5 Tips Makan Sehat agar Tak Kekenyangan Saat Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Tips Makan Sehat agar Tak Kekenyangan Saat Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Menjelang waktu berbuka puasa adalah puncaknya rasa lapar. Nafsu makan pun meningkat seiring rasa lapar yang sudah tidak terbendung. Karenanya, banyak orang yang kalap menyantap makanan saat berbuka puasa. Inilah yang memicu terjadinya kekenyangan yang membuat perut begah. Setelah perut terasa begah, nafsu makan mungkin akan turun secara drastis.

Bahkan, banyak orang yang merasa mual saat melihat makanan ketika merasa kekenyangan. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak kekenyangan saat berbuka puasa. Berikut tipsnya:

Baca Juga: Patut Dicoba! 4 Cara Mengecilkan Perut Saat Puasa

1. Hindari Makan Berat Saat Berbuka

Meskipun kamu sangat kelaparan, tapi sebaiknya hindari makan berat atau makan dengan porsi besar saat berbuka puasa. Sebab, kondisi perut yang kosong akan langsung kaget jika kamu makan makanan dalam porsi besar yang mengakibatkan perut terasa begah. Jadi, sebaiknya awali berbuka puasa dengan makan makanan dalam porsi kecil, seperti buah, kurma, aneka kue, atau kolak pisang.

2. Awali dengan Minum Air Putih

Sebelum kamu makan makanan utama, sebaiknya minum segelas air putih terlebih dahulu. Minumlah air putih satu jam sebelum mengonsumsi makanan utama. Ini bertujuan agar kamu tidak makan berlebih, karena perut sudah setengah terisi dengan air. Selain itu, rasa lapar yang kamu rasakan setelah seharian berpuasa adalah salah satu tanda dari dehidrasi. Mengonsumsi air putih juga berguna untuk mencegah dan mengobati gejala dehidrasi.

3. Makan dengan Porsi Kecil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alangkah lebih baik jika kamu makan dengan porsi kecil terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan utama. Contoh makanan yang bisa kamu konsumsi saat berbuka, yakni buah-buahan utuh, kolak pisang, kacang-kacangan, dan lain-lain. Namun, sebaiknya hindari makanan yang terlalu manis. Karena, makanan manis sudah mengandung banyak kalori yang membuat kamu kenyang.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Aturan Minum Air Putih Saat Puasa

4. Makan Secara Perlahan

Saat kamu makan terlalu cepat, kamu akan mempunyai tendensi untuk memasukan makanan ke dalam mulut secara terus-menerus. Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu kamu untuk menghindari makan terlalu banyak. Ini juga membantu tubuh memberi sinyal kenyang ke otak lebih cepat.

5. Makan dengan Posisi Duduk

Makan dengan posisi duduk membantu kamu agar lebih fokus menikmati makanan. Nah, ketika kamu fokus mengunyah makanan dengan perlahan tentunya membantu kamu untuk makan tidak berlebihan saat buka puasa. Dengan cara ini, kamu tidak akan makan terlalu banyak dan terhindar dari rasa begah.

Baca Juga: Ini Alasan Mesti Ada Air Putih Kalau Mudik Naik Mobil

Itulah beberapa tips makan sehat agar kamu tidak kekenyangan dan perut begah saat berbuka puasa. Kalau kamu punya pertanyaan seputar gangguan kesehatan, bicara saja dengan dokter Halodoc melalui fitur  Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc. Apabila kamu butuh vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa, kamu juga bisa membelinya di aplikasi Halodoc lho! Gunakan fitur Buy Medicine untuk membeli obat yang kamu butuhkan, dan pesananmu akan segera diantar ke tempat tujuan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!