5 Pilihan Camilan Sehat saat Diet

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Pilihan Camilan Sehat saat Diet

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang menghabiskan libur tahun baru dengan berwisata kuliner serta melewati olahraga, yuk mulai berbenah diri dan kembali ke pola hidup sehat. Apalagi kalau kamu punya resolusi 2019 untuk mengembalikan badan ke bentuk ideal.

Sejatinya, selain menerapkan latihan ataupun olahraga yang sesuai serta pola makan tepat, kamu juga wajib memerhatikan kebiasaan mengonsumsi camilan. Berikut adalah beberapa pilihan camilan sehat saat diet.

  1. Irisan Apel dengan Selai Kacang

Apel dan selai kacang terasa mengenyangkan sekaligus menyehatkan bila dimakan bersama. Apel kaya akan serat dan antioksidan polifenol yang meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selai kacang mungkin memiliki manfaat tambahan untuk kesehatan jantung. Telah terbukti meningkatkan kolesterol HDL serta mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida.

Selai kacang cukup tinggi kalori. Meskipun umumnya tidak dikaitkan dengan kenaikan berat badan, tapi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang. Sebuah apel sedang dengan satu sendok makan selai kacang alami memberikan keseimbangan rasa manis dengan tekstur renyah dan lembut di bawah 200 kalori.

Baca juga: Makan Enak dan Tetap Ramping dengan Intuitive Eating

  1. Cokelat Hitam dan Almond

Cokelat hitam dan kacang almond menjadi camilan sehat yang kaya, memuaskan, dan bisa dibawa ke mana saja. Cokelat hitam sarat dengan flavanol yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, asalkan cokelat mengandung setidaknya 70 persen kakao murni.

Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan memiliki efek menguntungkan pada kontrol gula darah. Bahkan, kacang almond juga dapat mengurangi penurunan nafsu makan, sehingga membantu menurunkan berat badan. Cokelat hitam dan almond mengandung magnesium tinggi. Satu ons masing-masing menyediakan sekitar 300 kalori total yang tergantung pada kualitas kakaonya juga.

  1. Irisan Mentimun dengan Hummus

Mentimun dan hummus adalah paduan yang cocok sebagai camilan bergizi. Mentimun mengandung cucurbitacin E, senyawa yang mungkin memiliki efek anti kanker. Hummus terbuat dari buncis, minyak zaitun, dan bawang putih, yang mengurangi peradangan dan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Satu cangkir mentimun iris yang dicelupkan dalam 3,5 ons (100 gram) hummus mengandung sekitar 180 kalori. Karenanya, sebagai pilihan camilan sehat, hummus dan mentimun adalah paduan yang sesuai.

Baca juga: Jenis Buah yang Perlu Dihindari Saat Menjalani Diet

  1. Potongan Beragam Buah

Sebagai alternatif sehat yang lain, kamu juga bisa membuat beberapa irisan buah yang dipadu, misalnya stroberi, apel, semangka, dan mangga. Selain itu, bisa juga dengan apel, jeruk, ceri. Pepaya sesuai dengan favoritnya kamu saja.

  1. Telur Rebus

Telur adalah salah satu makanan paling sehat dan ramah penurunan berat badan yang bisa kamu makan. Telur rebus mengandung protein, vitamin K2, dan B12. Telur cukup mengenyangkan dan dapat mengurangi jumlah kalori yang kamu makan selama berjam-jam.

Hal ini bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Meskipun kadar kolesterol yang menengah, tapi telur tidak memiliki efek pada risiko penyakit jantung. Dua telur rebus mengandung sekitar 140 kalori dan 13 gram protein.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai pilihan camilan sehat yang sesuai untuk kamu yang sedang menjalankan diet, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.