13 September 2018

Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Pengidap Diabetes

diabetes, cara menurunkan berat badan bagi penderita diabetes, diet untuk penderita diabetes

Halodoc, Jakarta -  Berbagai macam cara dijajal pengidap diabetes untuk menurunkan berat badannya. Pasalnya, kata ahli, bagi pengidap diabetes kehilangan lima persen berat badannya merupakan hal yang baik. Apalagi bagi mereka yang juga memiliki kondisi obesitas. Namun yang mesti diingat, pengidap diabetes mesti awas terhadap kenaikan berat badan. Sebab, kondisi ini bisa saja memicu keluhan kesehatan lainnya.

Sebenarnya, cara menurunkan berat badan untuk penderita diabetes ini enggak hanya menyoal menjauhi asupan berbagai macam gula. Lalu, seperti apa sih cara menurunkan berat badan bagi pengidap diabetes yang efektif?

1. Terapkan Diet Sehat

Untuk memangkas bobot tubuh, kamu mesti berkenalan dengan makanan yang perlu dihindari. Misalnya, makanan yang banyak mengandung lemak. Andaikan dirimu ingin mengonsumsi susu, sebaiknya pilihlah susu low fat, tapi tetap rendah gula.

Enggak cuma itu saja, hindari pula mengasup makanan yang digoreng dan mengandung lemak trans, makanan yang mengandung tinggi natrium, dan makanan yang memiliki tingkat indeks glikemik tinggi. Bagaimana dengan makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebagai program diet untuk penderita diabetes?

Kata ahli, selama menjalani program penurunan berat badan, pengidap diabetes sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah. Di samping itu, pilihlah jenis karbohidrat yang kaya serat dan rendah indeks glikemik. Untuk urusan lauk, sebaiknya mengasup makanan ikan laut, seperti tuna, sarden, atau salmon.

2. Jangan Lupakan Sarapan

Kata ahli di Seattle Sutton's Healthy Eating and Certified Diabetes Educator, Amerika Serikat, sarapan amat membantu untuk melancarkan program penurunan berat badan. Alasannya, sarapan bisa menahan rasa lapar di tengah hari sehingga terhindar dari asupan glukosa yang berlebih. Di samping itu, sarapan juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, lho.

Menurut sebuah penelitian, pengidap diabetes yang tak pernah melewati sarapan, termasuk lemak sehat dan protein bisa mengurangi pengobatan diabetes mereka. Menariknya lagi, kadar gula darahnya pun turun sebesar 17 persen

3. Rutin Berolahraga

Meski sudah menerapkan diet sehat, tapi tanpa dukungan dari olahraga rasanya amat sulit untuk memangkas berat badan. Olahraga juga termasuk tips untuk menurunkan berat badan yang sangat baik. Aktivitas fisik yang baik yang bisa kamu coba seperti latihan aerobik dengan intensitas sedang. Latihan fisik ini amat membantu untuk menyingkirkan lemak-lemak jahat, lho. Kamu bisa kok melakukannya secara teratur 3—5 kali per minggu selama 30—45 menit.

4. Cek Berat Badan Secara Teratur

Cara sederhana ini bisa membantu dirimu untuk mengetahui sejauh mana proses penurunan berat badan berlangsung.

Kata ahli, pemantauan berat badan secara teratur ini merupakan bentuk pemantauan dan pertanggungjawaban diri. Jangan salah lho, pemantauan diri yang konsisten ini dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan.

5. Catat Kalori yang Masuk

Alasannya simpel, kamu mesti mengontrol asupan karbohidrat dan gula yang masuk ke dalam tubuh. Mencatat asupan kalori harian ini amat membantu proses penurunan berat badan. Menurut penelitian, seseorang yang menyimpan jurnal berisi catatan makanan sehari-hari, maka kehilangan berat badannya dua kali banyak ketimbang mereka yang tak melakukannya.

Kamu bisa kok melakukan tips ini menggunakan berbagai aplikasi yang sudah ada di smartphone. Menurut seorang profesor kedokteran klinis dari  University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, mencatat asupan kalori bisa mengurangi karbohidrat dan gula yang masuk ke dalam tubuh. Alhasil, bisa menurunkan berat badan dan mengatur gula darah rata-rata selama dua sampai tiga bulan.

Bagaimana, tertarik mencoba tips menurunkan berat badan di atas?

Punya keluhan kesehatan atau ingin bertanya lebih jauh mengenai cara menurunkan berat badan bagi pengidap diabetes? Kamu bisa lho bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat atau Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: