03 September 2018

5 Alasan Berhubungan Intim Saat Hamil Menyenangkan

hubungan intim saat hamil

Halodoc, Jakarta – Ibu hamil enggak perlu takut  bila ingin berhubungan intim dengan suami, karena aktivitas tersebut tidak akan membahayakan janin selama dilakukan dengan memerhatikan aturan-aturan amannya. Ibu juga enggak perlu khawatir bila bentuk perut ibu yang sudah semakin besar akan menghalangi dan membuat aktivitas seksual ini jadi terasa tidak nyaman. Berhubungan intim saat hamil justru akan terasa lebih menyenangkan dan bergairah. Berikut alasan-alasannya.

1. Ibu Hamil Lebih Bergairah dan Mudah Mencapai Orgasme

Saat usia kehamilan memasukki trimester kedua, hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh ibu hamil akan meningkat cukup drastis yang membuat ibu hamil lebih bergairah untuk melakukan hubungan intim. Hal ini ditandai dengan payudara yang semakin membesar dan Miss V yang lebih sensitif. Jadi, manfaatkanlah dampak dari perubahan hormon ini untuk berhubungan intim dengan suami.

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa wanita hamil bisa merasakan orgasme yang lebih hebat dan kuat dibanding waktu mereka belum hamil. Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon oxytocin atau yang disebut juga dengan hormon cinta.

2. Ibu Hamil Terlihat Lebih Seksi

Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu hamil juga akan membuat sejumlah perubahan pada tubuh ibu, antara lain pinggul yang melebar, bokong dan payudara yang membesar dan lebih kencang, kulit wajah yang terlihat lebih cerah dan bersinar, serta rambut yang tumbuh lebih lebat. Hal ini tentunya akan membuat penampilan ibu hamil terlihat lebih seksi, sehingga suami pun juga jadi lebih bergairah untuk bercinta. Suami akan merasakan sensasi yang berbeda saat berhubungan intim dengan ibu yang sedang hamil, karena ia berinteraksi dengan bagian tubuh ibu yang mengalami perubahan.

3. Dapat Berhubungan Intim Tanpa Rasa Khawatir

Banyak suami istri yang sedang menunda momongan atau yang sedang mengatur jarak kelahiran anak, melakukan hubungan intim dengan sangat hati-hati karena takut hamil. Akhirnya, mereka jadi tidak leluasa ketika melakukan aktivitas seksual ini dan harus selalu menggunakan kondom. Nah, ketika ibu sedang hamil, maka enggak ada lagi yang perlu dikhawatirkan. Selama masa kehamilan, ibu bisa menikmati hubungan intim dengan suami tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau kondom sama sekali. Masa ini harus ibu nikmati semaksimal mungkin, karena ketika bayi sudah lahir nanti, ibu perlu kembali mengatur siasat lagi agar bisa berhubungan intim tanpa menyebabkan kehamilan.

4. Menemukan Posisi-posisi Seks yang Baru

Dengan perut ibu yang sudah semakin membesar, beberapa posisi seks memang tidak boleh dilakukan agar tidak membahayakan janin. Namun, hal ini enggak mengurangi kenikmatan hubungan intim saat hamil kok. Justru ibu dan suami bisa mencoba bercinta dengan posisi-posisi baru yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini tentunya akan membuat aktivitas seksual menjadi lebih menyenangkan dan menantang.

5. Suami Lebih Perhatian

Dengan kondisi ibu yang sedang mengandung sang buah hati, suami jadi akan lebih perhatian dengan ibu dan lebih banyak berkomunikasi saat sedang berhubungan intim. Suami mungkin akan sering-sering bertanya kepada ibu, misalnya seperti “posisi ini nyaman enggak bu?” saat berhubungan intim. Suami juga akan memperlakukan ibu dengan lembut dan hati-hati agar gerakan dan posisi ketika berhubungan seks tetap membuat ibu nyaman dan tidak membahayakan janin.

Berhubungan intim saat hamil bisa memberi banyak manfaat untuk ibu hamil. Itulah mengapa ibu hamil enggak perlu takut berhubungan intim, karena kegiatan tersebut tetap aman dan menyenangkan kok untuk dilakukan. Bila ibu mengalami masalah kesehatan selama kehamilan, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/ Voice Call dan Chat, ibu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: