Lakukan 5 Hal Ini Agar Nyaman Traveling dengan Bayi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Lakukan 5 Hal Ini Agar Nyaman Traveling dengan Bayi

Halodoc, Jakarta - Bepergian ke suatu tempat untuk melepas penat pasti akan terasa menyenangkan. Apalagi, kamu harus terus-menerus mendapat beban pekerjaan setiap hari. Walau begitu, hal yang dapat membuat kamu enggan untuk bepergian jauh adalah ketika traveling dengan bayi.

Bayi di bawah usia satu tahun kemungkinan akan menyulitkan kamu ketika dibawa untuk traveling. Tetapi, pasti kamu tidak tega untuk meninggalkannya. Ternyata, terdapat beberapa tips nyaman traveling dengan bayi yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar traveling lancar meski membawa bayi!

Baca juga: Traveling Sehat dengan Si Kecil, Bawa 5 Benda Ini

Tips Nyaman Traveling dengan Bayi

Umumnya, setiap orangtua ingin tetap berada di rumah bersama anaknya, mungkin hingga beberapa bulan setelah lahir. Walau begitu, aktivitas yang tiada henti membuat kamu juga membutuhkan liburan. Tetapi, kebanyakan orangtua yang baru akan panik dan bingung cara untuk membawa bayi untuk traveling.

Banyak hal yang dikhawatirkan, seperti saat menyusui dan mengganti popok. Bayi yang baru lahir harus mendapatkan perhatian khusus secara terus-menerus. Hal tersebut karena bayi yang masih ketika diajak bepergian mungkin rentan mengalami gangguan kesehatan sehingga membuat orangtua khawatir.

Pada kenyataannya, bayi secara umum tidak serapuh yang dibayangkan oleh tiap orangtua. Bayi dengan usia 3 bulan atau lebih sudah dapat kamu ajak bepergian, asalkan hanya perjalanan sederhana. Padahal, momen ketika bayi belum bisa berjalan akan lebih mudah untuk melakukan perjalanan dibandingkan anak yang sudah dapat berjalan.

Berikut adalah beberapa tips nyaman traveling dengan bayi, yaitu:

  1. Pastikan Semua Perlengkapan Bayi Sebelum Pergi

Tips nyaman traveling dengan bayi yang pertama adalah memastikan perlengkapan yang penting dibawa sebelum perjalanan dimulai. Beberapa barang yang penting adalah baju ganti, diapers, tisu basah-kering, selimut, dan minyak telon. Kamu juga harus memastikan membawa alas tidurnya saat di perjalanan. Jika kamu mempunyai pertanyaan tentang traveling dengan bayi, dokter dari Halodoc dapat membantu. Langsung saja download aplikasi Halodoc di smartphone sekarang juga, ya!

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini saat Liburan ke Luar Negeri dengan Bayi

  1. Selalu Bijak saat Memilih Tempat

Sebagai orangtua, kamu harus bijak dalam memilih tempat liburan ketika membawa sang buah hati. Di saat cuaca panas, kamu bisa membawanya ke tempat terbuka dengan pemandangan yang indah. Tetapi jika cuaca sedang tidak memadai, sebaiknya pergi ke tempat yang di dalam ruangan.

  1. Membawa Obat-obatan

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk menjaga kenyamanan traveling dengan bayi adalah selalu membawa obat-obatan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila kondisi bayi menurun secara tiba-tiba. Kamu mungkin juga harus membawa painkiller apabila terasa tidak nyaman pada gusi bayi karena akan tumbuh gigi.

  1. Bawa Mainan Favoritnya

Kamu harus memastikan untuk membawa mainan favoritnya agar dapat membuatnya lebih nyaman. Selain itu, kamu dapat membawa semua barang favoritnya agar memudahkan kamu di perjalanan. Walau begitu, pastikan yang kamu bawa tidak menyusahkan karena kenyamanan orangtua juga hal yang penting.

Baca juga: Cara Menyimpan ASI yang Tepat Saat Traveling

  1. Usahakan Perjalanan Tidak Lebih dari 6 Jam

Kamu harus memastikan apabila perjalanan yang kamu lakukan tidak lebih dari 6 jam ketika traveling dengan bayi. Seseorang yang duduk lebih dari 6 jam, terutama anak-anak, dapat menyebabkan hal yang tidak sehat. Cobalah untuk melakukan pemberhentian di tempat singgah beberapa kali agar kaki anak ibu dapat bergerak sebentar.

Referensi:
BabyCenter.Diakses pada 2019.Traveling with a newborn to 8-month-old
Huffpost.Diakses pada 2019.Be Prepared: 12 Tips for Traveling With Baby or Toddler