5 Manfaat yang Didapatkan dari Traveling dengan Anak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Manfaat yang Didapatkan dari Traveling dengan Anak

Halodoc, Jakarta – Melakukan perjalanan dengan anak-anak terkadang membuat orangtua ragu. Anak kelelahan, rewel dan kurang istirahat menjadi perhatian orangtua yang akan membawa anaknya melakukan perjalanan traveling. Padahal, tidak hanya orang dewasa, anak-anak membutuhkan liburan atau traveling untuk menjaga kesehatan mental mereka.

Baca juga: Anak yang Rutin Traveling Lebih Cerdas?

Ada beberapa manfaat pada kesehatan mental yang bisa dirasakan dengan melakukan traveling bersama keluarga maupun anak-anak. Tentu dengan melakukan traveling kamu mampu menurunkan tingkat stres yang dialami. Selain itu, traveling bersama anak juga melatih kemampuan fisik agar orangtua maupun anak terhindar dari beberapa gangguan kesehatan.

Selain memberikan manfaat bagi mental dan fisik, ada manfaat lain yang bisa dirasakan oleh orangtua yang mengajak anaknya untuk melakukan perjalanan bersama. Ketahui manfaat traveling bersama anak, di antaranya:

1. Membangun Hubungan Antara Anak dan Keluarga

Dengan melakukan perjalanan yang menyenangkan, ibu dapat memperkuat hubungan orangtua dan anak selama perjalanan. Jika orangtua banyak melakukan pekerjaan yang menyita waktu, dengan melakukan perjalanan bersama akan membuat hubungan antar keluarga semakin dekat dan terjalin erat. Selama traveling, pilihlah kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga.

2. Anak Lebih Mudah Beradaptasi

Sering mengajak anak traveling dapat membantu anak untuk lebih mudah beradaptasi dengan situasi maupun kondisi yang baru. Mengunjungi tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya akan memberikan pengalaman baru pada anak-anak yang membantu diri mereka untuk mempelajari hal-hal baru yang belum pernah mereka temukan. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Nyaman Traveling dengan Bayi

3. Mengajarkan Anak Hargai Perbedaan

Melakukan perjalanan dengan anak mampu mengajarkan anak tentang menghargai perbedaan. Anak akan melihat perbedaan yang didatangi, mulai dari cara berkomunikasi, perbedaan kehidupan sosial, perbedaan keyakinan hingga jenis makanan khas pada tiap daerah. Kondisi ini mengajarkan anak bahwa perbedaan dapat membuat semua orang berhubungan sosial dengan baik. Anak juga semakin belajar untuk bersosialisasi dan membuat hubungan baru dengan anak-anak di sekitar mereka.

4. Perjalanan Menjadi Lebih Berkesan

Mengajak anak melakukan traveling membuat perjalanan menjadi lebih berkesan dan memiliki kenangan yang baru. Menjalani traveling bersama anak menjauhkan kata bosan dari perjalanan yang ibu lakukan bersama keluarga. Selain itu, perasaan bahagia dan kenangan menjadi sesuatu yang dirasakan anak.

Jangan ganggu kebahagian anak dengan gangguan kesehatan saat traveling, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai gejala gangguan kesehatan pada anak ketika sedang traveling. Ibu bisa konsultasikan kesehatan anak melalui Chat atau Video Call untuk segera mendapatkan pertolongan pertama pada anak.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Perjalanan yang menyenangkan membantu meningkatkan rasa percaya diri anak. Tentu dalam sebuah perjalanan anak akan bertemu dengan banyak orang baru dengan begitu mereka belajar untuk memperkenalkan diri pada tiap orang yang ditemuinya. Sebaiknya orangtua perlu memberikan anak sedikit tanggung jawab agar anak menjadi lebih mandiri dengan pengalaman yang sedang dijalani.

Baca juga: Trik Traveling Seru Tanpa Menggerutu Meski Bawa Anak

Ibu, buatlah perjalanan menjadi menyenangkan dengan membuat jadwal mengenai lokasi yang dituju. Tidak ada salahnya menceritakan tempat tujuan traveling agar anak semakin tertarik. Jangan lupa persiapkan makanan yang sehat, air putih yang cukup, dan obat-obatan yang dibutuhkan selama perjalanan agar kesehatan anak tetap terjaga.

Referensi:
Pretraveller. Diakses pada 2019. Travelling with Kids
Huffpost. Diakses pada 2019. Top 10 Benefits of Travelling with Kids