Buka Puasa dengan 5 Minuman ini untuk Cegah Dehidrasi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Buka Puasa dengan 5 Minuman ini untuk Cegah Dehidrasi

Halodoc, Jakarta - Selama menjalankan ibadah puasa, terkadang beberapa orang tidak mempermasalahkan rasa lapar yang datang, karena biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Kebanyakan orang malah lebih cemas saat mereka kekurangan minum. Apalagi saat kurang minum, bisa menyebabkan mulut dan bibir kering.

Meski sebagian besar orang sudah paham pola minum selama puasa, terkadang mereka enggan melakukannya karena mereka malas dan bosan akan air putih. Nah, cara cegah dehidrasi saat puasa sebetulnya tidak hanya melalui air putih saja. Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang dapat mencegah dehidrasi saat puasa:

Baca Juga:  5 Manfaat Mengonsumsi Air Putih yang Cukup saat Bulan Puasa

Infused Water

Buat mereka yang biasa menjalankan pola hidup sehat pasti tidak asing dengan infused water. Selain bisa mengatasi dehidrasi saat puasa, minuman ini bisa membantu proses detoksifikasi bahkan membantu menurunkan berat badan. Air putih yang dicampur dengan buah-buahan tidak mengurangi manfaat dari air putih itu sendiri.

Kamu bisa membuat infused water dengan beberapa varian. Misalnya menggunakan potongan daun mint, irisan buah apel dan potongan kayu manis, buah lemon dan jahe, atau dengan stroberi. Sebaiknya kamu membuatnya jauh dari waktu berbuka supaya bisa disimpan di dalam lemari es sehingga rasanya menjadi lebih segar.

Yoghurt

Minuman dari susu yang difermentasikan ini juga sangat cocok untuk cegah dehidrasi saat puasa. Kamu bisa mencampurkan yogurt dengan air, potongan jahe, dan sedikit garam ke dalam yogurt. Campuran bahan-bahan alami ini bisa memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan tubuhmu.

Namun, kamu boleh mencampurnya dengan buah potong yang kamu suka seperti kiwi, stroberi, semangka atau apa pun. Selain menyegarkan dan mencegah dehidrasi, kebutuhan vitamin dan nutrisi lain bisa terpenuhi melalui minuman segar ini.

Baca Juga: Ingin Camilan Sehat Selama Puasa? Coba Konsumsi Salad

Air Kelapa

Minuman satu ini mudah kamu temukan, apalagi saat bulan Ramadan banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya. Minuman segar ini juga mengandung elektrolit alami termasuk kalium dan natrium, yang merupakan nutrisi utama dalam mengisi dan menghidrasi tubuhmu.

Elektrolit juga penting untuk fungsi saraf dan otot yang tepat, itulah mengapa atlet meminumnya dalam minuman olahraga. Kamu bisa meminumnya lewat es kelapa yang biasa dijual atau mencampur 1 cangkir air kelapa dengan 1 cangkir jus segar favorit kamu untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.  

Es Blewah

Buah blewah adalah buah yang cukup populer saat bulan Ramadan. Buah ini mengandung banyak air yang bisa mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak energi. Cegah dehidrasi saat puasa dengan sajian es blewah yang nikmat ini. Selain itu, blewah juga kaya serat sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Es Loli dari Jus segar

Kamu juga mencoba membuat es loli dari buah-buahan segar seperti kiwi, stroberi, jeruk, dan buah lainnya untuk tetap menjaga tubuhmu terhidrasi. Blender atau jus beberapa buah-buahan yang banyak mengandung air, lalu masukkan kedalam cetakan es krim dan beri tangkai agar mudah untuk memakannya ketika sudah mengeras.

Baca Juga: Minum Madu Saat Sahur, Ini Manfaatnya

Itulah beberapa jenis minuman segar yang ampuh cegah dehidrasi saat puasa. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal tips sehat puasa atau masalah kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah saja, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!