18 October 2018

Lebih Sehat Mana, Selai Almond atau Selai Kacang?

Lebih Sehat Mana, Selai Almond atau Selai Kacang?

Halodoc, Jakarta – Buat kamu penyuka roti tawar dengan selai, ada baiknya mulai sekarang memerhatikan jenis selai sebagai pendamping roti tawarmu. Faktanya, selai almond dan selai kacang adalah dua pilihan yang dapat menjadi asupan protein dan kalori selama seharian sembari menunggu makan siang.

Selai Kacang

Selai kacang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi serta protein dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak jantung yang sehat ini dapat yang menurunkan kolesterol total dan LDL (kolesterol buruk) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Manfaat selai kacang juga mengandung vitamin E, serat, niacin, fosfor, dan magnesium. Tentunya, selai kacang yang dimaksud adalah selai kacang yang natural. Perbedaan utama antara selai kacang alami dan tidak alami adalah selai kacang alami hanya mengandung kacang dan garam. Sedangkan yang tidak alami, mengandung bahan yang tidak diinginkan, seperti gula, minyak sawit, dan lain-lain.  Setiap kandungan selai kacang mengandung 100 kalori dan 3 gram protein.

Selai Almond

Selai almond memiliki rasa yang sedikit mirip dengan selai kacang dengan kandungan dan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selai almond adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sering dikaitkan dengan menurunkan risiko penyakit jantung. Almond juga berfungsi sebagai antioksidan, membantu menurunkan kolesterol, serta magnesium yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat mengonsumsi selai almond dapat menjaga gula darah tetap stabil serta menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 35 persen. Setiap kandungan selai almond mengandung 85 kalori dan 5 gram protein.

Mana yang Lebih Sehat?

Sebenarnya kedua jenis selai, baik kacang maupun almond memiliki nilai gizi yang sama. Meski begitu, selai almond sedikit lebih sehat ketimbang selai kacang karena memiliki lebih banyak vitamin, mineral, dan serat. Kedua jenis selai ini kurang lebih memiliki kalori dan gula yang sama, tetapi selai kacang memiliki sedikit lebih banyak protein ketimbang almond.

Hampir semua jenis kacang mengandung banyak lemak, tetapi itu tidak berarti kacang buruk. Baik selai almond dan selai kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal merupakan jenis lemak yang terkait dengan penurunan penyakit jantung dan kontrol gula darah yang lebih baik. Meskipun demikian, sesendok makan selai almond mengandung sekitar 25 persen lebih banyak lemak tak jenuh tunggal ketimbang selai kacang.

Untuk kandungan vitamin dan mineral, selai almond memiliki kandungan yang lebih banyak ketimbang selai kacang. Bahkan, selai almond mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin E, dua kali lebih banyak zat besi, dan tujuh kali lebih banyak kalsium daripada selai kacang.

Sebagai antioksidan, vitamin E membantu menghentikan perkembangan plak di arteri yang dapat mempersempit dan akhirnya menyebabkan serangan jantung. Kalsium mendukung kesehatan tulang dan zat besi sangat penting untuk sel darah merah.

Khasiat selai almond memang merupakan pilihan yang terbaik untuk kesehatan, tapi dengan harga yang sedikit mahal, tidak ada salahnya untuk mengombinasikan dengan selai kacang. Ingatlah untuk memilih selai kacang yang tidak memiliki gula tambahan, minyak terhidrogenasi sebagian,  lemak trans, ataupun bahan buatan lainnya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai lebih sehat mana selai almond atau selai kacang serta informasi seputar kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: