5 Masalah Kesehatan saat Awal Puasa

Puasa, sakit saat puasa, masalah kesehatan saat puasa

Halodoc, Jakarta - Saat berpuasa, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit, jika nutrisi dalam tubuh kurang terpenuhi. Hal ini bisa membuat puasa kamu jadi enggak afdol karena ada saja keluhan yang kamu rasakan. Nah, perhatikan masalah-masalah kesehatan yang biasanya timbul saat awal puasa ini.

Baca juga: Cegah Kambuh, Ini Tips Puasa Bagi Pengidap Maag

Masalah Kesehatan saat Awal Puasa Tiba

Masalah pada kesehatan otomatis akan datang menghampiri, jika pola makan kamu berubah. Nah, kondisi ini bisa saja datang saat kamu lagi khusyuk dalam menjalani ibadah kamu. Apa saja masalah kesehatan yang kerap dialami?

  • Penyakit Maag

Penyakit maag merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung karena terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Maag merupakan penyakit yang bisa kambuh apabila seseorang tidak makan teratur atau makan terlalu banyak. Nah, penyakit ini yang sering dialami seseorang pada awal puasa, karena perut perlu beradaptasi dengan pola makan yang baru.

  • Bau Mulut

Kesehatan mulut erat kaitannya dengan bau mulut yang tidak sedap. Biasanya, bau mulut akan muncul karena adanya sisa makanan, kotoran, dan bakteri yang bersarang di dalam mulut. Bakteri bertugas dalam menghancurkan sisa makanan yang ada di dalam. Jika bakteri ini terlalu lama menghancurkan sisa makanan, akan menimbulkan bau mulut. Selain bau mulut, gigi berlubang seringkali menjadi penyebab keluarnya darah dari gusi. Kondisi ini yang menyebabkan mulut berbau tidak enak.

  • Dehidrasi

Kehilangan banyak cairan dalam tubuh akan menyebabkan seseorang dehidrasi. Kehilangan cairan ini bisa terjadi dengan berpuasa. Hal ini akan mengakibatkan keseimbangan zat gula dan garam terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

  • Sembelit

Pada pengidap sembelit, mereka akan buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Sembelit merupakan kondisi ketika seseorang sulit buang air besar dalam waktu yang lama, yaitu ketika pergerakan usus menurun, sehingga sulit untuk buang air besar dalam waktu yang lama.

  • Tekanan Darah Rendah

Hipotensi atau darah rendah merupakan kondisi ketika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg. Penyakit ini umumnya tidak membahayakan. Namun, hipotensi dapat menyebabkan pusing dan lemas pada beberapa pengidapnya. Dehidrasi bisa terjadi ketika seseorang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan volume darah berkurang.

Baca juga: 7 Tips Puasa Sehat Bagi Ibu Menyusui

Tips Agar Puasa Berjalan dengan Nyaman

Kamu pasti enggak mau kan punya masalah kesehatan saat sedang menjalani ibadah puasa. Nah, kamu bisa menjalani tips di bawah ini agar ibadah puasa kamu berjalan dengan lancar.

  • Cukup istirahat. Istirahat diperlukan untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa dan mengembalikan kekuatan tubuh.
  • Konsumsi banyak serat. Dengan mengkonsumsi serat, maka tubuh akan terhindar dari masalah pencernaan, serta tidak cepat lapar karena serat lambat dicerna di dalam perut.
  • Perbanyak konsumsi cairan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu enggak dehidrasi dan merasa lemas saat sedang menjalani puasa.

Baca juga: 4 Tips Puasa Saat Sakit

Jika kamu mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!