi di mana saja pada tubuh, termasuk pada bagian wajah. Selain berat badan yang bertambah, ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab wajah bengkak di pagi hari. Apa saja?

1. Kurang Tidur

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur sekitar 7-8 jam pada malam hari. Sayangnya, tidak banyak yang dapat memenuhi target tersebut. Ada cukup banyak orang dewasa yang kurang tidur di malam hari dan bangun dengan keadaan tidak segar. Nah, salah satu penyebab penampilan terlihat tidak segar saat kurang tidur adalah wajah yang bengkak.

Wajah bengkak karena kurang tidur muncul karena adanya gangguan kinerja hormon di dalam tubuh. Tak dapat dimungkiri, kondisi hormon alami dalam tubuh benar-benar dipengaruhi oleh jam istirahat yang didapatkan.

2. Mengonsumsi Alkohol

Orang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol memiliki risiko lebih tinggi mengalami wajah bengkak saat bangun tidur. Hal itu terjadi karena tubuh menahan air, sehingga membuat sejumlah bagian terlihat lebih bengkak dari biasanya. Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi air putih di pagi hari.

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Wajah bengkak di pagi hari juga bisa jadi tanda bahwa kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Sebab, bengkak pada bagian wajah umumnya terjadi karena resistensi air di dalam tubuh alias tubuh menahan sejumlah air. Hal itu sering terjadi saat seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, mengandung karbohidrat tinggi, dan makanan olahan.

4. Alergi

Nyatanya ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penumpukan air di jaringan bawah kulit, yang menyebabkan wajah terlihat bengkak. Salah satu penyebab tersering kondisi ini adalah alergi. Ada banyak variasi alergi yang bisa menjadi penyebab wajah bengkak saat bangun tidur, seperti alergi makanan, alergi obat, hingga gigitan serangga saat tidur.

Jika mengalami hal ini, kamu tidak perlu terlalu merasa khawatir. Beberapa kondisi bengkak yang terjadi pada tubuh sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Selain itu, mengatasi bengkak pada wajah di pagi hari bisa dilakukan dengan cara mengompres bagian yang bermasalah.

Kompreslah bagian wajah yang membengkak dengan air dingin. Untuk menghindari hal ini terjadi lagi, kamu bisa mencoba untuk meninggikan kepala saat tidur dengan menggunakan bantal lebih. Namun, jika keluhan bengkak pada wajah terasa semakin parah, menetap, atau diikuti keluhan lain seperti nyeri dan sesak nafas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Atau bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk menyampaikan keluhan awal pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: