05 January 2019

5 Hal yang Harus Dihindari saat Mengalami Eksim Atopik

5 hal yang harus dihindari saat mengalami eksim atopik

Halodoc, Jakarta – Enggak hanya orang dewasa saja yang sering mengalami masalah pada kulitnya, anak-anak pun juga berisiko terserang penyakit kulit lho. Eksim atopik atau yang biasa disebut juga dengan dermatitis atopik adalah salah satu penyakit kulit yang cukup sering terjadi pada anak-anak, bahkan bisa kambuh kembali saat mereka dewasa. Dampak yang akan dirasakan pengidap bila terserang penyakit ini adalah kulit menjadi kering, memerah, pecah-pecah, dan gatal. Nah, agar gejala eksim atopik tidak menjadi semakin parah, berikut adalah 5 hal yang perlu dihindari pengidap.

Eksim atopik merupakan bentuk eksim yang paling sering terjadi. Eksim sendiri adalah kondisi peradangan di kulit yang membuat kulit menjadi memerah dan kering. Sedangkan atopik, merujuk pada orang-orang yang memiliki alergi tertentu. Eksim atopik biasanya berlangsung dalam jangka panjang dan gejalanya bisa membaik, lalu timbul kembali menjadi parah.

Baca juga: 4 Alergi Kulit yang Bisa Terjadi pada Bayi

Tidak hanya pada anak-anak, orang dewasa pun juga berisiko terkena penyakit kulit ini. Orang-orang yang berisiko tinggi mengidap eksim atopik adalah mereka yang memiliki riwayat keluarga pengidap eksim, asma, hay fever, dan kerusakan kulit. Eksim atopik bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, tapi biasanya paling sering di bagian kulit yang memiliki lipatan. Berikut adalah beberapa tempat yang sering menjadi lokasi munculnya eksim atopik:

  • Wajah dan kulit kepala.

  • Tangan, terutama bagian jari tangan dan siku.

  • Bagian belakang lutut.

  • Kaki.

Pada tahap awal, eksim atopik akan menimbulkan gejala berupa kulit menjadi kering dan terasa sangat gatal. Bila digaruk, kulit bisa memerah dan mengalami iritasi. Karena itu, walaupun rasa gatalnya kadang tidak tertahankan, tapi kamu tetap dianjurkan untuk tidak menggaruknya. Pasalnya, keseringan menggaruk akan membuat area kulit yang gatal tersebut, lama-kelamaan menebal dan bisa melepuh serta mengeluarkan cairan.

Baca juga: Kulit Kering dan Gatal Jangan Digaruk, Atasi dengan Ini

Tingkat keparahan penyakit ini pun bervariasi. Pada kasus eksim atopik yang ringan, pengidap hanya mengalami peradangan pada sebagian kecil kulit yang terkadang terasa gatal. Dalam kasus yang lebih parah, eksim atopik bisa menimbulkan ruam merah yang menyebar ke seluruh tubuh dan terasa gatal terus-menerus.

Kebanyakan pengidap eksim atopik mengalami gejala yang hilang timbul dan kadang terjadi tanpa ada pemicu yang jelas. Karena itu, untuk mencegah gejala sering timbul, dokter mungkin akan menyarankan pengidap untuk menghindari hal-hal berikut:

1. Menggaruk Kulit yang Gatal

Menggaruk kulit yang gatal hanya akan memperparah kondisi eksim atopik. Jadi, usahakanlah sebisa mungkin untuk tidak menggaruk area yang gatal. Apabila sudah tidak tahan lagi, maka garuk daerah yang gatal dengan lembut tanpa menggunakan kuku.

2. Berpanas-Panasan atau Kedinginan

Hindari terkena paparan udara atau air yang terlalu panas atau dingin. Kondisi suhu udara atau air yang terlalu ekstrem bisa memicu terjadinya iritasi.

Baca juga: Liburan ke Tempat Bersalju, Waspada Alergi Dingin

3. Menggunakan Sabun Berbahan Kimia

Hindari menggunakan sabun mandi yang mengandung bahan kimia terlalu berat, karena diduga dapat mengiritasi kulit. Sebaiknya, ganti sabun mandi kamu dengan yang berbahan ringan dan mengandung pelembap (emolien).

4. Mengonsumsi Makanan yang Bisa Memicu Alergi

Khusus bagi pengidap anak-anak, sebaiknya hindari memberi makanan yang bisa memicu alergi, seperti telur, susu, kacang, kedelai, dan ikan.

5. Tetap Mengenakan Baju yang Sudah Basah karena Keringat

Keringat merupakan salah satu faktor yang bisa memperburuk gejala yang muncul akibat eksim atopik. Karena itu, hindari membiarkan tubuh basah karena keringat terlalu lama. Setelah berolahraga, segera ganti pakaian dengan baju yang kering dan bersih. Kenakanlah pakaian berbahan katun yang menyerap keringat dan lebih lembut di kulit.

Itulah 5 hal yang perlu dihindari pengidap eksim atopik agar gejala yang muncul tidak semakin parah. Sebenarnya, eksim atopik bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu melakukan pengobatan khusus. Pada pengidap anak-anak, penyakit kulit ini biasanya akan menghilang ketika anak menginjak usia di atas 10 tahun. Namun, bila kondisi eksim atopik semakin parah dan mengganggu kegiatan sehari-hari, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatan apa saja yang kamu alami dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.