30 May 2018

5 Cara Mengeluarkan Dahak Tenggorokan dengan Cepat

5 Cara Mengeluarkan Dahak Tenggorokan dengan Cepat

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami masalah dengan dahak? Jika iya, kondisi ini tentu tidak mengenakkan. Terlebih jika disertai dengan batuk, rasa sakit saat menelan, suara serak, serta rasa pahit di lidah dan kerongkongan. Jika sudah parah, keadaan ini bisa berdampak pada munculnya demam hingga sesak napas.

Dahak adalah mukus atau lendir yang dihasilkan di saluran pernapasan. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan pemicu alergi (alergen) dan bakteri, melindungi jaringan pada dinding saluran pernapasan, serta untuk menjaga kelembabannya.

Cara mengeluarkan dahak umumnya tidak mudah. Padahal, ada banyak cara untuk terbebas dari dahak dengan cepat. Apa saja langkahnya? Yuk, simak lima cara mengeluarkan dahak tenggorokan berikut ini:

  1. Campuran Jahe dan Lemon

Cara alami untuk mengeluarkan dahak tenggorokan adalah dengan mengonsumsi campuran jahe dan lemon. Kedua bahan alami ini mampu mengatasi dahak, batuk, serta pilek. Selain itu, minuman ini juga efektif untuk menghangatkan tubuh.

  1. Konsumsi Ekspektoran

Ekspektoran merupakan jenis obat yang bermanfaat untuk mengencerkan dahak agar mudah keluar. Meskipun tidak bisa mengatasi infeksi, obat ini bisa melegakan tenggorokan sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak.

  1. Minum Obat Antihistamin

Ketika seseorang mengalami alergi, kemungkinan munculnya dahak dalam jumlah berlebih akan semakin besar. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengnsumsi antihistamin sebaiknya. Pasalnya, anithistamin mengandung senyawa untuk mengurangi reaksi terhadap alergi.

  1. Manfaatkan Dekongestan

Untuk menurunkan kadar dahak di saluran tenggorokan, mempersempit serta membatasi aliran darah, maka dekongestan dapat diandalkan. Obat yang satu ini tersedia dalam bentuk sirup atau hirup. Walaupun demikian, hindari untuk mengonsumsi obat ini dalam dosis yang berlebih karena bisa mengeringkan membran lendir, menyebabkan pusing, serta meningkatkan tekanan darah.

  1. Berkumur Air Garam

Ketika ragu untuk menggunakan dekongestan, cara lain yang bisa kamu tempuh adalah dengan menggunakan air garam untuk berkumur. Pasalnya, bahan dapur ini efektif untuk mengurangi iritasi serta membunuh kuman di saluran tenggorokan.

Untuk membuatnya, kamu cukup mencampurkan setengah gelas air hangat (sekitar 125 mililiter) dengan tiga per empat sendok teh garam. Berkumurlah selama 30 hingga 60 detik sambil mendongak agar air garam tersebut dapat mencapai tenggorokan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan dengan cepat. Jika lima langkah tersebut belum berhasil mengeluarkan dahak tenggorokan, segeralah bicara dengan dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Video/Voice Call di layanan Contact Doctor.

Kamu juga bisa membeli keperluan medis seperti obat atau vitamin melalui layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesananmu tidak lebih dari satu jam. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan darah kapanpun dan dimanapun. Kamu tinggal menentukan jadwal dan lokasi pemeriksaan melalui layanan Lab Service, lalu petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab bisa kamu lihat langsung pada aplikasi Halodoc.  Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: Pahami Ciri, Jenis, dan Cara Mencegah Paru-paru Basah