31 August 2018

5 Posisi Seks Aman saat Hamil

hubungan intim saat hamil, posisi hubungan seks saat hamil

Halodoc, Jakarta – Melakukan hubungan intim saat hamil sama sekali tidak berbahaya dan tak akan menyakiti janin. Asalkan, kondisi kehamilan ibu normal alias tidak mengalami gangguan kehamilan yang berarti. Meski demikian, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu dan pasangan melakukan hubungan intim saat hamil. Salah satunya adalah masalah posisi seks, yang jika salah, bisa membuat pasangan merasa tidak nyaman. Selain itu, posisi seks yang salah bisa saja berbahaya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu dan pasangan harus saling mengetahui terlebih dahulu kondisi masing-masing sebelum melakukannya. Salah satu caranya adalah dengan membicarakan hal tersebut di awal, termasuk pilihan posisi seks. Nah, sebenarnya bagaimana sih posisi seks yang aman untuk ibu hamil?

1. Women on Top

Dalam posisi ini, wanita berada di atas. Kamu dan pasangan bisa mencoba posisi ini, termasuk jika ingin melakukan hubungan intim di trimester ketiga kehamilan. Posisi ini cenderung lebih aman dan nyaman karena saat wanita di atas, risiko perut tertekan akan lebih kecil. Selain itu, berada di atas juga membuat wanita lebih mudah untuk mengontrol kedalaman penetrasi sehingga tidak akan mengganggu bagian perut yang semakin membesar.

2. Side-by-side

Selain dengan posisi “wanita di atas”, kamu dan pasangan juga bisa mencoba posisi side-by-side atau bersebelahan. Hubungan intim dengan posisi ini bertujuan untuk menjaga tubuh wanita tidak tertindih. Posisi ini juga disebut dapat membuat wanita merasa lebih nyaman dan santai. Untuk mengatur posisi tubuh agar lebih nyaman, kamu bisa mencoba memanfaatkan bantal tambahan untuk menyangga tubuh.

3. From Behind

Untuk melakukan posisi yang satu ini, suami harus berada di belakang istri. Dengan kata lain, penetrasi dilakukan dari belakang alias from behind. Untuk melakukan posisi seks yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan bantal tambahan untuk menopang tubuh bagian atas. Meski penetrasi yang terjadi tidak terlalu dalam, posisi yang satu ini nyatanya bisa membuat istri yang tengah hamil merasa nyaman selama melakukan hubungan intim.

4. Menggunakan Kursi

Rasa nyaman adalah hal yang paling utama dan harus dipastikan saat melakukan hubungan intim pada masa kehamilan. Nah, untuk mendapatkan rasa nyaman, kamu dan pasangan bisa menggunakan berbagai media untuk mendapat posisi seks terbaik, termasuk menggunakan kursi. Seks dengan kursi bisa dilakukan dengan suami duduk di kursi, lalu istri ikut duduk di pangkuan suami. Agar tetap aman, pastikan kursi yang digunakan cukup kuat dan berada pada posisi yang aman.

5. Posisi Missionary

Jika wanita hamil merasa lebih nyaman dengan posisi terlentang di kasur, maka pilihan posisi terbaik adalah missionary. Namun, dalam melakukan posisi ini suami harus menggunakan lengan dan kakinya sebagai tumpuan tubuh sendiri. Artinya, usahakanlah agar tubuh suami tidak menekan perut istri terlalu keras saat sedang berhubungan intim saat hamil.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat agar lebih cepat sembuh dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: