4 Rekomendasi Tempat Liburan 2019 Paling Sehat

Liburan yang menyehatkan

Halodoc, Jakarta - Di kehidupan hectic jaman sekarang ini, kebanyakan orang sangat sibuk sehingga tidak ada waktu untuk diet, olahraga, bahkan liburan. Waktu 24 jam dalam sehari terasa tidak cukup lagi untuk beristirahat atau bersantai sejenak. Tidak heran jika banyak orang yang mengalami stres.

Namun, sesibuk apapun kamu, manfaatkanlah waktu cuti untuk berlibur. Liburan memiliki manfaat kesehatan bagi pikiran, tubuh, dan jiwa. Agar waktu liburan kamu terasa berharga dan benar-benar menyehatkan diri, pilihlah tempat liburan yang memang dapat mendukung kamu untuk sehat dan bahagia. Pilih pula tempat liburan yang sesuai dengan kapasitas kemampuan diri kamu agar tidak menyesal nantinya. Berikut rekomendasi tempat liburan 2019 paling sehat yang dapat kamu kunjungi.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Liburan Ini Pilih Hiking

  1. Pegunungan

Mendaki gunung atau hiking adalah kegiatan liburan yang menyehatkan bagi jasmani. Jangan terlalu ambisius untuk mendaki gunung yang tinggi seperti Rinjani. Kamu dapat memilih pegunungan yang sesuai dengan kapasitas kemampuan kamu. Mungkin kamu bisa memulainya dengan Gunung Prau terlebih dahulu.

Di atas gunung, kamu akan dikelilingi oleh pemandangan dan panorama yang menakjubkan. Mungkin kamu akan menemukan air terjun, danau, atau fenomena alam seperti sunset dan sunrise. Selain itu, hal yang paling penting bagi kesehatan juga, akan ada banyak udara bersih, segar, dan lingkungan yang bebas stres.

  1. Diving di Tengah Laut

Menghabiskan waktu di bawah air dengan scuba diving merupakan salah satu penghilang stres paling efektif. Hampir semua pemandangan kehidupan laut, seperti karang dan biota laut lainnya, akan membuat pengalaman yang tidak terlupakan. Di Indonesia, kamu bisa memilih Karimun Jawa, Wakatobi, Derawan, Bunaken, Kepulauan Seribu sebagai tempat diving.

Namun, perlu kamu ingat bahwa melakukan scuba diving membutuhkan pelatihan dan sertifikasi formal. Jadi, jangan lupa persiapkan sertifikat scuba diving sebelum berlibur, ya!

  1. Bermain Ski di Salju

Untuk melakukan kegiatan ski, kamu tentu perlu berlibur ke negara yang memiliki musim salju. Bermain ski memiliki manfaat kesehatan bagi paha dan paru-paru. Namun, tujuan dari bermain ski bukanlah untuk melihat siapa yang paling cepat, melainkan tentang menjaga kecepatan santai untuk memastikan kamu benar-benar berhasil melintasi jalur ski. Kamu bisa memilih negara Swiss sebagai tujuan kamu berlibur sambil bermain ski di musim salju.

Baca juga: 4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

  1. Working Farm Holidays

Liburan di sebuah daerah pertanian atau peternakan bisa menjadi pilihan liburan sehat Kamu bisa mengunjungi pedesaan yang pekerjaan utama penduduknya bertani atau beternak. Selama di sana, kamu juga bisa mengikuti kegiatan bertani atau beternak. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan pengalaman baru dan kamu pun terbebas dari stres.

Liburan di tempat pertanian atau peternakan ini juga cocok untuk dilakukan bersama keluarga. Anak-anak pun pastinya akan menyukai ruang terbuka dan berinteraksi dengan hewan ternak. Kamu pun bisa ikut melakukan pekerjaan seperti memberi makan unggas, memerah susu sapi, atau bahkan mencukur bulu domba. Pengalaman liburan seperti ini pun dijamin tidak akan terlupakan dan tentunya menyehatkan.

Baca juga: Yang Harus Kamu Bawa Saat Berlibur Di Laut

Itulah beberapa pilihan liburan yang menyehatkan yang bisa kamu rencanakan di awal tahun 2019 ini. Mulailah bersiap untuk memilih waktu yang cocok untuk berlibur. Jika kamu ingin mengetahui manfaat kesehatan lain dari liburan, kamu bisa menanyakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!