11 January 2019

5 Olahraga untuk Mengontrol Gula Darah

5 Olahraga untuk Mengontrol Gula Darah

Halodoc, Jakarta – Rutin berolahraga ternyata tidak hanya baik untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi juga bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan kata lain, orang yang memiliki penyakit diabetes atau risiko terkena penyakit ini, sangat dianjurkan untuk rutin olahraga.

Olahraga memiliki manfaat yang sangat penting untuk pengidap diabetes, yaitu membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Saat berolahraga, tubuh membutuhkan energi ekstra, sehingga menyebabkan otot menyerap glukosa dan terjadilah penurunan kadar gula darah.

Baca juga: Bukti Olahraga Dapat Bantu Cegah Diabetes

Berolahraga pun bisa membantu mencegah obesitas, kondisi ini sangat rentan terjadi pada pengidap diabetes tipe 2. Meski begitu, ada baiknya untuk tidak memaksakan diri dan memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Lantas, apa saja jenis olahraga yang dianjurkan untuk pengidap diabetes kendalikan gula darah?

1. Jalan Cepat

Jenis olahraga yang satu ini cukup sederhana, namun sangat bermanfaat. Orang dengan riwayat diabetes dianjurkan untuk memilih jalan cepat sebagai jenis olahraga yang bisa dilakukan. Nyatanya, berjalan cepat juga termasuk dalam jenis latihan aerobik yang dapat meningkatkan denyut jantung. Dengan demikian, aliran darah akan menjadi lebih lancar dan peredarannya di dalam tubuh pun bisa lebih baik.

2. Bersepeda

Cobalah untuk memilih mengayuh sepeda jika ingin menjangkau tempat-tempat yang tidak terlalu jauh. Sebab, jenis olahraga yang satu ini merupakan bentuk latihan aerobik yang bisa membantu menguatkan jantung, serta meningkatkan fungsi paru-paru.

Rutin bersepeda juga bisa meningkatkan aliran darah ke bagian bawah tubuh, terutama kaki. Sebab, bagian tersebut menjadi lebih aktif. Bersepeda pun ampuh mempercepat proses pembakaran kalori, sehingga berat badan akan lebih terjaga. Agar lebih aman dan terhindar dari cedera, pastikan untuk mengenakan perlengkapan bersepeda dan mulailah dengan pemanasan.

Baca juga: Inilah Cara Alami Menangani Diabetes dan Menurunkan Gula Darah

3. Yoga

Yoga menjadi pilihan untuk mengatasi stres dan masalah kecemasan yang dialami pengidap penyakit diabetes. Jenis olahraga yang satu ini menggabungkan gerakan tubuh untuk membangun kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh.

Rutin melakukan yoga juga bisa memperbaiki fungsi saraf, melawan resistensi insulin, serta mengontrol dan menjaga kadar gula dalam darah. Sebab, yoga bisa membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi tekanan dan risiko stres pada seseorang.

4. Tai Chi

Selain yoga, latihan Tai Chi juga cocok untuk dilakukan pengidap diabetes. Tai Chi merupakan olahraga yang berisi serangkaian gerakan tubuh yang lambat dan halus. Gerakan-gerakan dalam olahraga ini berfungsi untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

Dengan kata lain, latihan yang satu ini sangat bermanfaat untuk pengidap diabetes. Tai Chi bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan mental, mengendalikan kadar gula darah, serta mengurangi risiko kerusakan saraf yang mungkin terjadi akibat komplikasi diabetes.

Baca juga: 2 Cara Sederhana Menggendalikan Gula Darah

5. Angkat Beban

Pengidap diabetes disebut cocok melakukan jenis olahraga yang meningkatkan massa otot. Sebab, saat massa otot bertambah, maka akan lebih mudah bagi tubuh untuk mengendalikan gula darah. Salah satu jenis latihan yang bisa dilakukan adalah angkat beban.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pengidap diabetes memutuskan untuk melakukan latihan ini. Pastikan untuk selalu berdiskusi dan membicarakan dengan dokter seputar jenis olahraga yang aman dilakukan pengidap diabetes.

Bisa juga menggunakan aplikasi Halodoc untuk lebih mudah menghubungi dokter. Kamu bisa meminta saran melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips hidup sehat dengan diabetes dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!